Kecewa Membeli AC Panasonic di Official Store Shopee

Pada tanggal 26 Desember 2023, saya membeli AC Panasonic Deluxe Low Watt Tipe CS XN9WKJ di Panasonic Official Store Shopee, dengan nomor order: 2312266JM36W6T. Saya membeli di toko official, agar lebih aman dan terpercaya.

Produk tiba di rumah pada tanggal 30 Desember 2023 dan langsung saya video unboxing. Ternyata ada bagian retak pada casing indoor. Saya langsung chat seller. Seller info hanya bisa refund, tidak bisa tukar unit. Padahal sebelumnya saya kalau beli AC di toko non official bisa ditukar unit baru semisal ada defect. Ini di official store malah ribet mesti refund. Ngirim balik AC memang mudah? Lama dan memakan waktu.

Akhirnya saya memutuskan tanya ke Panasonic call center dan dibuatkan laporan agar bisa klaim part yang rusak. Setelah teknisi datang dan cek, bilangnya bisa diklaim part yang rusak.

Ternyata besoknya saya diinfokan bahwa klaim ditolak dan harus membayar part kalau mau klaim garansi. Saya disarankan untuk tukar unit baru ke seller, sementara seller tidak bisa tukar unit. Payah ini Panasonic, pelayanannya bikin kapok dan memakan waktu.

Dwen Rinaldy
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kecewa Membeli AC Panasonic di Official Store”

Jakarta, 15 Januari 2024 Yth. Redaktur Media Konsumen Di Jakarta Hal : Tanggapan di Rubrik Suara Pembaca berjudul “Kecewa Membeli...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Kecewa Membeli AC Panasonic di Official Store Shopee

    • 5 Januari 2024 - (12:53 WIB)
      Permalink

      Betul, harus kirim dulu. Nunggu dll. Mending ditukar unit baru. Ini syarat dan ketentuan nya tidak bisa tukar unit dan harus refund. Sementara Pihak Panasonic menyuruh saya untuk tukar unit ke Seller. Bingung kan.

    • 7 Januari 2024 - (09:15 WIB)
      Permalink

      Ini brad panasonic, apa palaloe panik wkwkwk official msti sllh pasti di lindungi apa lgi di Shopee

      • 7 Januari 2024 - (09:29 WIB)
        Permalink

        Respon Panasonic dan Shopee sejauh ini setelah Masuk MK sangat baik. Semoga aja bener seller tanggung jawab mau refund kek, tuker barang yang rusak kek yang penting proses smooth dan tidak bertele2 dan merepotkan buyer.

      • 5 Januari 2024 - (14:11 WIB)
        Permalink

        Kalau refund rugi waktu, cashback dll dong. Masih mending kalau bisa di order ulang, ini stok dengan tipe yang sama kosong pula.

  • 5 Januari 2024 - (14:27 WIB)
    Permalink

    iya, kadang belanja online jadi susah ya, karena sellernya bikin ribet, klo belanja di toko bisa langsung komplain ke toko, klo dapat barang yg kayak gini bikin rugi pembeli, jadi buang waktu dan uang untuk ongkir dll. apalagi masalah saya yang sepele, sellernya malah mau bikin saya gak bisa memberi penilaian terhadap mereka. aneh dan ribet jadinya belanja online ini.

    https://mediakonsumen.com/2024/01/05/surat-pembaca/brecht-id-penjual-di-tokopedia-tidak-bertanggung-jawab-atas-kekurangan-barang

    • 5 Januari 2024 - (14:44 WIB)
      Permalink

      Saya malah baru kali ini belanja online tidak bisa ditukar unit. Sebelum2 nya kalau ada masalah dan bukti lengkap pihak seller gercep mengirimkan barang baru setelah saya kirim barang yang cacatnya ke mereka. Pelajaran sih kalau barang yang mudah rusak apalagi big product lebih enak Offline jadi ga ribet.

      1
      2
    • 6 Januari 2024 - (07:21 WIB)
      Permalink

      Lha udah syukur tinggal ganti duit. Mau ngapa sih bertahan demi cb ratusan ribu barangnya cuaks. Mending ganti uang, ntar bisa beli lagi. Namanya diskon ntar nongol lagi kok. Ngapain keukeuh2an. Saya pernah beli barang elektronik salah kirim, saya ganti minta duit bukan barang, lha emang rejeki gak kemana, dapat harga lebih murah. Bang masalah itu klo udah rusak, udah gak bisa klaim, gak bisa ganti barang, gak bisa ganti duit. Baru itu masalah. Aneh abang mah.

      • 6 Januari 2024 - (07:46 WIB)
        Permalink

        Makanya liat dulu review2 toko tersebut. Banyak kasus seperti saya terjadi. Barang cacat dan harus refund. Jika setuju refund terus dipersulit harus bukti ini itu terus nunggu claim dana cair dari pihak pengiriman yang lama. Padahal belum tentu pihak pengiriman yang salah.
        Berujung banyak yang akhirnya terima aja barang cacat. Makanya harus di laporkan seller model begitu biar orang tahu kronologisnya. Jangan ngatain orang aneh aja. Wajar dong kita bayar barang jutaan rupiah mau dapat barang yang baru dan mulus. Diskon juga paling ga sampe 400rb.

        1
        2
  • 5 Januari 2024 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Akhirnya Seller info mau ganti unit yang rusak. Tapi saat ini unit saya bener stok nya kosong. Nasib deh jadinya.

    1
    3
  • 5 Januari 2024 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Retur refund aja, trus ganti beli AC Gree, sebisa mgkn jgn yg low watt. Saya pake 1PK inverter nya puas. Layanan purna jual ok utk wilayah Jakarta, krn sudah 1x ganti baru evaporator stlh pemakaian hampir 3 tahun (kurang 2 bulan), tergolong sangat tahan banting krn pemakaian saya nonstop 24/7 sepanjang tahun (mati saat pemadaman PLN aja atau jika keluar rumah lebih dr 1 jam). Garansi sparepart dan servis nya 5 tahun, kompressor 10 tahun. Sedangkan Panasonic, Daikin, dll hanya sparepart + servis 1 tahun, kompressor 3 tahun. Dan pengalaman pake Daikin sblm ganti ke gree, 1 tahunan sudah jebol. Kompressor Daikin juga pernah jebol sblm 3 tahun.

    • 5 Januari 2024 - (18:42 WIB)
      Permalink

      Baik mas terima kasih sarannya. Kebetulan dirumah sudah ada Gree Standar 1 PK dan Panasonic Low Watt XN9TKJ. Sama2 beli di 2019 nah ternyata yang lebih bandel si Panasonic Low watt belum pernah rusak selama 5 tahun, Gree sudah rusak 1 kali thermistornya di Tahun ke 3. Tapi memang benar sih Gree lebih dingin dan senyap di Banding Panasonic saya yang agak berisik Indoornya. Oke nanti misalnya di Refund akan saya coba beli Gree Inverter deh hehe.

      • 5 Januari 2024 - (19:05 WIB)
        Permalink

        Jujur waktu awal mau beralih dr Daikin yg rusak (ganti sparepart stlh 1 tahun lebih sama aja beli baru, nambah dikit lg) ke Gree, banyak pertimbangan krn merek kurang familiar. Tapi krn udah capek boros beli AC tiap brp taon, ya udah sy gambling deh, demi garansi nya yg panjang. Ngga kebayang kalo wkt itu beli merek Daikin lg atau yg laen, sblm tutup taon 2023 kmrn dah keluar kocek lg beli ac baru deh. Tapi selamat krn diganti baru Gree sparepart nya tanpa perlu bayar sepeserpun. Lokasi sy deket laut (banget), komponen ac cepat keropos krn faktor hawa di sekitar.

        1
        2
      • 6 Januari 2024 - (11:54 WIB)
        Permalink

        Kalau yg rusak thermistor mah kerusakan minor/biasa. Memang kelemahan gree itu termistor 3 tahun pasti rusak. Tapi partnya murah cuma 30rb ganti sendiri jg gampang. Tapi garansi 5 tahun tuh bener2 worth it apalagi kompresor brani 10thn

    • 6 Januari 2024 - (07:50 WIB)
      Permalink

      Nah ini. Kapok saya jadinya kalau beli online yang tidak ada toko fisiknya. Sekarang seller kebanyakan kirim barang cepet tanpa packing yang bagus. Giliran ada rusak yang disalahin pengiriman. Mereka tetep cuan yang rugi waktu dll ya buyer.

  • 6 Januari 2024 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Ini saya lihat kok kalau surat pembaca yang membawa nama Shopee kolom komentarnya paling ramai ya? Hahaha makin asik ya shopee untuk dijauhin.

    1
    1
  • 6 Januari 2024 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Biasakan kalo belnja eletronik kalo gk ada kurir tokonya sendiri.. pakai yg bisa instan/ojek,
    Hampir ssmua eletronik saya belinya di shopee jg.. aman
    Beli tv tcl pernah di official gk bisa instan.. tp jaminanya ya bgitu cmn refund full tanpa kembali barng, jika ada kerusakan,
    Ahirnya berani tp syukur barng sampai tanpa cacat atau rusak
    Belinya di live tiktok,

    1
    3
  • 8 Januari 2024 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Hari ini Pihak Panasonic telah mengirim part pengganti yang retak ke rumah saya. Karena memang stok lagi kosong dan part yang retak kebetulan ada. Jadi ya selesai masalah nya. Good Job Team Sales Panasonic Shopee. Sudah sangat bertanggung jawab.

 Apa Komentar Anda mengenai Official store Panasonic?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Kecewa Membeli AC Panasonic di Official Store Shopee

oleh Dwen Rinaldy dibaca dalam: 1 menit
24