Pemaksaan Penggunaan Shopee Xpress Membuat Saya Rugi Saat Paket Hilang

Saya salah satu korban kebobrokan sistem Shopee yang memaksa seller mengaktifkan jasa kirim Shopee Xpress di toko saya, padahal saya sudah berulang kali meminta menonaktifkan jasa kirim tersebut.

Kata pihak Shopee, apabila mau menonaktifkan jasa pengiriman Shopee Xpress, maka otomatis program gratis ongkir pun akan ikut non aktif. Saya pun sudah mengatakan tidak masalah, matikan saja, yang penting saya tidak mau menggunakan jasa kirim Shopee Xpress.

Singkat cerita, walaupun saya sudah bilang untuk menonaktifkan jasa kirim tersebut dan juga menonaktifkan program gratis ongkir di toko saya, anehnya jasa pengiriman tersebut masih aktif juga. Dan saya terpaksa mengirimkan pesanan menggunakan jasa kirim bobrok tersebut, dengan nomor pesanan 230911430WN8GE dan nomor resi SPXID033013862899.

Barang tersebut hilang, setelah status pengiriman terkatung-katung tidak jelas selama 14 hari! Dan lucunya pihak Shopee hanya mau mengganti sebesar 10 kali ongkos kirim yaitu 180 ribu rupiah, karena menurut mereka paket tersebut tidak diasuransikan.

Ketika saya menanyakan perihal asuransi ke konter Shopee Xpress tempat saya mengirim paket, mereka menjawab paket di atas 500 ribu saja yang bisa diasuransikan, sedangkan paket di bawah 500 ribu tidak bisa diasuransikan. Nilai paket saya hanya sebesar 365 ribu rupiah (lihat lampiran tulisan di konter Shopee Xpress) dan juga saya cek di website Shopee, benar saja kalau jasa pengiriman Shopee Xpress tidak mempunyai fitur asuransi (bukti terlampir).

Shopee ini benar-benar sangat kurang ajar sekali, saya dipaksa menggunakan jasa pengiriman mereka, tapi ketika bermasalah, mereka lepas tangan dengan santainya.

Vivin Novita
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Pemaksaan Penggunaan Shopee Xpress Membuat Saya Rugi Saat Paket Hilang

      • 18 Oktober 2023 - (08:56 WIB)
        Permalink

        Sebelumnya mohon maaf, setahu saya ketika terjadi kerusakan barang atau barang hilang maka akan dilakukan investigasi terkait paket bermasalah tersebut.

        Dan jika paket tersebut benar benar hilang, maka yang bertanggung jawab adalah tempat transit terakhir paket tersebut. Bisa itu pihak FM, atau LM atau DC, dan jika transit terakhir paket sudah diserahkan ke kurir maka pihak kurir yang bertanggung jawab.

        Dan penyelesaian terakhir setelah di ketahui siapa penanggung jawabnya sesuai hasil investigasi, paket tersebut akan masuk ke list claim mereka. Dan jika sudah masuk list claim, maka si penanggung jawab wajib melakukan ganti rugi sesuai harga paket tersebut. Ganti rugi biasanya di lakukan dengan melakukan pemotongan gaji.

        Contohnya: misal paket senilai 200rb hilang ketika kurir melakukan pengiriman ke alamat pembeli maka si kurir tersebut akan melakukan ganti rugi dengan cara di potong gajinya senilai 200rb. Sesuai dengan harga barang yang hilang. Dan itu adalah kebijakan sop dari spx

        Nah yang jadi pertanyaan adalah kemana larinya uang ganti rugi tersebut, sedangkan si penanggung jawab sudah melakukan kewajibannya untuk ganti rugi???

  • 17 Oktober 2023 - (06:55 WIB)
    Permalink

    mau gimana lagi, shopee profit dari expedisinya sendiri spx express mana mau mereka menonaktifkan. namanya bisnis ya gitu cari yg paling profit, dibanding tokped dll yg masih rugi karna nangung subsidi ongkir expedisi.

    1
    1
    • 17 Oktober 2023 - (12:57 WIB)
      Permalink

      Sepertinya spx itu selalu mengutamakan pembeli deh, krn mgkin bagi mereka pembeli adalah raja, sedangkan kurir atau penjual adalah cuma sebatas mitra yg harus turut aturan spx klo mau trs menjadi mitra

      Nah mengenai penggantian 10x ongkir, emang jasa kurir manapun kayanya menerapkan hal yg sama deh, cuma ganti 10x ongkir klo barang hilang jika tidak asuransi, meskipun pada dasarnya kurir yg menghilangkan paket akan tetap dipotong gajinya senilai harga paket.

      • 17 Oktober 2023 - (16:37 WIB)
        Permalink

        masalahnya disini, TIDAK ADA NYA ASURANSI YANG DISEDIAKAN OLEH SHOPEE XPRESS INI,bayangkan anda dipaksa menggunakan jasa kirim mereka,yang mana sudah terkenal suka menghilangkan barang. sudah dipaksa menggunakan jasa mereka, ketika ada masalah, tidak mau bertanggung jawab.

        • 17 Oktober 2023 - (20:49 WIB)
          Permalink

          Tinggal ga usah jualan aja di shopee gampang kan .gitu aja kok repot.
          Resiko lah mau cari duit d lapak shope ya pasti ada resiko begituan.
          Namanya jg dagang .
          Klo ga kuat ya mundur ,kuat ya lanjut ,gitu aja kok koar koar

          • 17 Oktober 2023 - (20:51 WIB)
            Permalink

            ciye buzzer shope nongol, padahal yang bayar dirimu itu ya yang orang yang transaksi jual beli di shope, saya akan tutup toko setelah uang saya di kembalikan sama shope sebesar 185 ribu lagi. kasih tau majikanmu ya, suruh balikin uang saya, dan JANGAN LUPA SAYA JUALAN DISANA TIDAK GRATIS, TP ADA BIAYA ADMIN YANG DIPOTONG DARI HASIL PENJUALAN

      • 17 Oktober 2023 - (20:27 WIB)
        Permalink

        Engga juga. Sebagai pembeli, pesanan saya ‘hilang’ sampai 3x gara2 Shopee Express. Statusnya di app sudah diterima dengan bukti foto dari kurir. Masalahnya foto2 itu bukan rumah saya. Lapor ke CS Shopee mereka berkeras pesanan sudah sampai berdasarkan bukti foto dari kurir, telepon & sms ke nomor kantor kurir lokal yang ada di Google tidak ada tanggapan, alamatnya didatangi kantornya sudah pindah. Saya beruntung paket2 saya diantar orang2 baik yang rumahnya dikirimi paket nyasar milik saya. Pernah juga saya menemukan paket di teras untuk orang lain yang alamatnya jelas2 di mall. Paketnya saya bantu antar ke pemiliknya. Pokoknya sekarang kalau tidak ada opsi kurir lain, selain Shopee Express, lebih baik pindah toko sebelah daripada barang hilang ga jelas.

        • 17 Oktober 2023 - (21:33 WIB)
          Permalink

          Andaikan bener seperti itu mba, pasti kurir di lapangan ga bakal stress nanggapin complainan dari pembeli.

          Asal anda tau sekalipun ada bukti foto, ada bukti nomor rmh yg benar, ada bukti klo pembeli kasih alamat yg salah tp selagi pembeli belom cabut complainan, pembeli berkeras belum terima paket, kurir yg dikomplain akan tetep dipotong gajinya. Plus dikasih point’ kesalahan. Yg nanti kalo poinnya sudah mencapai batas akan dihapus kemitraannnya.

        • 18 Oktober 2023 - (05:29 WIB)
          Permalink

          itu paketnya samian di ambil sama kurir nya mbak.. sedkit sya bongkar busuknya kurir shopee.. temen sya banyak yg kerja di kurir shopee.. mereka mengatakan kalau ada paket yang cod dg nominal 1rb atau pun dg nominal kecil.. paket trsebut akan diambil sma kurir trsebut.. dn sttus nya akan dinyatakan hilang.. ini udah merata mbak.. kurir shopex kyk gni semua

      • 19 Oktober 2023 - (14:12 WIB)
        Permalink

        Gk di ganti 10 x ongkir gan…ane pernah hilang barang..harga barangnya 38 rb..tpi di ganti Sesuai harga barang ane..klo ikut aturan ganti 10x ongkir.ane harusnya menang banyak..tpi ini gk..aturan msih blm jelas..

    • 17 Oktober 2023 - (16:39 WIB)
      Permalink

      Per hari ini sudah non aktif gratis ongkir di toko saya, untuk shopee xpress nya sendiri sementara masih aktif sampai saat ini, sudah gila ini emang shopee ini

  • 17 Oktober 2023 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Mending berhenti aja jualan di shopee kalau mau bebas pilih ekspedisi. Toh, SPX itu tetap diwajibkan Shopee mau dikomplain gimana pun.

    • 17 Oktober 2023 - (16:40 WIB)
      Permalink

      tentu akan saya lakukan hal itu, setelah kerugian saya diganti oleh duo maling shopee dan shope express ini,SAYA AKAN MENUTUP TOKO SAYA DI SHOPEE

      2
      1
      • 17 Oktober 2023 - (21:26 WIB)
        Permalink

        Syaa mah udah lama cabut dr sopih, mbak, ruwet potongannya sama seenaknya pilih kurir. Kesian konsumen gak bisa milih kurir duluan.

        Kalaupun mau blanja di sopih, minta nomer kontak penjualnya dan lakukan diluar platform.
        Resiko ditipu sih enggak, karena sdh antisipasi dengan record video call 😁. Alhamdulillah aman, seler jg senang ga ada potongan platform.

    • 18 Oktober 2023 - (00:07 WIB)
      Permalink

      Iya pasti ditutup tokonya di shopee, setelah uang saya diganti 185 ribu kekurangan barang hilang

    • 18 Oktober 2023 - (01:19 WIB)
      Permalink

      Bukan “ANDAIKAN”, tapi fakta pengalaman pribadi.
      Di foto2 bukti yang dikirim kurir tidak ada alamat saya, cuma ada koordinat saja. Kalau saya yg salah input alamat, dari puluhan kali belanja di Shopee, kenapa cuma paket2 via SPX yang kirimnya nyasar, sementara JNE, J&T, Sicepat, Anteraja, semuanya sampai di tangan saya.
      Atas laporan2 saya, saya selalu terima email tanggapan dari Shopee tapi isinya kurang lebih menyatakan bahwa berdasarkan bukti foto dari kurir, saya dianggap sudah menerima barangnya, meskipun saya berkali2 menyatakan bahwa foto itu bukan rumah saya. Saya tidak tahu apakah kurir dipotong gaji atau tidak, karena pihak Shopee jelas2 tidak mempercayai saya. Saya baru klik ‘Pesanan diterima’ setelah menerima barangnya (bukan dari kurir Spx) karena kasihan pada Penjual. Saya juga berempati pada kurir yang harus mengantar kesana kemari, tapi kalau barang hilang tetap harus bertanggung jawab, apalagi kalau mahal. Mungkin Bapak perwakilan dari Shopee Express, jadi kalau Bapak tidak percaya, bisa saya kirim bukti2nya ke email Bapak. Buat saya sih sudah tidak penting karena saya tidak akan menggunakan Spx lagi, kecuali kalau tidak sengaja ke klik.

  • 17 Oktober 2023 - (19:55 WIB)
    Permalink

    harus berfikir ulang belanja online.. shopee dah monopoli dan gak jelas kualitasnya… akulaku harga pengiriman gak masuk akal.. pernah beli pengiriman dari jakarta berat 1kg dengan biaya 150 rb an.. mungkin dah zaman gak jelas kali ya..

  • 17 Oktober 2023 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Saran sya.. hindari pengiriman paket mahal atau skala banyak pada periode event sperti event 9.9 ( biasanya seminggu, 3hari sebelum & 3hari sesudah event ) menggunakan Spx . Karena pasti crowded banget. Yg rawan hilang atau produknya rusak. Sya juga ngalami hilang barang yg hanya di ganti senilai ongkir pdhl hrga barang jauh lebih mahal. Belum lagi produk yg kembali krn rusak dlm perjalanan Dan itu terjadi pada saat2 event.
    Mangkanya skrg sya akali pada saat event sya ga mau kirim. Mesti sya molorin dulu biar sampainya juga aman.

  • 17 Oktober 2023 - (22:49 WIB)
    Permalink

    Menempatkan sbgai penjual, sy juga merasakan hal yg sama dan dirugikan. Selain terkadang jam pickup yg TDK menentu dan sering dilewati oleh kurir, kantor drop off nya pun jauh dari jangkauan toko, mending masih JNT tiap wilayah kelurahan pasti ada. SPX kalo “BLM SIAP bersaing jangan buka dan memaksa penjual untuk mengaktifkan Pemilihan kiriman SPX, alangkah baiknya lebih baik pihak Kedua sperti JNT, dll yg notabene nya mmg dibidang profesional logistik. Krn rata2 Karyawan SPX juga kurang kompeten, apa Krn mmg pengirimn yg mmbludak apa mmg SDM nya yg benar benar bobrok.

    • 18 Oktober 2023 - (00:10 WIB)
      Permalink

      betul banget ini, JNT / JNE jam kerja dari jam 08.00 WIB -21.00 WIB hari senin – sabtu, minggu 08.00 WIBB – 18.00 WIB , didukung dengan banyak agen/mitra mereka

      SPX jam 16.00 WIB – 20.00 WIB , dan paket harus di drop di Drop point, tidak bisa di drop di DC , mana tempat drop nya jauh2 banget.ini shopee dan shopee xpress emang sangat biadab dan kurang ajar

  • 20 Oktober 2023 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Alasan:
    3 hari gagal kirim karena melebihi jam operasional. biasanya kalau ada yang kerjaan yang belum beres, besok nya bereskan dulu, baru kerjain yang lain

    Pengiriman gagal karena alamat tujuan tidak sesuai, dan pembeli susah di hubungin…. di cek google map jalan utama dan itu toko

    Fitur Chat, di non aktifkan setelah kita di beri tiket ,

    Cara kalian merengkrut pegawai kek mana?

 Apa Komentar Anda mengenai wajib Shopee Xpress untuk penjual?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Pemaksaan Penggunaan Shopee Xpress Membuat Saya Rugi Saat Paket Hilang…

oleh Novita dibaca dalam: 1 menit
26