Ketidakjelasan Asuransi Tokopedia

Saya membeli sebuah handphone iPhone XR 64 GB bekas di Tokopedia pada tanggal 06 Maret 2023, dengan nomor invoice: INV/20230306/MPL/3091570824. Sebelum membeli, sudah pasti saya menanyakan kondisi barang kepada seller. Setelah oke (minus hanya kamera belakang yang off setelah update IOS), singkat cerita barang tersebut datang pada hari Kamis tanggal 09 Maret 2023, dengan nomor resi: JT6430086535.

Setelah saya lihat, kondisi paket seperti bekas tertindih. Namun dalam hati tetap berdoa, semoga barang tidak ada masalah lain. Lalu saya lakukan unboxing dengan memvideokannya, untuk berjaga-jaga ketika ada hal yang tidak diinginkan. Namun betapa sialnya saya, ternyata setelah melihat dan cek HP-nya ada minus, yang mana di LCD terlihat ada titik kecil menyebar warna hitam/biru.

Saya menanyakan perihal hal tersebut kepada seller. Namun seller memberikan video packing yang memperlihatkan bahwa HP dalam keadaan normal dan paket sangat rapi, berbeda jauh ketika datang.

Lalu pada tanggal 10 Maret Saya melakukan komplain di Tokopedia, karena seller juga menyarankan untuk komplain. Saya diarahkan untuk claim asuransi kerusakan akibat di perjalanan oleh admin Tokopedia. Baik saya maupun seller diminta untuk melengkapi dokumen, yaitu:

  1. Video packing dan testing sebelum barang dikirim (dihapus oleh pihak Youtube akibat laporan pihak tertentu).
  2. Foto dan yang menunjukkan kondisi paket ketika diterima.
  3. Video unboxing paket ( saya video dari awal hingga memperlihatkan minus akibat kerusakan yang tidak diketahui).
  4. Video simulasi penempatan barang saat unboxing.

Semua sudah lengkap dan dikonfirmasi oleh admin Tokopedia, menunggu hingga tanggal 20 Maret 2023.

Namun tiba-tiba tanggal 20 Maret 2023, ada chat WA dari pihak JNT dan menanyakan apakah betul barang belum diterima pada tanggal 9 hingga 20 Maret 2023. Lalu katanya pihak JNT baru diberitahu oleh Tokopedia bahwa saya mengajukan komplain akibat barang tidak diterima.

Sebelumnya pihak JNT mengabari saya mereka sudah disidak dan akan diberikan sanksi ketika memang benar belum mengantar barang saya ke alamat (ini pembicaraan lewat telepon dengan admin JNT). Saya mengabarkan pihak Tokopedia setelah saya tutup pembicaraan saya dengan admin JNT di telepon.

Lalu beberapa saat kemudian sekali lagi pihak asuransi Tokyo Marine meminta bukti bahwa LCD ada kerusakan fisik. Lucu dan anehnya, setelah saya mengirimkan bukti yang sangat-sangat jelas dan admin Tokopedia membenarkan bahwa ada titik hitam pada LCD, tiba-tiba komplain saya ditolak oleh pihak asuransi, dengan alasan karena paket tidak ada kerusakan dan tidak mungkin membuat LCD/barang di dalamnya rusak. Padahal jelas-jelas paket gepeng setelah diterima dan terlihat di video unboxing.

Lalu pihak admin Tokopedia melempar permasalahan ke saya sebagai pembeli dan seller, untuk menyelesaikan dengan cara seller memberikan kompensasi berupa uang. Jelas saya tolak, karena saya merasa ini bukan salah seller, melainkan kesalahan tidak disengaja/disengaja kurir di perjalanan, yang mungkin menumpuk paket kecil dengan barang berat dan besar. Pihak seller pun menolak, karena bukan salahnya.

Namun setelah beberapa menit, admin Tokopedia memberikan solusi untuk retur/refund barang dan uang.

Pilihan sulit bagi seller, karena dia akan menerima barang yang semula normal menjadi rusak. Namun jika menolak, dana akan dikembalikan ke saya dan ini sudah keputusan mutlak admin Tokopedia, yang saya rasa sangat-sangat lucu dan tidak bertanggung jawab.

Saya cuma menagih hak saya sebagai pembeli asuransi untuk mengklaim kerusakan, tanpa kesalahan saya ataupun seller. Namun malah diperlambat, dengan jawaban yang hanya diulang-ulang sampai 10 hari lamanya. Seolah-olah tidak ada kepastian dari pihak asuransi Tokopedia dan ditolak dengan alasan yang berbanding terbalik dengan bukti yang ada.

Saya sudah terlanjur kecewa dan benar-benar merasa ditipu oleh asuransi pengiriman Tokopedia,

Salam.

I Made Bayusetta Agastia
Mataram, Nusa Tenggara Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

61 komentar untuk “Ketidakjelasan Asuransi Tokopedia

  • 25 Maret 2023 - (11:10 WIB)
    Permalink

    karena tidak ada video barang yang diclaim “normal” sebelum dikirim, tapi jika memang benar normal dari penjualnya, seharusnya penjual yang harus membuat surat pembaca ini.. penjual harus fight dan perjuangkan nya

    10
    9
      • 25 Maret 2023 - (22:21 WIB)
        Permalink

        Itu emang dari penjualnya begitu, bisa aja video tes dan packingnya ndak benar, ndak asli.. Yg jelas klaimnya utk balikin dana, asuransi biar penjual yg urus..

        1
        3
      • 26 Maret 2023 - (07:26 WIB)
        Permalink

        Udh males pake asuransi, percuma ga bakalan cair tuh uang asuransi walaupun kita udh kirim bukti” barang rusak

        2
        3
        • 27 Maret 2023 - (01:40 WIB)
          Permalink

          Ini mah loh karena gak paham bagaimana prosedur proses klaim asuransi tokopedia, setidaknya harus di follow up diskusi tiap hari kalau bisa lihat2 kolom diskusi komplain sejam sekali bagaimana perkembangan…terus dana akan dikembalikan ke akin tokopedia mu sesuai metode pembayaran. Disini Anda harus jeli cek2 hal2 tersembunyi diaplikasi tokopedia. Karena aplikasi itu kecil dan gak memuat disatu halaman keseluruhan segala hal2 yang penting di aplikasi tokped. Jadi harus klik sana sini untuk menemukan apa yang kita inginkan. Gw mah selama ini tergantung dgn asuransi kok.

          • 27 Maret 2023 - (14:10 WIB)
            Permalink

            Hey bung saya juga Buyer & seller Tokopedia , pernah claim asuransi akibat paket yg hilang dan pernah juga rusak , itu paket rusak saja penggantiannya hampir 3 bulan loh , setiap hari selalu mantengin pusat resolusi , buyer juga selalu mantengin dan anda tau jawaban admin Tokopedia pihak resolusi setiap di tanyai info terkait perkembangan/ update asuransi ? “Sedang dimaksimalkan informasinya ke pihak asuransi” udah macam bot aja yg balas pertanyaan aku dan si buyer.

  • 25 Maret 2023 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Saya kok justru agak curiga sama sellernya.
    Judul produknya aja udah ada kata “minus”.
    Bener ga minus yang dia sampaikan di deskripsi sama dengan apa yang dia jual?
    Lalu, untuk packing buat handphone itu ga safety sama sekali.
    – ga ada dus tambahan
    – bubble wrap cuma seadanya, paling 1-2 lapis aja itu.
    – ga ada lakban / stiker fragile yang menunjukkan bahwa itu barang pecah belah
    Jadi ekspedisi juga ga bisa sepenuhnya disalahin, karena mereka juga punya standar sendiri untuk packing barang yang masuk kategori mahal / berharga macam handphone.

    14
    17
    • 26 Maret 2023 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Saya fikir surat pembaca ini seharusnya di kirimkan oleh seller, bukan malah buyer, kenapa? Karena secara perdagangan buyer tidak di rugikan, buktinya uang dari buyer kembali, seharusnya masalah selesai. Urusan seller yang akan menerima kembali barang minus nya silahkan dia yang berjuang. Sehingga tidak tepat buyer mengadukan ini ke MK, terkesan buyer yang dirugikan, padahal dalam kasus ini buyer menang, sehingga ada indikasi buyer dan seller ada sesuatu.

      8
      5
      • 26 Maret 2023 - (10:38 WIB)
        Permalink

        sudah di refund kok om ,
        jadi saya buat ulasan ini karena kecewa dengan pihak asuransi dan tokopedia yg terkesan tidak mau tau , karena pihak kurir sendiri tidak diberitahu sampai kasus sudah diputuskan untuk return/refund ,itupun diberi tau bahwa barang hilang disprinter , jadi terkesan tidak bertanggung jawab ,

        2
        6
  • 25 Maret 2023 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Packingnya kok gitu buat barang mahal kayak iphone? Kecuali kirim gosend instan. Saya juga seller, buat barang mahal saya packing berlapis2 buble wrap+dus lagi.

    8
    11
  • 25 Maret 2023 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Hmmmmm.. ini belum jelas sih yang salah dipihak mana.. nanti biasanya pihak seller akan mengunggah video pra packing.. kurir akan mengirimkan foto saat barang diterima… dan pembeli harus mengirim video unboxing..

    4
    7
      • 26 Maret 2023 - (10:01 WIB)
        Permalink

        Ntah kenapa saya juga yakin kerusakan sudah dari sellernya, kecuali seller punya bukti melakukan sistem cek dan dead pixel test sebelum pengiriman barang.

        1
        5
  • 25 Maret 2023 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Pembeli terlalu percaya dgn packing yg di kasih liat seller, sehingga melimpahkan kesalahan sepenuhnya ke pihak espedisi.
    Pdhl, tdk ada yg bisa menjamin kalau barang yg dia beli minusnya cm yg di deskripsikan penjual, apalagi barang seken

    7
    5
    • 25 Maret 2023 - (21:13 WIB)
      Permalink

      Jadi inget 2017 gw beli dari toped. Hp oneplus 3t. BNIB 5,6jt waktu itu. kurirnya bagus ga asal. padahal buble wrapnya ga seekstrim jaman skr.
      Mungkin emang rusak dr penjual. Namanya jg barang second. kang kadal mah banyak

      1
      2
  • 25 Maret 2023 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Bener adm kalo rusak di expedisi harusnya paking dus hp rusak parah seperti penyok, kalo ini dah rusak dr sananya paling tp manfaatin asuransi buat klaim, lcd kalo rusak di expedisi biasa retak/pecah, casing penyok, intinya lebih ke fisik

    6
    8
    • 25 Maret 2023 - (22:05 WIB)
      Permalink

      Iya,
      Gampang sekaligus Sulit dimengerti 🙂

      Video Unboxing itu justru memperlihatkan bahwa kondisi kotak HP nya aman.. tidak gepeng karena kegencet. Kotaknya masih kokoh (otomatis isinya masih terlindung)

      GAMPANG dimengerti kalo pihak asuransi menolak klaim bahwa kerusakan barang karena kegencet 🙂 apalagi kondisi barang seken.

      SULIT dimengerti, kenapa buyer kok malah membela Seller bahwa barang yang dikirim bagus (tidak ada cacat).

      TIDAK MENGERTI, kok saya jadi terpikir:
      Kurir sepertinya jadi kambing-hitam atas masalah kondisi HP supaya mendapat klaim asuransi……

      5
      3
  • 25 Maret 2023 - (16:39 WIB)
    Permalink

    Layar seperti itu biasanya memang rusak dari awal.

    Kalau memang barangnya rusak karena benturan tapi kok kotak hpnya masih bagus ?

    Buble warp dan kemasan plastiknya juga saya rasa sudah cukup tebal untuk pengamanan kotak hp yang tebal yang berisikan hp.
    Jika memang terjadi benturan, seharusnya rusak beberapa sisi kotak.

    Dan pada dasarnya kotak hp segala jenis hp sudah di design untuk keamanan segala jenis hp. Apalagi hp mahal. Pasti kotaknya keras.

    Semoga saling jujur saja.

    5
    6
  • 25 Maret 2023 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Lah udah sukur duit anda balik, pikirin ini dulu aja.
    Masalah seller rugi biar seller yg urus sama ekspedisi atau asuransi.
    Kasihan emang tapi duit anda lumayan itu ip xr. Daripada duit anda ga balik.

    1
    4
  • 25 Maret 2023 - (21:46 WIB)
    Permalink

    ya namanya juga beli di toko online .. saya beli di toko online lima barang 3 eror males buat coplain nya ke seller .. paling ya beli lagi .. kalo komplain tunggu ganti berantakan projek gw .. hehehe yang gw beli barang projek sih bukan barang pake sendiri … Yo wess sabar aja mas … anggap amal ibadah

  • 26 Maret 2023 - (04:22 WIB)
    Permalink

    Kok bisa diasuransikan padahal barang 2nd? Apakah di lapaknya di set jadi barang baru?.. kyknya semua expedisi asuransinya ga bisa kalo cacatnya bukan cacat fisik/hilang kcuali barang baru.

    3
    4
  • 26 Maret 2023 - (04:26 WIB)
    Permalink

    Betul saya rasa toped juga punya team investigator nya, jadi mereka mau fight sama Sellernya.
    Jadi tinggal posisi anda udah enak itu dikasih refund selama kembalikan hapenya.

    Saya pun pernah beli barang warna beda, saya complaint langsung menang dan Sellernya kena, tapi karena malas kira kirim barang, ya gak jadi saya refund.

    Saya kasih bintang 1 ajah deh Sellernya karena ga ngerti artinya permintaan Buyer, minta warna A dikasih B. Buat sebagian orang kaya saya, bahkan saya ga berani beli kalau warna ga sesuai pilihan saya.

    2
    4
  • 26 Maret 2023 - (08:26 WIB)
    Permalink

    Seharusnya seller yang membuat klaim.
    Saya pernah beli piston kemudian saya refund dibantu seller dan selesai. Nilai barang 2 jt.
    Tapi saat itu memang jelas barang utuh. Kalau kondisi TS sepertinya agag susah. Karena kerusakan sangat minor/barang second juga.
    Dana seller kembali. Barang dikirim ke pihak asuransi. Saya mendapatkan refund

    2
    2
    • 26 Maret 2023 - (10:48 WIB)
      Permalink

      iya harusnya memang seller sih ,
      tp sy nya merasa rugi beli asuransi aja

      1
      5
  • 26 Maret 2023 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Saya cmn mau komentar disisi Video yg di unggah ke YT kok bisa dihapus, kalau bnr karya packing seller gak bakal di takedown kok,

    Soalnya saya sering buat video packing dan QC hp seken yg dijual di tokped semua saya upload ke Chanel saya yg

    pertama buat jaga2 kalau ada komplain yg tidak sesuai dg deskripsi dan tes QC nya sblm diserahkan ke kurir,

    Kedua lumayan tambah ads dr iklan di YT dg upload video packing dan QC sekalian dpt promosikan lapak dan memberi tahukan kepada orang banyak standar packing dan tes QC produk nya.

    Jd saya heran disini kenapa bukti vidoe yg di unggah seller ke YT bisa dihapus kalau ada laporan dari orang lain / organisasi lain gak bakal langsung dihapus kalau video kena copyright vidoe tetep bisa dipost tanpa ada nya penghasilan dr ads yt di video tsb, yg sepenuhnya bisa menghapus video yg upload video sama pihak YT, tp jarang pihak YT main hps vidoe apa lagi vidoe QC dan packing brg hp buktinya Chanel saya vidoe packing dan QC tetep ada hingga detik ni, paling kena copyright Krn ngetes qc saat play musik di hp nya saja itu pun gak keseluruhan video kena copyright

    5
    3
    • 26 Maret 2023 - (20:07 WIB)
      Permalink

      keterangannya “video dihapus oleh uploader”. apakah memang video yang dihapus oleh pihal youtube keterangannya begitu? setau saya biasa leterangannya “video telah dihapus karena melanggar ……….”

      atau mungkin saya yang gak tau…

      1
      5
      • 26 Maret 2023 - (20:16 WIB)
        Permalink

        Kasus sudah selesai pak , barang sudah di retur , dan pihak kurir udah nelpon saya tadi buat minta maaf , jadi gaada lagi yg perlu diperpanjang

    • 27 Maret 2023 - (01:44 WIB)
      Permalink

      Ini penulis artikel juga perlu di…… kalau aku jualan hape. Yang pertama saya catat imeinya, nomor mesinnya. Apa benar itu atau tidak.

      1
      1
  • 26 Maret 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Saya yakin dari sellernya, seller nakal mungkin apalagi iphone seken, pernah tertarik beli sih, cuma resiko komponen udah gak asli dan memang beberapa di reviewnya mengatakan seperti itu pastinya ada komponen yg diganti atau tidak sesuai, jadi tergantung buyernya dianggap masalah gak. Udah enak itu kan dapat refund, biar masalah sellernya dia urus sendiri. Positif thinking aja… ‘Sellernya yg nakal’ . Itu gak ada hubungannya dengan ekspedisi

    1
    1
    • 26 Maret 2023 - (10:54 WIB)
      Permalink

      iya udh nanya nanya juga ke tmn tmn seller nya mungkin nakal , klo soal retur refund sy gak masalah , tp hanya permasalahan asuransi yg buat kecewa ,
      sy setiap beli barang ditokped selalu asuransi , karna sy pikir itu backup kalau ada apa apa , tp skrg malah mikir sia sia karna di masalah ini pun pihak asuransi gamau tau dan bertele tele , perlu ini lah itu lah pdahal sudah ada dan gaperlu minta lagi , dn ujung2 nya bakal return dn refund

      • 26 Maret 2023 - (11:10 WIB)
        Permalink

        asuransi juga gak serta merta akan diganti rugi, pasti ada tahap investigasi. tapi untuk barang berharga beli online tetap mending diasuransi daripada tidak sama sekali.

        1
        8
  • 26 Maret 2023 - (10:56 WIB)
    Permalink

    kasus close ya ,
    saran untuk temen2 jangan beli asuransi tokopedia karna bakal sia sia , mending sedekah aja uangnya dripada beli asuransi yg nyata nyata penipuan

    • 26 Maret 2023 - (12:34 WIB)
      Permalink

      Kasus tuntutan klaim nya terlalu lucu…. 🙂
      yang mau sedekah ya sedekah… buat seller yang jual barang dengan nilai di atas 10x ongkir, wajib asuransi.. Nggak ada asuransi, penjualnya boncos kalau hilang.

      2
      2
      • 26 Maret 2023 - (12:41 WIB)
        Permalink

        lucu dimana ?
        apa gunanya asuransi kalau ujung2 nya kasus dilempar balik ke seller dan buyer ? sedangkan saya pembeli asuransinya bukan seller. dan uang saya ngambang selama 17 hari.
        jadi sy pikir bapak yg ngelucu bukan klaim saya.
        mungkin bapak belum ngerasain kejadian gini

        • 26 Maret 2023 - (19:06 WIB)
          Permalink

          Gimana gak lucu, Suatu hal yang bukan masalah anda, anda keluhkan melalui MK.
          Dalam kasus itu, Anda sudah menerima refund dana dan barang diretur ke seller.
          Masalah sudah selesai dari sisi Anda. Uang kembali, berarti Anda tidak terbukti
          menjadi penyebab kerusakan barang. Selesai.

          Masalah selanjutnya adalah klaim kerusakan barang ke asuransi.
          Klaim ini bukan menjadi urusan anda. Ini urusannya seller dengan Tokopedia.
          Seller yang harus membuktikan bahwa barang dalam kondisi baik saat dikirim.
          Tokopedia harus investigasi ke kurir untuk mengetahui apakah benar kerusakan
          karena proses pengiriman atau selller nya yang bohong.
          Inilah gunanya ada mediasi melalui Tokopedia Care.
          Kalau keputusan tokopedia tidak adil, seller yang menulis keluhan ke MK.

          Yang lebih lucu lagi, anda langsung menghakimi bahwa kerusakan karena kurir.
          Kok bisa2nya langsung memberikan penilaian tanpa mempertimbangkan bukti dari sisi Kurir?
          Sedangkan penyebab kerusakan seharusnya dinilai oleh mediator berdasarkan bukti2.

          Pernyataan dalam thread “Padahal jelas-jelas paket gepeng setelah diterima dan
          terlihat di video unboxing.” sangat tidak sinkron.
          Karena dari video Unboxing, terlihat Box HP masih kokoh (tidak gepeng kegencet).

          Itulah kenapa saya menyebut keluhan anda ini lucu (kalau tidak mau dibilang konyol).
          Tidak heran juga, kalau sebagian pembaca (termasuk saya) muncul pikiran bahwa Seller dan Buyer kerja sama untuk klaim asuransi. Banyak kasus seperti ini.
          Tapi saya yakin Anda tidak… semoga 🙂

          5
          3
    • 27 Maret 2023 - (00:19 WIB)
      Permalink

      Ndak jugak om.. Saya beli barang cuman 70 rb.. Tws sama holder.. Via sicepat.. Salah kirim alamat.. Minta tolong sama cs toped dan sicepat utk retur, akhirnya barang dinyatakan hilang, penjual dapat asuransi saya dapat refund.. Butuh 2 hari aja..

      #maaf buat sicepat saya udah nyusahin..

      2
      1
    • 26 Maret 2023 - (12:25 WIB)
      Permalink

      baru 1x transaksi sama seller ,
      kenal juga kaga, tau orangnya kaga, no wa nya juga baru save setelah kasus ini
      jangan ngadi ngadi pak

  • 26 Maret 2023 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Saya juga seller & buyer di tokopedia. Klaim asuransi itu sia2. Makanya jangan pernah mau beli asuransi di tokopedia karena alasan apapun pasti ujung2nya ditolak. Banyak kok komplain tentang ditolaknya asuransi di tokopedia.

    Terserah mau percaya atau gak. Itu sesuai pengalaman saya juga.

    • 26 Maret 2023 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Ah masa iya? Bulan lalu saya jualan handphone pake gosend paketnya hilang dibawa kabur driver cair tuh asuransi 8 jutaan. Asalkan buktinya valid. Kalau buktinya seperti penulis dan penjualnya entah lah. ?

      4
      29
      • 26 Maret 2023 - (18:02 WIB)
        Permalink

        Betul..tergantung case nya lah. Sy pernah beli makanan kucing penyok semua dan uang diganti full sama asuransi ditokped. Temen juga gtu pernah kasus maslaah pengiriman diganti full sm asuransi tokped. Pdhl bayar asuransi juga cuma kadang kab cuma 500-1k. Semua tergantung bukti nya. Lah itu penjual aja gak bisa kasih bukti klo sebelum dkirim keadaan normal. Jd gmn mau diganti. Jd sebaiknya intropeksi aja apa syarat nya udh bener utk claim asuransi? Saling jujur aja

        3
        1
  • 26 Maret 2023 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Untuk video yg dihapus , itu emg dari saya pribadi karna kasus ini sy anggap sdh selesai karna barang sudah di retur dan seller memberik an kompensasi dn permintaan maaf , begitu juga dgn pihak kurir (sprinter) (admin) sdh membantu kasus ini dengan menghubungi pihak pusat

  • 27 Maret 2023 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Ow ow kamu ketauan..yah gak dpt duit dr asuransi ..jd ngamuk??,,,malah rugi duit byr asuransi..rp kan dah untung jg pst..dr 10 x cara begini..paling gak 2x cair duit asuransi..nakal ih..pingin dicubit ginjalnya

    • 28 Maret 2023 - (04:59 WIB)
      Permalink

      lah apa ? ckck malu pak gatau apa apa tiba tiba judge orang ,
      masalah udah slese , pihak seller udh kasi kompensasi , pihak kurir udh balikin ongkir , hp sudah saya retur ,
      kalau gatau masalah mending jangan ngejudge orang tanpa sepengetahuan mu

    • 28 Maret 2023 - (05:02 WIB)
      Permalink

      cek akun tokopedia saya , atau cek hp saya kalau pernah komplain asuransi selain kasus ini.
      kalo emang udh lebih 1x dari kasus ini , sy kasi smua duit sy ke kamu biar mulutmu sy sumpel pake uang

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 61 komentar sampai saat ini..

Ketidakjelasan Asuransi Tokopedia

oleh boboboy888 dibaca dalam: 2 menit
61