Tokopedia Pro Pembeli Nakal, Penjual Diminta Pilih Rugi atau Dapat Penalti

Saya seller di Tokopedia, dengan akun: irfanjt. Saya mendapatkan pesanan dari buyer nakal, yang memesan barang via catatan, tidak sesuai varian yang dipilih (varian yang dipilih harga murah, tapi dikasih catatan minta yang mahal). Jika saya kirim sesuai catatan, saya jelas rugi. Jika saya kirim sesuai varian, nanti buyer akan pengajuan retur. Jelas seller rugi biaya packing dan paket retur akan sangat beresiko rusak. Saya chat buyer, tidak pernah dibalas walaupun sering online.

Akhirnya saya putuskan untuk menghubungi CS Tokopedia. Lalu saya diarahkan untuk menolak pesanan dan katanya itu tidak akan mempengaruhi performa dan skor toko saya, kata si CS Tokopedia. Akhirnya setiap ada pesanan buyer nakal seperti itu, selalu saya tolak. Bahkan ada yang setelah saya tolak, si buyer order lagi dengan pesanan yang sama. Sudah berbulan-bulan jalan seperti itu.

Alangkah terkejutnya saya, ketika tiba-tiba RM Tokopedia memberi tahu saya bahwa skor toko saya turun dikarenakan sering menolak pesanan. Tentu saya kaget. Ketika saya sampaikan apa yang diinformasikan pihak CS Tokopedia, pihak RM bilang itu tidak benar, karena setiap seller menolak pesanan skor toko saya turun.

Kemudian terjadi lagi ada buyer nakal, saya hubungi CS Tokopedia dan jawabannya tetap disuruh menolak pesanan. Ketika saya tunjukkan bukti chat RM dan skor toko saya yang turun selalu tidak ditanggapi dan cuma me-reply dengan kata-kata sebelumnya untuk menolak pesanan.

Yangg terbaru, saat saya buat artikel ini, saya mendapat notifikasi bahwa toko saya mendapatkan penalti. Kenapa pihak Tokopedia selalu melindungi dan mem-backup buyer yang nakal? Bahkan ketika CS pun tahu itu pesanan tidak sesuai ketentuan, kenapa pihak Tokopedia tidak mau membatalkan pesanan tersebut?

Yudi Ekasari
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Tokopedia:
[Total:30    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “Tokopedia Pro Pembeli Nakal, Penjual Diminta Pilih Rugi atau Dapat Penalti

  • 7 Desember 2023 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Pengalaman teman saya seller, barang tetap dikirim sesuai varian yang dipilih. Pembeli mengajukan retur ditolak dan selalu menang karena sudah dikirim sesuai deskripsi.

    21
    1
    • 8 Desember 2023 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Dulu saya batalin order Karna lama ga direspon saya butuh barang itu dikirim ..ga direspon pihak toko online ..saya klik batal ..toko online y marah kenapa dibatalin ??? Saya bilang ga ada respon pas nanya kapan dikirim dan status di apk masih proses trus belum disetujui pihak penjual ..ga lama selang satu hari setelah saya kensel odreran y..paket cod datang tiap hari kerumah saya mengatasnamakan nama saya dan no hp saya di teror ditelpon .mau lapor ke pihak market place y..saya tidak punya bukti .jahat y penjual online data dan alamat kita disebar buat pesan paket cod

  • 7 Desember 2023 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Seller cukup kirim barang sesuai varian. Catatan sifatnya memperjelas detail pesanan. Jika ada keterangan dalam catatan yang bertentangan dengan varian dipilih, maka pilihan varian jauh lebih kuat bobotnya ketika ada komplain. Jangan langsung telan bulat-bulat rekomendasi CS, mereka tak ubahnya seperti sales obat segala penyakit yang penuh inisiatif liar tapi kurang literasi.

    8
    1
  • 7 Desember 2023 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Di chat buyernya barang akan dikirim sesuai pesanan, catatan tidak sesuai pesanan akan diabaikan, Retur dan komplain tidak akan ditanggapi. Jika ditanggapi ya jelaskan, jika tidak ya kirim sesuai pesanan.

    2
    1
    • 7 Desember 2023 - (17:19 WIB)
      Permalink

      Iya, jelaslah skor akan menurun jika sering tolak pesanan.

      Kenapa tidak dikirim sesuai varian yang dipilih customer?

      Kalau sering terjadi, kenapa tetap menggunakan varian yang memiliki perbedaan harga, mending diubah variannya.

  • 7 Desember 2023 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Saran saya kalau membuat produk dengan varian yang harganya berbeda cukup jauh satu sama lain dan jaga2 terjadi transaksi buyer dengan catatan… lebih baik sekalian dibuat produk baru saja, tidak perlu varian. Perbedaan varian misal warna atau spesifikasi lain cukup dicantumkan di judul dan deskripsi.

    3
    1
  • 7 Desember 2023 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Lah kok pusing pusing? Tinggal kirim aja, kalo minta retur/komplain tinggal tolak aja, perjelas aja deskripsi, foto produk, foto varian produk, dan ketentuan toko, seperti order sesuai varian, bukan catatan, kalo dikomplain pembeli minta retur ya tolak, udah gitu aja, tokopedia jg bakal menangin seller, kan kita dah kirim sesuai sama varian dan deskripsi yg dipilih pembeli, jgn lupa matiin cod.

  • 7 Desember 2023 - (17:20 WIB)
    Permalink

    Iya, jelaslah skor akan menurun jika sering tolak pesanan.

    Kenapa tidak dikirim sesuai varian yang dipilih customer?

    Kalau sering terjadi, kenapa tetap menggunakan varian yang memiliki perbedaan harga, mending diubah variannya.

    • 8 Desember 2023 - (03:00 WIB)
      Permalink

      Mungkin si seller numpang varian mahal ke varian yang murah yang traffic nya lagi naik. ๐Ÿ˜‰

  • 7 Desember 2023 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Kirim sesuai pesanan dan varian yang dipilih. Tapi tiap packing anda wajib harus punya dokumentasi video. Gak usah kuatir, kalau memang buyer itu komplain via pusat resolusi tidak akan dikabulkan oleh toko ijo selama anda kirim sesuai pesanan dan punya bukti video (jaga2 kalo diminta). Agak repot memang cuma daripada skor toko turun drpd orderan anyep krn pasti toko anda gak akan masuk top list. Salam

  • 8 Desember 2023 - (00:17 WIB)
    Permalink

    Buat produk lagi untuk untuk setiap varian yg murah dan yg mahal jangan digabung
    Tulis deskripsi yg jelas
    Klu ada pelanggan komplen karena catatan aneh aneh ya tolak lah
    Usahakan jangan acc retur yg gratis ongkir karena anda akan rugi bayar ongkirnya dibebankan full ke seller

  • 8 Desember 2023 - (02:42 WIB)
    Permalink

    Geli saya bacanya. Seller newbie!
    Saran. Kalau gag bisa bikin varian. Mending dipisah bikin produk lain aja lebih aman.
    Inikan seller cuma mau ikutan trend jebakan harga tipu2. Harga murah ternyata beda produk ๐Ÿ˜…
    Belajar lagi ya!
    Nb: cs gag semua paham, lebih banyak yang subjektif ya.

    3
    1
    • 8 Desember 2023 - (02:58 WIB)
      Permalink

      Benar. Seller newbie dianya. Sama tokopedia aja chatnya gak ada etika berkomunikasi yang baik. Hahaha.

      • 8 Desember 2023 - (05:35 WIB)
        Permalink

        Iya bener klo kirim sesuai varian order, buyer nakal komplain ga sesuai catatan bakalan di tolak CS.
        Supaya ga bingung, mending hapus aja etalase produk yg pakai varian
        Mending 1 produk di etalase untuk 1 jenis barang.
        Klo varian ada merah, kuning, biru, hijau, putih ya dibikin 5 produk dengan 5 harga yang beda beda juga sesuai produk
        Emg jd lebih repot, tapi seller ny kan lebih “aman” dari komplain buyer nakal, karena seller masih newbie๐Ÿ˜‚

  • 8 Desember 2023 - (02:56 WIB)
    Permalink

    Dasar seller ini saja kurang paham jualan di tokopedia. Saya seller di tokopedia. Jika pesanan baru masuk bisa di batalkan oleh seller sebelum terima pesanan tanpa mempengaruhi skor peforma toko atau kena pinalty. Yang kena pinalty dan skor peforma turun itu apabila pesanan baru masuk diterima, dan di abaikan tanpa respon ” terima pesanan” atau di tolak pesanan. Jika pesanan diterima kemudian batalkan pesanan juga itu kena pinalty toko. Udah berapa lama jualan gan? Kecuali shopee ya yang kena pinalty Jika pesanan baru masuk dibatalkan oleh seller.

    • 11 Februari 2024 - (21:56 WIB)
      Permalink

      Sejak desember taon lalu aturannya beda. 3x tolak orderan walau belum diterima, akan kena penalti akumulasi.

  • 8 Desember 2023 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Bukan maksud utk provokasi tapi makin kesini Tokped makin kacau dri rule juga gak jelas, seperti baru baru ini order laptop tapi laptop gak nyampe, ini dikirim via expedisi rekomendasi Tokped padahal, pas di klaim eeeehh susahnya minta ampun, saya ty cs mslah estimasi pengembalian dana saya gak bisa dijawab, expedisi (ID EXPRESS) yg bermasalah belum juga menyerahkan kelengkapan BAP nya padahal sy rasa waktu utk melengkapi berkas tsb sudah cukup, yaa saya sbg seller berhak meminta hak saya… Hingga skg msh menunggu info terbaru Resolusi, mohon diperhatikan Tokped hal trsbt, tidak menutup kemungkinan hal yg diluar dugaan dpt trjd pada Marketplace ini, yg menyepelekan hal yg sepele krn bisa fatal akibatnya…. Estimasi waktu harus Jelas biar pihak yg dirugikan tidak kecewa… Makasih

  • 8 Desember 2023 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Halah… Lu gk mau rugi packing, rugi waktu klo barang di retur… Jangan bikin pembeli rugi waktu rugi kuota buat klik barang lu Yg beda varian… Halaman utama produk mahal, harga yg nongol harga murah… Pas di klik ada varian mahal murah.. Seller sialan yg kek gini.. Jualan 1 barang 1 harga aja. ..
    Varian yg bener dlm jualan itu cuma sebatas size, warna…

    2
    2
  • 8 Desember 2023 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Tokopedia sudah admin nya gak mau kerja bener.
    Gaji juga gak beda.
    Sy belanja di official store Kapal Api, biskuit yg tidak layak di jual flashsale, sy komplain malah akun jadi tidak bisa menggunakan vocer lagi.
    Gak heran saham nya ambles.

  • 8 Desember 2023 - (22:33 WIB)
    Permalink

    SELLER BARU MASIH BAPER WKWKWK….
    KIRIM AJA SESUAI YG DI PILIH VARIAN NYA.JGN LUPA VIDIOKAN .NGGA APA2 REPOT DIKIT.FOTO PAKET.BUAT JAGA2 KALO KOMPLAIN ….CATATAN MAH CUEKIN AJA.KITA JUALAN SESUAIKAN YG DI JUALA AJA.KALO MAU MILIH ANEH2 YA KEPASAR/DLL

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Tokopedia?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Pro Pembeli Nakal, Penjual Diminta Pilih Rugi atau Dapat Penโ€ฆ

oleh Yudi Ekasari dibaca dalam: 1 menit
28