Tokopedia Tidak Kunjung Memberikan Dana Refund, Padahal Asuransi Sudah Meneruskan Dana Refund ke Tokopedia

Pada tanggal 20 Desember 2023, saya memesan barang di Tokopedia dengan nomor invoice: INV/20231220/MPL/3635127514, sejumlah Rp8.099.000.

Setelah proses klaim asuransi Tokopedia yang berbelit-belit, pada tanggal 30 Januari 2024, saya mendapat informasi bahwa asuransi sudah menyetujui klaim. Sehingga penjual akan menerima pengembalian dana secara langsung, dan pembeli akan menerima pengembalian dana dari pihak asuransi dengan batas waktu maksimal 1 Februari 2024.

Namun per tanggal 12 Februari 2024, pengembalian dana untuk pihak pembeli tidak kunjung diterima. Saat ditanyakan ke Customer Service, mereka tetap memberikan jawaban “Saat ini Kami masih berkoordinasi dengan pihak Asuransi untuk klaimnya ya. Mohon menunggu terlebih dahulu Kak”.

Karena saya penasaran dengan status klaim saya, akhirnya saya mencoba menghubungi pihak Asuransi Tokio Marine melalui sambungan telepon. Saat terhubung ke CS Tokio Marine dan menjelaskan kendala saya, mereka sampaikan kalau proses klaim saya sudah di approve sejak 30 Januari 2024 dan otomatis dana refund saya diteruskan ke Tokopedia.

Berikut link rekaman percakapan saya dengan CS Asuransi Tokio Marine:

https://drive.google.com/file/d/10vp8HUXNzU70O395Q06CxZWlBulhaGXU/view?usp=drivesdk

Tapi kenapa sampai saat ini Tokopedia belum juga mengembalikan dana saya? Ketika ditanya, Tokopedia selalu memberikan jawaban seolah-olah pihak Asuransi belum mengembalikan dananya ke Tokopedia.

Saya juga tidak 1 atau 2x menghubungi pihak Asuransi, saya bahkan 4/5x menghubungi pihak Asuransi dan mereka tetap memberikan jawaban yg sama. Bahwa klaim saya sudah disetujui dan dana sudah diteruskan ke Tokopedia.

Saya juga beberapa kali meminta Tokopedia untuk menghubungi saya melalui sambungan telepon, agar saya bisa sambungkan ke pihak Tokio Marine dan kami berbincang bertiga (Pembeli-Tokopedia-Asuransi) tapi Tokopedia tidak menggubris dan hanya bisa memberikan jawaban template mereka.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan customer service dan sistem pengembalian dana Tokopedia. Kami berharap dengan komplain ini, pengembalian dana kepada pihak pembeli bisa segera diproses.

Komalasari
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Tokopedia Tidak Kunjung Memberikan Dana Refund, Padahal Asuransi Sudah Meneruskan Dana Refund ke Tokopedia

  • 13 Februari 2024 - (21:59 WIB)
    Permalink

    Ini tokopedia bisa dituntut dengan ancaman penggelapan dana. Waduh semenjak William hengkang dr manajemen tokped jadi berantakan begini.

    • 14 Februari 2024 - (03:00 WIB)
      Permalink

      Iya kak ini saya sampai bingung harus lapor kemana lagi, saya hampir setiap hari follow up ke CS Tokopedia tapi jawabannya selalu sama dan template

      Suami saya juga beberapa kali sampai harus follow up langsung ke pihak Asuransi, ini Tokopedia hampir 2 minggu koordinasi dengan Asuransi tapi tidak ada progressnya.

      Padahal Asuransi berulang kali sampaikan kalau klaim sudah disetujui dan dana refund sudah diteruskan ke Tokopedia.

      Ini Tokopedia entah kenapa menahan dana konsumen seperti ini.

        • 14 Februari 2024 - (08:29 WIB)
          Permalink

          Tipe kismin kaya lu yang bikin negara ga maju. Menyepelekan masalah colokan karena harga murah seolah2 ga perlu komplain. Pantes aja orang kaya elu melarat mulu.

          • 14 Februari 2024 - (12:15 WIB)
            Permalink

            yah si ebong sewot amat, jatah bansos belom turun apa, wkwkwk

            barang murahan aja bapernya sekecamatan, pan kliatan sapa nyang misqueen yak, wkwkwkwk.

      • 15 Februari 2024 - (02:09 WIB)
        Permalink

        Memang Tokopedia ini kacau banget kak, ternyata banyak yg mengeluhkan hal yg sama di akun sosmed Tokopedia.

        Banyak yg komplain soal dana refund mereka yg belum kembali, bahkan ada yg sampai berbulan-bulan tidak selesai juga.

    • 14 Februari 2024 - (18:08 WIB)
      Permalink

      Hati hati kak follow up terus, banyak kasus setelah begitu tokped yanya bilang akan difollow up unung ujungnya ngasih surat kalo ditolak asuransi dan uang ga bisa kembali

      • 15 Februari 2024 - (02:08 WIB)
        Permalink

        Klaim saya sudah disetujui kak oleh pihak Asuransi makanya proses komplain di Tokopedia sudah ditutup.

        Estimasi maksimal pengembalian dana saya maksimal 1 Februari 2024 tapi sampai sekarang dana refund saya belum kembali juga.

        Saya sudah hubungi pihak Asuransi beberapa kali, mereka sampaikan kalau klaim saya sudah disetujui dan dana refund sudah diteruskan ke Tokopedia.

        Tapi kenapa Tokopedia belum juga mengembalikan dana saya dan setiap tanya CS TokopediaCare jawabannya selalu template bilangnya kalau sedang dalam pengecekan/koordinasi dengan pihak Asuransi.

        Ini entah siapa yg bohong yg pasti saya cuma mau hak saya kembali

        • 15 Februari 2024 - (10:23 WIB)
          Permalink

          Iya saya paham, tapi teman saya sudah disetujui asuransi juga kejadian tahun lalu, sudah 1bulan uang ga kunjung kembali padahal dikomplain Tokopedia sudah selesai tinggal nunggu pengembalian uang, tapi tiba tiba Tokopedia memberitahukan bahwa klaim ditolak asuransi dan memberikan file ditolak asuransi oleh tokiomarine

    • 15 Februari 2024 - (02:11 WIB)
      Permalink

      Memang parah sekali Pak, jawaban CS TokopediaCare sudah seperti BOT. Tidak komunikatif dan solutif, kesannya selalu bersembunyi dibelakang jawaban template.

      Biasanya kalau kita request minta ditelepon Tokopedia bisa, eh ini saya beberapa kali minta telepon tidak mau.

      Makin kesini pelayanan CS Tokopedia makin buruk!!

  • 15 Februari 2024 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Memang parah benar.
    Ini yang buat saya dan keluarga besar saya dan istri serta keluarga Pak Ketua kompleks beneran sudah tobat.

  • 15 Februari 2024 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Sama bro, dana saya juga tidak di kembalikan barangnya pun TIDAK PERNAH DIKIRIM SAMA KURIR/PENJUAL dan tidak ada tgl pengirimam nya loooh, aneh kan. Daaah 3 bln kata bapak TOKOPEDIA dalam pengurusan dokumen dgn kurir. Bayangkan 3 bln ngurusin surat saja, tidak sanggup Tokopedia/kurir. Hanya uang / dana saya lah dipakai utk biaya kelangsungan hidup Tokopedia ( daaah kesel banget saya – sorry yaaa ).
    Tokopedia care / tanya – sama-sama ROBOT atau bos nya juga ROBOT tak punya hati nurani.
    Tokopedia tidak rugi kalau dana saya dikembalikan TETAPI dalihnya TIDAK SESUAI SOP nya , maluuuuuu banget dgn SOP sampahan itu mau cari do it pakai cara murahan. Tks bro numpang curahin kekesalan saya.

    • 15 Februari 2024 - (10:36 WIB)
      Permalink

      Kalau dokumen yg dimaksud BAP dari pihak kurir, Bpk bisa langsung hubungi pihak kurir saja Pak.

      Karena kalau menunggu CS TokopediaCare mereka akan sangat lambat sekali follow up hal tsb ke pihak kurir.

      CS TokopediaCare sering telat dalam berkoordinasi dengan pihak kurir dan Asuransi, tapi kalau kita tanya ke mereka pasti jawabannya sedang dibantu follow up/maksimalkan padahal aslinya tidak.

      CS TokopediaCare itu isinya pembohong semua, kerjanya tidak becus.

      • 15 Februari 2024 - (14:47 WIB)
        Permalink

        Sorry bro. justru itu saya tidak tahu kurirnya, penjual minta saya investigasi kurir ke TOKOPEDIA. Penjual nya kelihatan santaaai saja – tidak merasakan kehilangan barangnya.
        Tanggal Pengiriman dari kurir TIDAK PERNAH muncul di Invoice nya, saya komplaim ke TOKOPEDIA ( 4 hari kemudian ) untuk batalkan pembelian – tapi muncul “pengajuan minta Tokopedia InvestigasiPengiriman” karena 3 jam, sebelumnya saya sudah chatting ke penjual mau komplaim karena estimasi waktu pengirimannya daaah lewat.
        Aneh – saya yang minta batal pembelian tapi justru saya di kasih kerjaan utk investigasi kurir ke Tokopedia – INI DILUAR NALAR bagi PEMBELI nya.
        Toko “Berkebun” tolong doong bantuin saya sebagai pembelinya = Rp 370.000 lumayan looh buat saya yang sudah pensiun dan yang “makan dari tabungan doang”.
        no INV 20231030/MPL/3535982080 – ada kode TKP01-N1NHR407 ini list saya dapat dari toko BERKEBUN, chatting dari penjual ini, kemudian DIHAPUS – daah hilang dari Chatting dgn penjual ( toko BERKEBUN ).
        Atau mungkin dari teman-teman sependeritan / yg baik hati bisa bantuin solusi, terima
        kasih.

  • 15 Februari 2024 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Hari ini Kamis, 15 Februari 2024.
    Saya dihubungi pihak Asuransi Tokio Marine, mereka sampaikan kembali kalau proses klaim saya sudah selesai sejak 30 Januari 2024 lalu, mereka juga heran kenapa dana refund saya belum kembali.

    Asuransi sudah beberapa bantu follow up ke Tokopedia, terkahir 13 Februari 2024 lalu tapi Tokopedia tidak merespon email dari pihak Asuransi.

    Dari pernyataan CS Asuransi terlihat jelas kalau Tokopedia memang dengan sengaja menahan dana refund saya tanpa alasan yg jelas dan beralibi kalau prosesnya sedang dalam koordinasi dengan pihak Asuransi.

    CS TokopediaCare sampai sekarang masih terus memberikan jawaban template layaknya BOT saat saya menanyakan updatenya.

    Tolong untuk petinggi Tokopedia agar bisa mengevaluasi kinerja tim Customer Service dan Penanganan Klaim agar lebih baik lagi kedepannya.

  • 15 Februari 2024 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama, dana refund saya sampai saat ini juga belum dikembalikan, awalnya saya klaim untuk refund karena barang yang saya pesan tidak dikirim-kirim, padahal tanggal estimasi sampai yaitu 27-30 Januari 2024, klaim hanya boleh seminggu setelah tanggal estimasi dan pada tanggal 6 Februari juga tidak dikirim-kirim sehingga diperbolehkan klaim asuransi tidak dikirim/hilang. Klaim sudah disetujui dan dana diteruskan ke penjual, saya disuruh menunggu sampai tanggal 14 Februari, tapi sampai saat ini (15 Februari), belum dikembalikan juga, saat saya tanya ke CS, jawabannya sama seperti yang dikirim pada postingan ini, jawaban “template”. Dulu orang-orang belanja di Tokopedia karena terkenal lebih aman dan pro konsumen, tapi saat ini kok makin buruk ya? Mending sekalian saja belanja di “toko oren” kalau begini.

    • 15 Februari 2024 - (14:55 WIB)
      Permalink

      SETUJU, saya daah tidak percaya lagi dgn toko hijau ini – dah migrasi ke warna orange.
      dulu saya sering kasih komentar yg paling banyak ( lebih dari 40 karakter – photo, video ) karena saya suka baca komentar dari para pembeli – jadi tahulaaah.
      Rupanya apa yg telah saya lakukan sebanyak itu – tak ada manfaat bagi pembeli ( karena saya pembeli – sorry yaa ),

    • 16 Februari 2024 - (21:35 WIB)
      Permalink

      Saran saya follow up terus kalau bisa kita hubungi pihak-pihak yg terkait, kalau menunggu informasi dari CS Tokopedia akan memakan waktu yg sangat lama dan bisa jadi telat memberikan informasi.

  • 15 Februari 2024 - (15:50 WIB)
    Permalink

    @Lawrance
    Tidak ada jalan lain kalau masih digantung. Laporkan ke pihak berwajib untuk efek jera. Pasal nya sudah kena itu ke penggelapan.

    • 16 Februari 2024 - (02:03 WIB)
      Permalink

      Klo saran saya untuk menekan suatu perusahaan besar tu gak bisa klo cuma 1 orang
      Lebih baik ibu buat suatu grup wa/fb/ig/twitter.kumpulin orang2 yg dananya ditilep/digelapkan tsk/tokped
      Soalnya dari awal tahun ini ada sudah lumayan banyak dana proses refund dari tokped yg pending sampe berbulan2
      Kemudian laporkan ke pihak berwajib
      Smoga cepet kelar ya bu

      • 16 Februari 2024 - (06:56 WIB)
        Permalink

        Terima kasih bro input nya, sudah gerah dgn Toped sekarang, kelihatan banyak yang sudah jadi korban, tunggu meledaknya.
        Atau daaah mau tutup buku ?????
        Tks

  • 17 Februari 2024 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Kemarin, Jumat 16 Feb 2024.

    Pihak Asuransi mengirimkan saya email yg berisi keterangan proses refund saya yg sedang dibantu follow up ke Tokopedia dan sekarang prosesnya sekarang sedang dalam pergantian dana oleh Tokopedia.

    Tapi sampai saat ini dana refund saya belum juga dikembalikan oleh Tokopedia dan saat saya tanya CS TokopediaCare megenai proses pengembalian dana saya.

    CS TokopediaCare menjawab

    “Baik Kak, dikarenakan untuk klaimnya dibantu proses oleh pihak asuransi, dan saat ini masih dalam proses. Mohon menunggu terlebih dahulu ya Kak”

    CS TokopediaCare ini memang sangat aneh dan unik, jelas-jelas CS Tokio Marine sampaikan kalau pergantian dananya dilakukan oleh Tokopedia.

    Bisa-bisanya setelah ada email ini mereka masih menjadikan pihak Asuransi sebagai alibi lamanya proses pengambalian dana saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim Asuransi di Tokopedia?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Tidak Kunjung Memberikan Dana Refund, Padahal Asuransi Sudah…

oleh Lawrance dibaca dalam: 1 menit
26