3 Paket Saya Isinya Kecurian dalam Waktu yang Bersamaan

Minggu ini saya ada banyak kiriman pesanan dari Shopee. Namun saya terkejut, karena 3 orang menghubungi saya via chat Shopee. Mereka komplain karena paket yang datang tidak komplit, dengan dus yang bolong. Berikut nomor pesanan dan nomor resi SiCepat:

  • Nomor pesanan: 2307164X9AGFB2, nomor resi SiCepat: 004224633071. Hilang 1 pilok 400 ml + kumpon.
  • Nomor pesanan: 2307200ES1HXARE, nomor resi SiCepat: 004224337209. Hilang 1 pilok 150 m.
  • Nomor pesanan: 2307190CE1YUF0E, nomor resi SiCepat: 004224786506. Hilang 1 pilok 400 ml.

Saya selalu kirim dalam keadaan lakban atas bawah, coba dicek itu dus sobek! Sudah jelas disengaja. Kadang admin SiCepat suka diajarkan untuk berdalih bungkus gak proper. Logikanya, tidak mungkin kurir SiCepat Cianjur mau pick up paket kalau dalam keadaan dus bolong. Kalau diterima berarti ada yang membuat dus itu bolong dan mengambil isinya. Soalnya ketika dikirim ke pembeli dalam keadaan bolong.

Otomatis saya rugi, barang yang hilang terpaksa saya terima komplain pengembalian dana, daripada saya diberi rating rendah oleh konsumen. Kepada Shopee, ini bagaimana tanggung jawab Anda selaku marketplace yang gak cek dahulu jasa kirim yang bisa dipilih? Saya rugi karena kalau saya tidak menyetujui pengembalian dana, rating saya rendah karena aturan Anda.

Kepada SiCepat, ini bagaimana barang saya yang dicuri? Masa bisa terjadi kecurian kombo kaya gini? Gimana tanggung jawab Anda? Apa saya perlu lapor polisi untuk menyelesaikan ini?

Kepada masyarakat, hari-hati menggunakan SiCepat, karena bisa jadi barang Anda hilang. Kalau pembeli komplain, Anda tahu adminnya tinggal bilang “Bungkus gak proper“. Logika bodoh mereka, agar mereka bisa lepas tanggung jawab. Saya berani menantang admin itu ke tempat saya untuk mengecek apakah bungkusan saya proper atau tidak. Jangan mengira-ngira yang gak jelas.

Mohon kepada Media Konsumen untuk menerbitkan ini. Karena pencurian ini bisa kombo seperti ini. Trims.

Dicky Tanuwijaya
Cianjur, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “3 Paket Saya Isinya Kecurian dalam Waktu yang Bersamaan”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Dicky Tanuwijaya dengan judul “3 Paket Saya Isinya Kecurian dalam Waktu yang Bersamaan” pada...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “3 Paket Saya Isinya Kecurian dalam Waktu yang Bersamaan

  • 24 Juli 2023 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Kurir SiCepat di Shopee itu bukan kurir prioritas.
    Bisa dinonaktifkan sendiri oleh penjual di pengaturan jasa kirim toko.
    Karena yang wajib aktif cuma SPX dan J&T, kurir lainnya mah opsional aja.
    Sekarang udah banyak kasus dicuri begitu mending dinonaktifkan aja sendiri, pakai jasa kurir lain.
    Dan saran saya, kalau memang kamu sudah banyak dicuri barangnya, sekarang wajib, mesti, kudu, harus punya dokumentasi saat packing, baik berupa foto dan video.
    Kalau ada kasus serupa, bisa naik banding, jadi gak mesti langsung setuju pengembalian dana, jangan takut rating rendah, bintang 1 dari pembeli gak akan buat tokomu ditutup permanen oleh Shopee.
    Selama kamu benar, kamu naik banding aja di pusat resolusi. Tentu dengan lampiran bukti dokumentasi barangnya.

    • 24 Juli 2023 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Makasi saran ny kak. Kno sy tukis ini dl pernah kjadian dan mengambang di selesaikan, konsumen chat sy terus menerus. Dan sy hub pihak sicepat boro2. Syg disini pihak media konsumen tidak menampilkan komplit surat saya, ttg pa winda ct yg bertanggung jawab daerah cianjur tp kabur dan abai ktika di WA.

  • 24 Juli 2023 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Pak Dicky ini termasuk yang sering dikecewakan ekspedisi ya? Di kasus-kasus sebelumnya setahu saya ada komentar yang memberi saran untuk memperbaiki cara pengemasan paket kiriman agar tidak mudah robek atau dibongkar oknum. Apalagi cat semprot tergolong cepat laku dijual dengan dalih sederhana.

    • 26 Juli 2023 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Iya betul. Kayak nya semua eskedisi sudah pernah dia komplain di media konsumen. Jne , j&t, sicepat udah berkali2 jadi korban nya😆

    • 28 Juli 2023 - (14:27 WIB)
      Permalink

      Sudah pak. Yg sobek itu kbanyakan yg dus. Dus sy uda lakban banyak. Tp klo oknum pake piso, mo gmn kak? Sobek dgn rapih. Toh dr sayany uda kuat. Mkny kurir sicepat cianjur mau pikup da aman. Klo ga proper.pst mereka tolak pickup

  • 26 Juli 2023 - (02:31 WIB)
    Permalink

    Pakingannya asal2an dari foto, yg lain biasanya dibungkus lagi plastik dsb, memang cari murah tapi ya harus di pikirkan juga kalau sudah timbul masalah gini, akan habis energi bapak cuman ngurus komplain karna barang hilang yg harganya ngak seberapa. Okelah misal bapak berpikir ohh si expedisi akan tanggung jawab kalau ada barang ilang 1 biji misalnya, tapi ngurusnya ribet dan lama, ngak sebanding dengan energi bapak nelp, komplaim stress dll. Mending perbaiki pakingannya agar lebih aman tidak mudah di colong .

    • 28 Juli 2023 - (14:29 WIB)
      Permalink

      Iy pak. Stidakny konsumen tau kualitas ni sicepat ky gimana. Dan pihak shopee apakah mereka masi layak memakai sicepat yg kuakitasny ky gini. Apalagi sicepat cianjur. Bos windany jarang ada ditempat, ga bertanggung jawab. Ada yg komplain malah di blok. Tp tetep di pertahan kan oleh sicepat ckck

  • 31 Juli 2023 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Saya sudah membaca kronologi, bukti2, dan balasan komentar2 yang diberikan oleh penjual. Dari semua hal tersebut, penjual terkesan hanya menyalahkan pihak ekspedisi saja, tanpa memikirkan apa yang salah dari standar packingnya hingga bisa kecurian 3 kali dalam jangka waktu yang berdekatan? Apakah memang betul2 kecurian atau bagaimana?

    Meskipun kehilangan paket bisa terjadi, namun sebetulnya sangat jarang terjadi (hanya sekian persen dr total seluruh transaksi). Dan apabila standar packing kamu sudah benar, ya ajukan saja permasalahannya ke admin supaya diselidiki di pihak ekspedisi. Proses sortir kan dilakukan ramai2 dan ada cctv di cabang ekspedisi. Proses serah terima & kurir antar paket ada nama kurirnya jadi sebetulnya sangat mudah diselidiki. Kalo ada yang niat mencuri kok ya berani pegawai ekspedisinya mencuri 3 paket dr seller yg sama, apalagi untuk sekedar ambil Pylox di dalam dus, yang dia juga gatau isi warna catnya apa?

    Aneh aja apabila berani meresikokan pekerjaannya untuk hal semacam itu.

    Saya setuju dengan komentar sebelumnya yang seharusnya kamu menambahkan packing plastik, entah dimasukkan plastik kresek baru di kardus, atau setelah kardus baru di plastik kresek. Atau didobel di dalam dan juga di luar buat lebih aman.

    Hal itu untuk mencegah kardus jebol dan pyloxnya lepas keluar.
    Toh kresek juga sangat2 murah dan bahkan bisa pakai kresek bekas jadi ga keluar uang.

    Bahwa kamu tidak mengajukan permasalahan ke admin dan langsung menyelesaikan pesanan sesungguhnya sudah membuktikan kamu tau salahmu di mana dan ga bisa mempertanggung jawaban hal itu karena pasti kalah di pengajuan.

    Cara balas pembeli juga bikin saya garuk2 kepala:
    “Rasanya sudah saya masukin”
    “Soalnya saya sering kecurian”

    Sertakan aja bukti packingnya kalo lengkap, dan kalo sering “kecurian” ya masa kamu ikhlas2 aja tidak ada precaution dan pembenahan.

    Be a smart seller!

  • 13 Agustus 2023 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai seller juga di olshop, sudah menonaktifkan jasa kurir ini karena sungguh sangat mengecewakan, baik dari segi pickup maupun pengantaran ke buyer.

    Jika hanya 1 paket dan kami request pickup, request dari pagi, sudah pasti akan di pickup keesokan harinya pada sore hari.
    Alasan kurir di aplikasi, paket belum siap diambil, alamat seller tidak ditemukan, rumah tertutup dan lain sebagainya.

    Dan jika kurir pickup ditegur kenapa tidak diambil kemarin dan alasan yg tertera di aplikasi seperti ini itu, alasannya itu otomatis. Begitu saja jawabannya

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

3 Paket Saya Isinya Kecurian dalam Waktu yang Bersamaan

oleh Dicky dibaca dalam: 1 menit
9