Paket Senilai Rp2,1 Juta Dinyatakan Hilang, Hanya Diganti Rp100 Ribu!

Pada tanggal 08 Agustus 2023, saya mendapatkan orderan di Shopee berupa 1 unit handphone seharga Rp2.179.000, dengan menggunakan jasa kirim J&T Express. Hari itu juga barang saya kirim lewat ekspedisi J&T dengan nomor resi: JP4538864722.

Kekecewaan saya pada J&T dimulai pada tanggal 10 Agustus 2023, paket tersebut saya statusnya tidak bergerak sama sekali. Kemudian pada tanggal 12  Agustus 2023, saya komplain menghubungi call center J&T. Menurut informasi dari pihak J&T, akan dilakukan investigasi.

Tanggal 15 dan 18 Agustus 2023, saya komplain kembali dengan menghubungi call center J&T. Namun masih dengan jawaban yang sama, akan dilakukan investigasi, tanpa ada kepastian.

Tanggal 18 Agustus 2023 pukul 23:32, status pengiriman berubah: Paket akan dikirimkan ke pengirim karena kendala pada saat pengiriman. Saat itu saya berpikir berarti paket saya akan diretur ke saya.

Tanggal 21 Agustus 2023 saya komplain lagi menghubungi call center J&T menanyakan keberadaan paket saya. Lagi-lagi jawabannya masih sama, akan dilakukan investigasi kembali.

Tanggal 22 Agustus 2023, status pengiriman berubah: Pesanan sedang tertahan sementara karena gagal delivery.

Tanggal 24 Agustus 2023, saya komplain lagi menghubungi call center J&T untuk menanyakan keberadaan paket saya. Namun jawaban J&T masih sama, akan dilakukan investigasi kembali.

Akhirnya pada tanggal 27 Agustus 2023, pihak J&T menyatakan paket saya hilang/tidak ditemukan. J&T ini sungguh ajaib sekali, yang tadinya status mau retur/dikirim ke saya sebagai seller, lalu paket gagal dikirim ke penerima, tiba-tiba paket dinyatakan hilang.

Kemudian pada tanggal 29 Agustus 2023, saya mendapatkan notifikasi dari Shopee, bahwa paket tersebut hilang dan akan dilakukan penggantian oleh pihak J&T, yang nanti dananya akan ditransfer oleh pihak Shopee.

Tanggal 1 September 2023, paket saya seharga Rp2.179.000 yang hilang oleh ekspedisi J&T Express hanya diberikan kompensasi kecil, yaitu senilai Rp100 ribu oleh pihak Shopee & J&T. Coba bayangkan, barang senilai Rp2.1 jutaan, yang entah bagaimana bisa hilang oleh oknum J&T yang tidak bertanggung jawab, cuma diganti Rp100.000!

Akibat ulah oknum nakal J&T, malah saya penjual yang kena batunya. Gimana orang mau percaya kepada ekspedisi J&T sebagai salah satu jasa pengiriman terbesar di Indonesia? Bagaimana juga pertanggungjawaban pihak Shopee, yang hanya bersikeras seperti robot menjawab “Paket yang hilang hanya diberikan kompensasi senilai 10x lipat dari ongkir“?

Saya mohon sangat kepada J&T dan Shopee Indonesia untuk mengganti rugi paket saya yang hilang secara keseluruhan. Terima kasih.

Moeziono Kaduarjo
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Resmi perihal “Paket Senilai Rp2,1 Juta Dinyatakan Hilang, Hanya Diganti Rp100 Ribu!”

Dear Bapak Moeziono Kaduarjo, Sehubungan dengan surat pembaca Bapak dengan judul “Paket Senilai Rp2,1 Juta Dinyatakan Hilang, Hanya Diganti Rp100...
Baca Selengkapnya

59 komentar untuk “Paket Senilai Rp2,1 Juta Dinyatakan Hilang, Hanya Diganti Rp100 Ribu!

  • 5 September 2023 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Kalo online lebih baik jualan barang receh saja, semisal kolor, sempak, kaos kaki, sandal jepit, dkk.

    Resiko jualan barang harga mahal, ya di colong dengan alasan klasik BARANG DINYATAKAN HILANG dan yang anehnya nih anehnya.. cuma diganti dengan 10x ongkir.. misalnya ongkirnya cuma 5 perak barang jutaan cuma diganti 50.000..

    Kelemahan sistem seperti itu beresiko mendatangkan & memelihara para pencuri yang menggunakan topeng kurir..

    Pencuri di pelihara bukannya menjaga hubungan baik dengan penjual (pengusaha)

    Itu sebuah kritikan dari saya. Harus menerima kritik agar lebih baik.

  • 6 September 2023 - (09:35 WIB)
    Permalink

    Alamatnya dari mana ke mana ini mas
    kok bisa cuma diganti 100ribu?
    1. biaya ongkir shopee sifatnya tertutup (tidak transparan), penjual tidak bisa tahu persis berapa ongkir yg ditagihkan shopee ke pembeli.
    2. kalaupun memang mau diganti “hanya” 10x lipat, shopee harus transparan juga dong berapa shopee menagih biaya ongkir ke pembeli
    3. Apa iya ongkirnya hanya 10rb?? 10rb itu hanya biaya lokal 1 kota..

    tanpa asuransi pun kalau shopee transparan dengan biaya ongkirnya, penjual tahu berapa persis biaya ganti maksmal yg bisa diterima penjual (jika menganut sistem 10x lipat biaya ongkir) apabila barang hilang.

    saya pernah ditelp shopee menjelaskan dengan ketentuan yg tidak transparan ini, dan mereka juga gak bisa jawab dan membuka biaya tertagih pembeli untuk ongkirnya

  • 6 September 2023 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Shopee dan J&T harus tanggung jawab.
    Wlwpun karyawannya yang nakal, itu urusan J&T mau diapakan karyawannya. Intinya, harus tanggung jawab dengan penjual / pembeli.
    Membuat orang kecewa, karma buruknya dahysat.
    Hidup hanya sesaat. Jujur dan tanggungjawab untuk amal diakhirat. Bukan sok sokan, kita manusia mestinya selalu berbuat baik dengan perbanyak amal.

  • 7 September 2023 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Coba Search di Google atau Youtube.
    Kasus Anggi dan Karyawan SPX (2 Pelaku).
    Anggi penadah barang curian khusus Gadget mahal.
    Siapa tahu modusnya sama.

  • 8 September 2023 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Non aktifin JnT nya bisa kog saya juga saya non aktifin, pakai kurir yg rekomendasi shopee saja yg suda termasuk asuransi pada saat pembeli cek out sperti Jne, Tiki, Ojol, Shopee,. diluar dr itu tdk ada ass nya harus ass extra dan penjual yg bayar, aneh emang jualan di shopee brg suda laku kalo mau pk ass tp yg tggung penjual bkn pembeli beda dgn Toped dan BL ass yg byr pembeli,.

    kalau mau cepat di ganti sama Jnt qtau Shopee lgsung ke Ig nya, screen shoot bukti² kalaubsudah di blop up ke media konsumen hal hasil pasti cepat respon nya,. saran saya sperti itu karna saya jg pernah ngalamin. smoga membantu

  • 11 September 2023 - (04:08 WIB)
    Permalink

    Ini makin lama gak bisa di biarkan perusahaan shopee dan J&T, untuk penjual jika anda punya video saat pengiriman paket , saya sarankan jangan mau terima begitu aja. Tetap berkeras aja anda. Kalau kita lembek perusahaan pun makin menjadi menindas kita .

    Inti nya jika anda selalu penjual , mempunyai video saat pengiriman paket , anda bisa berkeras terus .

  • 14 September 2023 - (09:46 WIB)
    Permalink

    Mau nya shope buat asuransi nya kaya tokped bisa dicentang waktu co, jadinya bisa tahu bahwa barang itu di cover oleh asuransi pengiriman

  • 16 September 2023 - (04:46 WIB)
    Permalink

    Jika sdh seperti itu kronologisnya apakah kita masih bisa percaya dgn shoppe dan jnt???

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Paket Senilai Rp2,1 Juta Dinyatakan Hilang, Hanya Diganti Rp100 Ribu!…

oleh MOEZIONO KADUARJO dibaca dalam: 2 menit
59