Masuk Bulan Ketiga, Keluhan Refund Tidak Diselesaikan Tokopedia

Melalui surat pembaca ini, saya ucapkan terima kasih kepada tim Media Konsumen yang telah menayangkan keluhan saya kepada Tokopedia. Awal keluhan, saya ajukan ke Tokopedia per tanggal 12 November 2023. Keluhan bisa diajukan, setelah menunggu batas waktu yang ditentukan oleh Tokopedia. Dikarenakan paket yang saya beli tidak diterima, dengan nomor invoice: INV/20231106/MPL/3549064638.

Dari pihak pembeli dan penjual sudah memberikan keterangan dan bukti yang dibutuhkan. Namun pihak ekspedisi, pihak asuransi dan Tokopedia Care, tidak serius dalam menyelesaikan keluhan/hak konsumen, dengan proses yang berlarut-larut. Sampai masuk bulan ketiga, keluhan masih belum diselesaikan.

Singkat cerita, setelah melalui diskusi yang sangat panjang (2 bulan 3 hari), pada tanggal 15 Januari 2024 dinyatakan akan diproses pengembalian dana ke Pembeli dan Penjual, sedangkan status keluhan langsung ditutup.

Per tanggal 17 Januari 2024, saya mempertanyakan kenapa dana yang dikembalikan belum masuk. Namun diinfokan “Pengembalian dana *** per tanggal 15 Jan 2024 berhasil diproses.”, seperti gambar berikut:

Saat saya meminta capture bukti pengembalian dana ke Tokopedia Care pada tanggal 17 Januari 2024, diinfokan “Proses refund gagal”. Lantas, jika gagal proses kenapa status keluhan ditutup?

Tokopedia Care tidak bisa menjawab dan memberikan capture bukti jika proses refund berhasil. Termasuk saat saya meminta capture bukti, yang menginfokan dari partner sudah melakukan pengembalian dana per tanggal 18 Januari 2024. Sampai hari ini capture bukti tidak diberikan dengan berbagai alasan.

Saya serius bertanya:

  1. Kenapa keluhan belum selesai kok ditutup?
  2. Kenapa penyelesaian keluhannya berlarut-larut, sudah masuk bulan ketiga belum beres?
  3. Kenapa bukti capture yang diminta pembeli tidak diberikan?
  4. Kenapa harus dari pembeli yang proaktif menanyakan progress sejak keluhan diajukan sampai sekarang? Kalau gak ditanya, gak ada sama sekali update-nya. Bahkan pembeli tanya apa, dijawab apa (template aja).
  5. Kenapa sampai sekarang hak pembeli/konsumen tidak dikembalikan? Apakah karena nominalnya menurut Tokopedia kecil? Lantas bagaimana jika terjadi ke banyak konsumen yang lain?

Terima kasih.

Sanjaya
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Masuk Bulan Ketiga, Keluhan Refund Tidak Diselesaikan Tokopedia

  • 1 Februari 2024 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Halo mas, apakah kasus ini sudah selesai dengan pengembalian dananya?
    Saya juga mengalami hal yang sama, jawaban berbelit-belit. Jika sudah dikembalikan, dalam bentuk limit atau bisa ditarik ke bank nominalnya?

    Kasus saya beli barang menggunakan paylater, tapi barang tidak saya terima dan saya harus bayar hutang paylater tsb beserta dendanya.

    • 1 April 2024 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Maaf br sempat respon, semoga keluhan anda sdh diselesaikan. Utk keluhan sy sdh selesai tp mmg hrs hard complaint/publikasi ke media br Toped ad usaha buat komunikasi ke plg, intinya mekanisme refundnya ribet, anomaly dr selisih dana kita akan direfund dgn cara mengurangi jumlah tagihan gopaylater yg lain secara random (jika ada) suka2 toped mau kurangi tagihan/cicilan yg mana (memang kacau) demikian infonya

  • 1 Februari 2024 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Waduh, refund tokopedia bermasalah semua… Kacau dah sejak marged sama tiktok jadi amburadul. Dulu sebelum november ga ada kendala kaya gini
    @tokopedia

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Masuk Bulan Ketiga, Keluhan Refund Tidak Diselesaikan Tokopedia

oleh Sanjaya20 dibaca dalam: 1 menit
3