Dua Kali Kurir Menghilangkan Pesanan Saya, Pihak Shopee Tidak Mau Bertanggung Jawab

Pada bulan November ini, ada 2 transaksi di platform Shopee yang bermasalah, karena menggunakan kurir SPX yakni jasa kirim dari Shopee. Pilihan kurir ini adalah pilihan otomatis, karena saat di halaman pembayaran tidak ada opsi untuk memilih kurir lain. Transaksi pertama, saya membeli 2 item dari toko A dan transaksi kedua 1 item dari toko B.

Pada tanggal 17 November 2023, paket dari toko A sampai ke rumah saya, tetapi kondisi bungkus paket sudah rusak.

Bisa dilihat di foto ada lubang sangat besar, seperti disobek paksa. Saya sudah curiga dan segera melakukan video unboxing. Benar dugaan saya, paket yang saya terima tidak lengkap. Barang saya yang bernama “Scarf Syal Silk Satin” tidak ditemukan dalam bungkusan paket tersebut.

Lalu transaksi kedua saya dari toko B. Sudah dari tanggal 14 November 2023, posisi paket tidak bergerak dari 1 titik pos SPX. Saya sudah menanyakan ke CS Shopee dan mencoba untuk menelepon kurir SPX. Tanggapan mereka hanya sekedar “diteruskan ke tim terkait” tanpa ada kabar lagi pada tanggal 18, 19 ,20 November 2023.

Pada tanggal 20 November 2023, pesanan saya tiba-tiba dibatalkan sepihak oleh Shopee dan paket saya dinyatakan hilang. Padahal paket tersebut sangat URGENT dan saya butuh pakai dengan segera.

Ada voucher yang saya gunakan pada masing-masing transaksi tersebut, yang saya beli dari platform lain. Saya membeli 2 voucher masing-masing seharga Rp50.000. Saat pengembalian dana, Shopee dengan seenaknya memotong pengembalian dana hanya sebesar selisih saldo ShopeePay yang saya keluarkan. Padahal saya membeli voucher tersebut sebesar Rp100.000 dan platform yang menyediakan voucher tersebut pastinya akan reimburse ke Shopee ketika voucher tersebut dipakai.

Saya sebagai pembeli merasa sangat dirugikan karena hilangnya paket tersebut bukan karena kesalahan pembeli, melainkan jasa kurir Shopee Express yang tidak bekerja secara professional. Saya sudah rugi  habis banyak waktu untuk komplain dan menunggu barang tersebut. Saya ingin harga barang yang hilang tersebut sepenuhnya di-refund ke ShopeePay saya. Karena tidak fair saya harus menanggung kesalahan yang disebabkan oleh jasa pengiriman Shopee

Saya harap ada itikad baik dari pihak Shopee untuk menyelesaikan masalah ini. Terima kasih.

Diah Ayu
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Dua Kali Kurir Menghilangkan Pesanan Saya, Pihak Shopee Tidak Mau Bertanggung Jawab

  • 22 November 2023 - (08:15 WIB)
    Permalink

    maksud vcr digital blanja Sope yg dijual online itukah ?
    kalo tdk direfund vcr parah mungkin tdk ada yg mau beli lagi

  • 22 November 2023 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Ya ampun…. knp setiap hari selalu ada saja masalah dg blnja online..si oren, si biru,dll…. sepertinya perlu pembenahan lagi

    1
    1
  • 19 Maret 2024 - (08:32 WIB)
    Permalink

    MODEL SISTEM CARA KERJA SHOPEE TIDAK ADA FUNGSI PENGAWASAN KONTROL KOREKSI MONITORING DAN EVALUASINYA SEHINGGA UNTUK PROSES SISTEM ALUR PENGIRIMANNYA SELALU SAJA BERMASALAH.

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Dua Kali Kurir Menghilangkan Pesanan Saya, Pihak Shopee Tidak Mau Bert…

oleh dhyu20182 dibaca dalam: 1 menit
8