Shopee Menolak Pengembalian Ponsel Poco F4 Baru, yang Diterima Dalam Keadaan “Matot”

Saya membeli HP Xiaomi Poco F4 dari official store Xiaomi di Shopee. Namun barang yang diterima mengalami kerusakan. Pada saat HP sampai dan saya buka, keadaannya sudah tidak bisa menyala. HP tidak respons saat ditekan tombol power, di-charge lumayan lama juga tidak ada respons apa-apa. Singkatnya, yang saya terima HP matot. Semua proses unboxing dan pengecekan saya rekam untuk bukti buat jaga-jaga.

Saya pun melakukan ajukan pengembalian barang/dana lewat aplikasi Shopee. Dari aplikasi langsung diberikan alamat warehouse Shopee beserta nomor resi otomatis, dan barang saya kirim hari itu juga yaitu tanggal 24 Maret 2023,

Setelah barang diterima pada tanggal 25 Maret 2023 di warehouse Shopee, barang diperiksa dan divalidasi. Tanggal 26 Maret 2023, keluar keputusan pengajuan saya ditolak dengan alasan yang tidak masuk akal menurut saya, karena paket saya masih tersegel pabrik. Padahal sudah jelas-jelas saya sudah buka dan sudah saya kirim bukti kalau produk yang saya terima rusak.

Alasan ini benar-benar membuat saya jengkel, seolah-olah tim warehouse Shopee malas melakukan pengecekan barang hanya dengan alasan seperti itu, padahal saya sudah menunggu lama.

Saya sudah coba chat dengan CS dan bilang bahwa akan dilanjut ke tim terkait. Namun sekarang HP rusaknya sudah dikirim kembali ke rumah saya. Saya bingung harus apa. Saya ingin membeli HP baru bukan ingin cari ribet dan masalah. Saya sangat kecewa dengan semua ini. Seakan-akan konsumen tidak punya hak apa-apa, hanya bisa diatur oleh pihak Shopee, walaupun konsumen yang memang tidak salah apa-apa.

Suwajal
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

71 komentar untuk “Shopee Menolak Pengembalian Ponsel Poco F4 Baru, yang Diterima Dalam Keadaan “Matot”

  • 1 April 2023 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Banyak yang sok tau komen baterai habis hadeh. Itu memang cacat pabrik tidak menyala nob.

    Di shopee dah biasa kasus nggk tanggung jawab official store. Dipahami, barang di terima sudah tidak nyala ini yang harus ganti barang pertama seller bukan service center. Service center kerusakan beberapa hari kemudian.

    1
    2
  • 1 April 2023 - (15:38 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah beli Xiomi Poco di Shopee Xiomi Official Store. Paket hampir 1 minggu baru di terima oleh kk saya, stlh 1 bln di pakai baru tau kalau casing hp kamera ada 3, tpi saat berfoto kamera yg digunakan hanya1. Kamera yg lainnya kamera bohongan. Yg hidup itupun kamera gelap dan hasilnya jelek. Seperti Xiomi palsu.
    Sepertinya ada yang nakal, menukar asli dengan barang palsu

  • 1 April 2023 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Udah mah beli poco di shopee pula, solusinya ya bawa ke sc aja sih biar dapet unit baru, saran ku lain kali kalo mau beli hp jangan di shopee & jadiin xiaomi pilihan paling akhir waktu milih hp, xiaomi banyak gacha nya, harga murah kualitas belum tentu sama semua.

  • 2 April 2023 - (03:15 WIB)
    Permalink

    Sedikit saran, mau terima sukur kaga juga gapapa.
    Usahain kalo mau beli HP/Elektronik jangan di online shop deh, beli langsung ae di mall terjamin barangnye, Lo bisa puas cek2 hp yg Lo pengen, Lo kaga akan kecewa setelah membelinye. SEKIAN

  • 2 April 2023 - (04:22 WIB)
    Permalink

    Itu ngecas nya napa kaga pake charger bawaannya?
    Malah asal colok aja pake charger type C biasa.
    Coba pake charger bawaan yg 120 W.
    Udah komplen sana sini dan bawa ke SC resmi, taunya masalah cara ngecas doang. Kan malu ntar jadinya.
    Klo udah dicas pake charger bawaan masih kaga hidup, ya berarti emang hpnya yg bermasalah.

    • 2 April 2023 - (09:34 WIB)
      Permalink

      Iya malu saya om wkwkwkw
      Itu asal colok pake charger Asus ROG phone pake kabel PW100.
      Lucu amat ya kalian saya liatin dari kemaren, ada yang bilang salah kirim lah, salah ini lah.
      Emang urutan nya gitu shopee yang minta balikin ke warehouse nya buat di validasi. Setelah hasil dispute keluar saya yang harus bawa ke SC.
      Fyi aja, pas hp nya dikirim balik dari warehouse itu udah saya charge pake kabel bawaan sama charger nya yang 120 watt itu. Lama loh charge nya tetap mati.

      Malu saya baca komen yang asal jeplak tidak punya dasar.

  • 2 April 2023 - (05:11 WIB)
    Permalink

    Keputusan paling bijak memang bawa ke SC sih, karna itu official store pastinya garansinya resmi, dan kalau ada bukti2 yg valid bahwa barang matot, bisa diganti unit baru. Meskipun ya.. merepotkan sih.. tp drpd sia2 uangnya, ya kan? Dan lagi akan lebih merepotkan andaikan anda tetap mengejar pihak shopee utk memenuhi keinginan anda gantiin unitnya atau bahkan ngikuti saran orang lain utk lapor kemana2.. itu akan lebih ribet, dan bisa jadi masa garansi Anda semakin habis.

  • 2 April 2023 - (07:06 WIB)
    Permalink

    makanya ragu belanja sama si orange ini, toko nya byk yg nipu2. warning nya ga ada sama pembeli. smpai saat ini masih nyaman belanja sama si ijo. mereka tegas klo ada pengaduan dri pembeli.

  • 2 April 2023 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Makanya saya kapok beli Xiaomi, krena dulu saya pun pernah mngalami hal yang sama, & sekarang udah gak jadi Mi Fans lagi udah pindah ke Oppo & Vivo Alhamdulillah sejak pindah ke Vivo sama sekali gak ada kendala semuanya lancar ampe sekarang masih bertahan di Vivo,
    dari dulu gadget xiaomi emang sering mengalami masalah, terutama di bug sistem dan ram, Ram besar pun kadang suka macet beda sama produk sebelah semisal oppo & vivo mereka tetap nyaman ga ada kendala walau ramnya 4/2.
    Solusinya bawa ke service center terdekat.

    • 4 April 2023 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Memang bro, saya pake xiaomi ram 4, buka aplikasi ditinggal ke home bentar udah relog, apalagi klo pas main game mobile legend kepencet tombol home atau ada yg telpon auto relog, padahal sebelumnya saya pake realme sama sama ram 4 gaada relog kyak gitu

  • 6 April 2023 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Saya bisa paham berapa kesalnya hape baru tidak nyala.. tapi kalo saya jadi anda sih saya klaim garansinya langsung ke service centre Xiaomi. Lebih cepat gak usah kirim balik sana sini

  • 7 April 2023 - (03:03 WIB)
    Permalink

    saya udah unistall shopee karena kalau terjadi masalah shopee tidak professional dalam membantu menyelesaikan masalah pembeli Dan penjual. banyak seller penipunya Dan memaksa mengirim barang. pesanan yg masih dalam proses artinya barang belum dikirim. walaupun pesanan Sudah di batalkan tetap dikirim dental alasan penjual gak mau di batalkan. masih mending kalau barang nya sesuai pesanan sama dgn gambar, ini dikirim nya barang yg aneh2

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 71 komentar sampai saat ini..

Shopee Menolak Pengembalian Ponsel Poco F4 Baru, yang Diterima Dalam K…

oleh SuNewbie dibaca dalam: 1 menit
71