3 Paket Hilang dalam Sebulan, Dana Penggantian Tidak Transparan

Saya selaku penjual di marketplace Shopee, dengan nama toko GROCERY HALL. Saya merasa dirugikan oleh pihak JNE, karena adanya ketidaksesuaian penggantian harga barang hilang. Saya melakukan pengiriman reguler dengan JNE JTR setiap harinya.

Pada bulan Desember 2023 ini, ada 3 barang yang dinyatakan hilang, tetapi dana penggantiannya tidak sesuai dengan harga barang. Saat ditanyakan ke pihak customer service JNE, mereka berkelit dan menyuru saya untuk menanyakan ke pihak marketplace.

Berikut 3 paket yang dinyatakan hilang oleh JNE, yang mana salah satunya diinfokan oleh pembeli barang sampai. Namun tetap penjual dirugikan, karena pihak JNE seenaknya menyatakan barang hilang, lalu mengganti dana barang tidak sesuai dengan harga barang (ketentuan yang dijanjikan JNE), yaitu 10x ongkos kirim).

Ketiga paket ini dinyatakan hilang oleh JNE, setelah beberapa hari tidak jalan di warehouse terakhir. Saat saya cek, dana penggantian yang diganti tidak seusai dengan total harga barang:

Yang mana ini tidak sesuai dengan ketentuan JNE, jika barang yang tidak diasuransikan seharusnya diganti 10x lipat biaya pengiriman. Karena saat saya cek ketiga paket tersebut, biaya pengirimannya jika dikali 10x, seharusnya lebih dari harga barang. Namun kenyataannya dana yang diganti tidak sesuai dengan yang ada di web.

Berikut rincian nomor resi, dana penggantian, harga barang yang saya kirim dan ongkos kirim yang ada di web JNE.

Dengan ini saya harap pihak JNE dapat bertanggung jawab dengan sisa kerugian yang saya alami. Saya sebagai pengguna jasa pengiriman JNE dari tahun 2013 merasa sangat amat kecewa dengan kejadian ini. Hilangnya 3 paket dalam 1 bulan, yang mana menandakan handling paket yang sangat amat tidak baik. Dalam 1 hari paling saya hanya kirim paket JTR itu belasan, bayangkan bisa hilang 3 dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan! Penggantian dana barang hilang kepada penjual, tidak sesuai dengan jaminan penggantian 10x ongkos kirim. Nyatanya penjual dirugikan besar karena ulah JNE.

Shanty Dharmawan
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “3 Paket Hilang dalam Sebulan, Dana Penggantian Tidak Transparan

    • 30 Desember 2023 - (16:39 WIB)
      Permalink

      Iya saya tau itu maksimal, jadi kalau harga barang masih dibawah itu akan diganti full. Sekarang ongkirnya 45rb, maksimal penggantian berarti 450rb. Harga barang saya 200rb sekian tapi cuma diganti 180. Bagaimana bisa? Masih dibawah 45prb seharusnya diganti sesuai harga barang

      • 2 Januari 2024 - (11:10 WIB)
        Permalink

        Perjuangkan kak, itu Hak Kita sebagai seller

        Kalau barang Hilang karena pihak ekspedisi, mereka wajib ganti rugi 100% sesuai harga barang yang kita jual di iklan.

        Terlepas pembeli sudah terima dalam keadaan baik atau tidak. Yang namanya barang hilang di perjalanan wajib diganti 100% sesuai harga barang. Mau pakai asuransi atau tidak.

        Kewajiban seller ke pembeli sudah dipenuhi dengan mengirimkan pesanan. Namun jika ada kelalaian di pihak ekspedisi apalagi sampai hilang. Mereka wajib ganti rugi ke seller 100% sesuai dengan harga barang. Kecuali barang rusak di jalan. Rusak dan Hilang kan beda kasus. Ga perlu asuransi juga kalau barang Hilang. Yg hilangin barangnya kan bukan seller. Kenapa harus seller yg tanggung jawab.

  • 30 Desember 2023 - (17:01 WIB)
    Permalink

    JNE memang sekarang sangat mengecewakan. Apalagi JNE Trucking nya. Terakhir saya sampai banting telpon waktu telpon ke CSnya. Sekarang saya selalu sebisa mungkin ga pakai JNE.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

3 Paket Hilang dalam Sebulan, Dana Penggantian Tidak Transparan

oleh Shanty dibaca dalam: 1 menit
7