Proses Upgrade Kartu 4G XL Dipersulit, karena XL Care Tidak Profesional

Saya adalah pengguna XL dengan nomor 081831**62. Saya pernah beberapa kali memeriksa ketersediaan jaringan 4G di nomor XL saya ini, dan hasilnya nomor saya belum mendukung 4G (hanya mendapatkan sinyal Edge). Setelah menanyakan hal ini ke customer service XL, saya disarankan untuk mengganti kartu yang saya pakai (upgrade), karena kemungkinan itu adalah kartu lama. Saya lalu mengisi form permohonan upgrade kartu yang ada di website XL. Keesokan harinya saya dihubungi oleh pihak XL terkait proses penggantian kartu tersebut. Saya kemudian disarankan untuk membeli kartu upgrade-nya di XL Shop yang bekerja sama dengan beberapa toko online.

Saya pun memilih untuk membeli kartu tersebut di XL shop yang ada di Shopee. Melihat banner yang ada pada produknya itu, saya senang karena dijanjikan setelah upgrade berhasil, akan bisa mendapatkan kuota s/d 30 GB. Ulasan produknya juga bagus, apalagi itu adalah toko official Shopee. Saya pun kemudian melakukan pembelian.

Setelah menunggu beberapa hari, kartu pun tiba. Saya lalu menghubungi agen XL yang sama untuk meminta bantuan terkait proses upgrade ini. Namun setelah beberapa proses verifikasi, saya terkejut karena agen tersebut mengatakan bahwa proses penggantian kartu via online tidak bisa dilakukan karena nomor ICCD kartunya tidak valid. Saya disuruh mencoba sendiri proses upgrade-nya lewat *808*46#.

Bagaimana bisa kartu yang baru saya beli di toko official XL malah rusak/tidak valid? Saya menanyakan hal ini kepada agen XL. Namun pesan saya tidak pernah dibalas lagi. Saya coba melakukan proses yang disarankan tersebut. Apa yang saya dapat? Proses upgrade tidak berhasil dan tidak ada pula kuota 30 GB yang dijanjikan.

Saya coba menanyakan hal ini pada live chat XL yang ada pada aplikasi myXL. Terus terang chat lewat aplikasi myXL ini sangat membuat tidak nyaman. Bayangkan saja, saya harus menunggu selama 3 jam dari pukul 5 sore dan kebanyakan pertanyaan saya dijawab oleh mesin penjawab. Ketika dijawab oleh agennya langsung, dengan mudahnya mereka menyuruh saya datang langsung ke XL Center setempat agar dibantu proses upgrade kartunya.

Ketika menanyakan terkait biaya, mereka mengatakan akan dikenakan biaya sesuai ketentuan yang ada. Loh, lalu apa gunanya kartu yang telah saya beli ini jika hasilnya tidak dapat digunakan? Untuk apa adanya layanan upgrade online dan XL Shop jika layanan tersebut tidak dapat memberikan pelayanan yang baik pada konsumennya? Waktu dan uang saya terbuang sia-sia karena ketidakprofesionalan customer service XL dan hal ini jelas membuat saya sangat kecewa.

Hary Gimulya
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Proses Upgrade Kartu 4G XL Dipersulit, karena XL Care Tidak Profesional”

Jakarta, 7 September 2023 Ref.CM/CU/E/004/0823/IL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Hary Gimulya melalui...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Proses Upgrade Kartu 4G XL Dipersulit, karena XL Care Tidak Profesional

  • 28 Agustus 2023 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Sebagai update, setelah surat ini dimuat, pihak customer service XL sudah menghubungi saya secara langsung untuk menyelesaikan masalah. Dan kartu saya yang lama pun sekarang sudah bisa mengakses jaringan 4G. Dengan ini saya informasikan bahwa kendala sudah selesai. Semoga kedepannya pihak XL bisa lebih memberi tanggapan dengan baik untuk permasalahan pelanggannya. Terima kasih juga pada Media Konsumen yang sudah memuat surat saya ini sehingga bisa mendapat perhatian dari pihak terkait.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Proses Upgrade Kartu 4G XL Dipersulit, karena XL Care Tidak Profesiona…

oleh Hary Gimulya dibaca dalam: 2 menit
1