Pengembalian Dana Debit Online di Tokopedia Harus Menunggu 14 Hari Kerja?

Pada tanggal 28 Juni 2024 pukul 11.41, saya membeli handphone di Tokopedia. Pembayaran menggunakan metode debit online BCA, karena aplikasi virtual banking saya sedang error. Saat membeli, saya coba memakai voucher yang bisa dipilih (biasanya voucher yang tidak bisa dipakai pasti tidak bisa dipencet). Namun setelah checkout, pembelian saya langsung di-cancel, karena voucher itu ternyata hanya khusus pengguna GoPay Later. Kenapa kok voucher khusus GoPay Later bisa saya pakai, tapi waktu sesudah checkout baru dibilang gak bisa dipakai?

Setelah pesanan dibatalkan, saya mencoba tanya ke Tokopedia dan ternyata proses refund bisa sampai memakan 14 hari kerja! Serius? Saya terus mencoba tanya ke Tokopedia, bagaimana proses pengembaliannya, tapi hanya dijawab untuk menunggu saja selama 14 hari kerja itu.

Saya tanya ke Tokopedia, yang lalu menjawab bahwa dana sudah diberikan ke bank untuk diproses. Namun saat saya mencoba untuk menelepon bank, mereka hanya bilang bahwa mereka hanya penerima pasif yang menunggu uang masuk dari Tokopedia, dan ternyata masih belum diproses dari pihak Tokopedia.

Jadi yang memproses refund itu siapa sih? Apakah memproses uang yang langsung dari rekening saya sendiri butuh selama itu? Kalau misalnya uang itu untuk saya membayar tagihan listrik gimana? Apa saya bulan depan listrik mati aja semua sambil nunggu Tokopedia?

Saya mau bertanya untuk saudara-saudari di sini, yang pernah pengalaman pakai debit online terutama BCA, berapa lama Tokopedia mengembalikan dananya? Jika ternyata lebih dari 14 hari kerja gimana? Apa harus langsung mengunjungi kantor Tokopedia Care?

Mohon bantuannya dari Media Konsumen untuk dapat membantu Tokopedia segera menindaklanjuti kasus ini. Karena saya melihat banyak sekali yang berpengalaman sama dengan saya dan membutuhkan waktu refund yang sangat lama.

Akhir kata, saya ingin menyampaikan kepada Tokopedia untuk memproses pengembalian dana saya secepatnya dan juga untuk saudara-saudari disini untuk menjauhi debit/kredit online.

Renard Andersen
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Pengembalian Dana Debit Online di Tokopedia Harus Menunggu 14 Hari Kerja?

  • 1 Juli 2024 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Update: Tanggal 30 Juli kemarin saya mencoba langsung meminta Tokopedia Care untuk menelpon saya dan sudah dibilang bahwa permasalahan saya akan diprioritaskan. Sekarang tanggal 1 Juli saya menunggu update lanjutan dari Tokopedia dan semoga minggu ini langsung selesai.

    Untuk yang memiliki masalah refund dana debit online seperti saya bisa coba juga di chat Tokopedia Care langsung minta live chat ke Customer Service nya dan minta mereka menghubungi kita langsung. Semoga membantu.

  • 1 Juli 2024 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Memang kalau bayar pakai kartu debit atau kredit, SOP refund maksimal 14 hari kerja. Tapi sebenernya itu cuma estimasi maksimal aja, nyatanya kadang 3-4 hari juga udah diterima.
    Jadi buat penulis sabar aja dulu, kecuali udah lewat 14 hari belum terima refund, baru posting ulang kasusnya.
    Kalau ditanya kenapa lama? Karena pembayaran pakai debit atau kredit kan banyak pihak yang terlibat.
    Dari bank penerbit kartu, marketplace dan payment gateaway.

    • 1 Juli 2024 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Tpi kaj emng tokped suka gak sesuai sama janjinya, nyatanya saya trx debit online bru masuk lebih dri 21hk, itupun setekah di up ke mediakonsumen

  • 1 Juli 2024 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Paling enak kalo refund itu di Shopee.Saya pernah belanja pake debit,kredivo,pesanan dibatalkan refund balik ke saldo shopeepay realtime.

    • 1 Juli 2024 - (19:11 WIB)
      Permalink

      Biasanya saya juga kalo di tokped pake virtual account refund apa apa langsung instan ini memang apes aja, gabakal deh bakal debit online lagi

  • 1 Juli 2024 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Update: Tanggal 1 Juli pukul 19.25 sudah masuk puji syukur.

    Bagi yang ada masalah retur dana gini sebaiknya jangan tunggu sebulan/ tunggu estimasi maksimal baru tanya tokped langsung minta komunikasi langsung aja dari telpon.

    Terima kasih kepada pihak Media Konsumen yang sudah mau memasang artikel saya dan kepada CS Tokopedia yang telah berusaha mempercepat pengembalian saya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana Debit Online di Tokopedia Harus Menunggu 14 Hari Ker…

oleh RENARD dibaca dalam: 1 menit
10