Pesanan 2 Unit HP Hilang dalam Pengiriman JNE, Pengembalian Dana di Tokopedia Tidak Kunjung Selesai

Kronologi peristiwa:

Tanggal 16 Agustus 2023, saya membeli 2 unit handphone Xiaomi Redmi Note 11 di Toko “Gudang HP”, sebuah Official Store di Tokopedia, dengan total Rp5.072.400. Toko beralamat di Jakarta dengan tujuan pengiriman ke Toraja Utara, Sulawesi Selatan, menggunakan ekspedisi JNE Reguler dengan estimasi pengiriman maksimal adalah 31 Agustus 2023.

Tanggal 16 Agustus 2023, pihak penjual segera mengirim paket tersebut pada tanggal yang sama. Nomor resi pengiriman JNE: TLJR3DVEF4MQUUFU.

Tanggal 17 Agustus 2023, dari hasil tracking status paket telah di SORTING CENTER [JAKARTA]

Hingga sampai batas akhir masa pengiriman, yaitu tanggal 31 Agustus 2023, status pengiriman tidak berubah, yaitu SORTING CENTER [JAKARTA]. Atas hal tersebut, saya mengajukan komplain pengembalian dana melalui aplikasi Tokopedia.

Tanggal 31 Agustus 2023, dari hasil diskusi bersama Virtual Assistant Tokopedia didapatkan informasi bahwa pihak ekspedisi akan melakukan investigasi maksimal 7 hari kalender hingga tanggal 7 September 2023.

Hingga tanggal 7 September 2023, pihak Tokopedia belum melakukan pengembalian dana dengan alasan masih memproses dokumen pendukung.

Tanggal 10 September 2023, Tokopedia belum melakukan pengembalian dana kepada pembeli dan penjual dengan alasan “Menunggu BAP dari pihak JNE”.

Tanggal 11 September 2023 hingga 18 September 2023, pembeli dan penjual tetap aktif di kolom diskusi, tapi sama sekali tidak mendapatkan tanggapan dari tim Tokopedia. Sekedar informasi, saya adalah member Platinum di Tokopedia, yang seharusnya mendapatkan prioritas pelayanan.

Terhitung hingga Artikel ini ditulis pada tanggal 18 September atau 18 hari sejak dilakukannya pengajuan pengembalian dana dilakukan, pihak Tokopedia tidak kunjung melakukan pengembalian dana. Melalui artikel ini saya berharap ada inisiatif baik dari Tokopedia untuk segera melakukan pengembalian dana.

Ricky Rezky Sapta
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pesanan 2 Unit HP Hilang dalam Pengiriman JNE, Pengembalian Dana di Tokopedia Tidak Kunjung Selesai”

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 19 September 2023 berjudul “Pesanan 2 Unit HP Hilang...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Pesanan 2 Unit HP Hilang dalam Pengiriman JNE, Pengembalian Dana di Tokopedia Tidak Kunjung Selesai

  • 19 September 2023 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Lagi lagi tokopedia yang lambat respon hehe, udah ngga heran kalau e-commerce satu ini mulai suka bikin ulah dengan slow respon pada saat chat ataupun minta bantuan.

    10
    1
  • 19 September 2023 - (11:23 WIB)
    Permalink

    nah ini, meski diasuransi pun tetap saja dimaling ekspedisi. apalagi tidak pake. too many thieves in our expedition services

    12
    • 19 September 2023 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Hati hati aja skrng beli online hp. Laptop atau barang mahal lainnya bnyak kasus barang hilang di saat pengiriman.. Trus dari pihak marketplace atau ekpedisi seolah lepas tangan.

    • 19 September 2023 - (20:58 WIB)
      Permalink

      Sy dulu nglamin hp hilang waktu pke jne tp pihak jne tanggung jawab mengganti unit yg hilang

    • 19 September 2023 - (16:59 WIB)
      Permalink

      Saya sudah 1 bulan lebih belum diganti Tokopedia. Ngeri order HP di OS skg , banyak maling di ekspedisi. kapok saya beli HP di Tokopedia, belanja ga nyaman uang ga aman. Percuma asuransi, klo prosesnya dibuat lama.

  • 19 September 2023 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Buat masukan aja untuk yg baca.jangan beli hp via online resiko kehilangan besar karena semua jasa pengiriman kurirnya bermental maling semua jadi sudah tau barang yg di kirim hp di bikin hilang atau di repack barang di ambil ditukar sama yg lain.dan jangan salahin marketplace kalau pengembalian dana lambat karena pakai pihak ke 3 untuk transaksi jadi harap sabar aja ikutin SOPnya karena belanja online harus juga tanggung resiko macam begini.

    7
    4
    • 19 September 2023 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Masih banyak maling dikasih kerja di ekspedisi, ga cuman di JNE aja. Ga semuanya, tapi ada. Bagaimana ini perusahaan koq bisa maling direkrut buat kerja!!! Banyak yang mau kerja jujur buat keluarga, koq malah pekerja nyambi jadi maling malah dipertahankan.

  • 19 September 2023 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Saya dari jaman awal² belanja online sampe sekarang masih aman² aja. Pernah kehilangan dulu laptop dulu di tokopedia dg expedisi sicepat dan uang kembali walau proses lama. Dari hp sampe laptop saya online sebagian kebutuhan saya online karena harga miring. Jangan salahkan matketplcenya dan jangan juga mengatakan belanja online berbahaya , semua ada resiko walau belanja offline salasatunya harga mahal 🤣. Kalau masalah barang hilang kalau kita ngikutin prosedur semuanya aman dan uang pasti kembali. Semoga cepat selesai masalahnya yaa

    7
    3
    • 20 September 2023 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Kalo beli barang yg mahal sekarang ini jangan pakai online…..kalo hilang dipengiriman bakalan susah komplain untuk pengembalian dana.

  • 19 September 2023 - (16:24 WIB)
    Permalink

    udh gak minat lg pake tokped, mending di shp atau lzd lebih murah, dan klw kurir jne emng pantesnya dikasih bintang 1 sih, jne skrg udh berubah jd kurir super lelet

    3
    2
  • 19 September 2023 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Lha gw diamond dari 2019 refund tiket aja cuma 600rb ampe 8bulan coba…level mah gimmick doang buat mereka

  • 19 September 2023 - (16:36 WIB)
    Permalink

    halooooo bpk2 yg di atas……saya udh transaksi ratusan kali mau jual/beli gadget di marketplace…alhamdulillah lancar2 aja pak
    senggol doooonk….hehe

    Alhamdulillah ktemu kurir2 nya jg yg jujur2 sampe udh apal jg org2nya, kadang malah klo lg ga ada org di rumah, paket di taro aja di depan rumah/depan pintu alhamdulillah aman2 aja

    Jd poin nya ya positif thinking aja deh ya jd aura positif mudah2an balik buat diri kita sendiri, beli apapun itu mau offline mau online ada bahaya dan kelebihan nya masing2 ya gais…lagian udh taun gini msh takut belanja online….heloooowwww

    6
    11
    • 19 September 2023 - (18:08 WIB)
      Permalink

      bu maya, coba gih tes beli iphone minimal 10 jt ke atas, pake kurir JNE, ga pake asuransi. lihat hilang apa gak..? percuma kalo kitanya aura positif tp kalo kurir ekspedisi beraura negatif

      7
      5
  • 19 September 2023 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Ngak ngaru mau level apa, sy selama ini beli barang elektronik di bli2, dulu pernah hilang di expedisi, tapi langsung di kirim baru, proses penggantian mah urusan blibli dan seller dan expedisi.

  • 19 September 2023 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Saya beberapa kali beli Hp online aman, karena Sy punya trik. Sy pilih toko official dan bisa COD. Ketika kurir datang, Sy mau bayar kalau Sy buka paketnya dulu di depan kurirnya. Biasanya kurir setuju, yg penting Sy kasih uang lelalh, walau cuma uang rokok atau uang bensin. Rugi 20-50rb gpp daripada rugi jutaan.

  • 19 September 2023 - (17:20 WIB)
    Permalink

    Itu kalo lambat bukan kesalahan tokopedia nya tapi memang dari pihak jne yang lambat dalam investigasi kalo tokopedia tergantung kepada jne dan pihak asuransi

  • 19 September 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Dari Kemarin Lihat berita kurir JNE HP ilang. Aku jg sering beli HP di tokped udah 5x gak pernah problem tapi emang gapernah pakai JNE. Pake JNE cuma pas beli PC. Itupun pakai trucking. Pernah dlu jual HDD hampir kena tipu buyer tapi untung bisa diatasi di Tokopedia Care. selama Bukti ada dan Kuat kayaknya bkal cepet selesai.

  • 20 September 2023 - (00:40 WIB)
    Permalink

    Saya punya tips agar aman belanja hp olsop
    Mau di orange ijo apa biru yaitu
    COD/ paylater agar barang kita terima baru di bayar bukan di bayar baru diterima itu sudah di atur dalam islam materi fiqih bab jual beli.

    1
    5
    • 20 September 2023 - (09:37 WIB)
      Permalink

      COD dan Paylater itu pada dasarnya 2 metode pembayaran yang berbeda ya pak
      klo COD bayar saat barang diterima, sedangkan paylater itu ibaratnya sistem pembayaran secara kredit/berhutang dan ada bunganya
      klo bapak menyinggung masalah fiqih islam segala, apa paylater diperbolehkan dalam agama ya?

      Dan terkait masalah COD lebih aman buat belanja olshop, mungkin ini hanya berlaku di sisi pembeli ya pak, sedangkan untuk penjual sistem ini beresiko lebih tinggi apalagi untuk yang barang2 mahal dengan ukuran kecil seperti gadget ini

      Pertama resiko hilang di pengiriman, kedua resiko pembeli tidak bs dihubungi/pembeli fiktif, kemudian resiko kerusakan barang saat dikirim kembali ke seller…wahh udh komplit lah itu dan msh ada resiko2 yg lain

      Makanya banyak seller yg tdk mau pake sistem COD kalo nominal barang nya lebih dari sejuta

    • 20 September 2023 - (18:11 WIB)
      Permalink

      tanpa mengurangi rasa hormat keagamaan anda. zaman, tehnologi, ilmu pengetahuan, dan segala perkembangan budaya / tata cara / hukum didalamnya, setidaknya anda upgrade dan adaptasi juga kedalam pengetahuan keagamaan anda. aturan dalam kitab yang anda baca tidak ada yang salah, semuanya benar dan bertujuan baik. terutama pada masanya kitab itu dibuat. tetapi sekali lagi, dunia bergerak dan terus berubah, maka beradaptasilah.

  • 20 September 2023 - (14:18 WIB)
    Permalink

    Yang sabar kak, yang terpenting itu harus sama2 sabar, proses investigasi emang butuh waktu, yg penting nanti barang di terima dalam kondisi kardus tidak penyak penyok, mending tokopedia selama saya pakai tokped setiap kompalianan saya pasti selalu seselasi memuaskan, jika di bandingan dengan rival besarnya SHOPEK….aman kak aman,,, yang penting rajin liat² halaman komplain, ikut aja prosedurnya.

  • 21 September 2023 - (01:48 WIB)
    Permalink

    Yang mengganti uang itu bukan Tokopedia tapi kurir dan atau asuransinya. Jadi ya kecepatan selesai klaim memang tergantung kurir dan asuransinya.

    Sejauh ini saya belanja di Tokopedia masih paling nyaman dan aman

  • 21 September 2023 - (06:47 WIB)
    Permalink

    Oh ya jangan lupa dan sebaiknya pembelian barang yang cukup mahal pakai asuransi pengiriman, biar lebih tenang.

  • 21 September 2023 - (08:11 WIB)
    Permalink

    Ambil hikmahnya dari kejadian ini. Introspeksi diri. Apakah dalam harta kita sudah dibersihkan dan berbagi dengan sesama (tetangga, teman, kerabat, keluarga yang masih sangat kekurangan) bisa berupa sedekah, infaq maupun zakat.
    Jika sudah berarti ini ujian.
    Tetap berusaha/berikhtiar untuk mendapatkan hak anda kembali. Semoga Allah SWT melancarkan semua urusan kita.

  • 8 Oktober 2023 - (00:16 WIB)
    Permalink

    JNE emang gk beres, gw jual barang di toko ijo, pembeli kena ongkir, pas gw mau kirim orderan, di JNE di minta lagi ongkir, jadi JNE ambil ongkir doble dari pembeli dan penjual, selain JNE gk pernah ada sampek kasus kyk gitu, setelah itu JNE gw unceklist dari daftar paket pengiriman, drop di agen JNE, perlu waktu 2 hari supaya bisa di cek resi nya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Tokopedia?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Pesanan 2 Unit HP Hilang dalam Pengiriman JNE, Pengembalian Dana di To…

oleh Ricky dibaca dalam: 1 menit
29