Apa Fungsi Mediasi Shopee?

Pada tanggal 7 Juli 2023, kami menerima pesanan berupa 1 buah Lillasjon tempat tissue. Pada hari yang sama, kami langsung proses pesanan dan menyerahkan kepada pihak jasa kirim yang dipilih. Tanggal 10 Juli 2023, pembeli membuka keluhan dengan alasan barang cacat.

Kami tanyakan permasalahannya kenapa? Namun bukti yang diberikan hanya video setelah dibuka. Tidak terlihat label pengirimannya dan kardus produknya juga sebelumnya sudah dibuka. Terlihat dari langsung dibukanya kardus produk, tanpa buka lakban penutupnya. Padahal sebelumnya telah kami buka dan kami foto produknya, kemudian kami lakban kembali kardus produknya dan foto bagian atas produk.

Oleh karena tidak ada informasi lebih lanjut dari pembeli, kami ajukan ke Shopee karena kami tidak tahu kendalanya apa.

Dari foto yang diberikan, ternyata bukan cacat, tetapi urat dari kayu atau papan penutupnya dan kondisinya rata (tidak cekukan atau cacat). Bukti dari kami sudah kami berikan video CCTV saat packing dan foto produk saat di-packing dari berbagai sisi.

Namun pada tanggal 14 Juli 2023 Mediasi Shopee menyetujui pengembalian produknya dengan alasan:

● Pengajuan pengembalian barang atas klaim produk cacat telah kami setujui, untuk produk:
– LILLASJON tempat tisu toilet x1
● Hal ini dikarenakan bukti yang diberikan Pembeli telah mendukung klaim yang diajukan.

Kami langsung menghubungi pihak CS Shopee melalui telepon untuk menanyakan kendalanya apa? Barangnya cacat di mana?

Tanggal 18 Juli 2023, kami menerima paket returnya. Langsung kami buka dengan memvideokan paket yang kami terima. Setelah kami cek, tidak ada cacat. Langsung kami hubungi pihak CS Shopee lagi menanyakan untuk kendala ini cacatnya di mana?

Tanggal 21 Juli 2023, kami juga sudah menghubungi AM (Account Manager) Shopee kami untuk membantu menanyakan kendala cacatnya di mana? Sampai saat surat ini dibuat kami tidak mengetahui kendalanya apa? Cacatnya di mana?

Kalau salah produk, Shopee sudah pasti menyetujui pengembalian produknya dan juga kalau produk rusak diterima pembeli (entah karena penjual/jasa kirim/pembeli) Shopee sudah pasti menyetujui juga pengembaliannya. Sekarang produk yang baik-baik saja dan sudah sesuai, apakah pihak Shopee menyetujui juga pengembaliannya? Lalu fungsi dari mediasi Shopee untuk apa? Untuk apa ada fitur “Ajukan ke Shopee”? Kalau begini caranya langsung disetujui saja, karena kondisi barang rusak atau baik, pihak Shopee akan menyetujui semua pengembaliannya.

Apakah sampai seperti pihak Shopee membela pembeli dengan tidak menghargai kerja dari penjual? Penjual juga memerlukan waktu untuk packing, waktu untuk foto, biaya packing baik bubble wrap, lakkan, dll. Apakah ini kebijakan dari Shopee dengan mengesampingkan penjual?

Charles Winarto
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Apa Fungsi Mediasi Shopee?

  • 27 Juli 2023 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Emang jadi seller itu selalu salah om, gak di shopee dan di tokoijo. seller selalu disalahkan, mungkin harus ada ketentuan baru biar penjual gak di rugikan oleh buyer nakal.

  • 27 Juli 2023 - (15:59 WIB)
    Permalink

    barusan shopee menghubungi kami dan menginformasi kalau ada kesalahan dalam mediasi dan akan mengganti dana sebesar harga produk

    • 27 Juli 2023 - (16:53 WIB)
      Permalink

      Syukurlah ada kompensasi. Berjualan di bag oren ini harus banyak-banyak berdoa supaya tidak ada kendala karena tim mediasinya terkesan ngasal.

  • 29 Juli 2023 - (22:54 WIB)
    Permalink

    Kalo diliat emang kurang srek kaya kotor gitu apalagi tipe orang perfeksionis pasti risih liatnya. saran mending diretur ke suplier kalo maksa dikirim ke pembeli lain mungkin dikomplain lagi

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Apa Fungsi Mediasi Shopee?

oleh Charles Winarto dibaca dalam: 2 menit
6