Kejadian Tidak Mengenakkan dengan Shopee dan J&T

Saya sebagai penjual di Shopee. Seperti biasa, saya melakukan pengiriman paket pada tanggal 22 Februari 2024, dari Medan menuju Tapanuli Tengah, dengan nomor resi J&T: JP0408769698. Yang mana biasanya pengiriman hanya butuh 3-4 hari.

Namun karena belum sampai setelah lewat estimasi. saya menelpon ke call center J&T sebanyak 5 kali dan ke pihak Shopee 2 kali. Saya minta agar pengiriman dimaksimalkan, agar terhindar dari pembatalan dan pengiriman balik ke seller, berhubung barang yang dikirim nilainya jutaan rupiah. CS J&T pusat hanya bilang akan dimaksimalkan dan pihak Shopee juga hanya memberikan nomor pelaporan.

Tanggal 4 Maret 2024, status dibatalkan otomatis oleh sistem Shopee. Akan tetapi tanggal 5 Maret 2024, status barang akan dikirim lagi ke pembeli, sedangkan pembeli bayar dengan Shopee SPayLater. Saya menelepon lagi ke pihak Shopee, untuk menanyakan gimana solusinya. Pihak Shopee menyarankan agar pembeli membayar via Shopee Pay atau barang dikirim balik ke penjual.

Yang saya bingung, sepertinya tidak ada sinkronisasi antara J&T dengan Shopee. Yang mana status pesanan sudah dibatalkan, tapi masih bisa dikirim lagi pembeli. Saya merasa kecewa, karena sudah bayar biaya admin yang lumayan besar setiap penjualan, tetapi kita juga yang harus mengurus semua ini.

Akhirnya saya telpon ke pembeli lagi, apakah bisa bayar via transfer dengan menurunkan harga. Karena kalau dikirim ke saya lagi, entah kapan barang bisa sampai ke saya, melihat prosedur yang berbelit dan saya takut risiko hilang lagi di perjalanan. Pembeli akhirnya setuju untuk transfer. Untung saya ketemu dengan pembeli yang jujur. Barang diterima dan langsung ditransfer.

Saya gak tahu tujuannya apa, pihak J&T menunggu sampai masa garansi Shopee habis, baru barang dikirim. Sebelumnya, pembeli juga sudah bolak-balik ke J&T untuk mengecek paketnya dan mendapat perlakuan kasar dari pihak J&T Tapanuli Tengah. Pembeli juga dioper ke sana-sini.

Semoga pihak J&T bisa memperbaiki kinerja di cabangnya.

Jenny Anastasia
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kejadian Tidak Mengenakkan dengan Shopee dan J&T”

Dear Ibu Jenny Anastasia Sehubungan dengan surat pembaca Ibu dengan judul Kejadian Tidak Mengenakkan dengan Shopee dan J&T” , kami...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kejadian Tidak Mengenakkan dengan Shopee dan J&T

oleh Jenny Anastasia dibaca dalam: 1 menit
0