Lazada Tidak Mengapresiasi Pembeli yang Jujur?

Pada tanggal 22 Juni 2023, saya membuat pesanan HP Oppo A17 di Lazada, dengan estimasi penerimaan barang tanggal 25 – 27 Juni 2023. Setelah tanggal 27 Juni 2023, estimasi berubah menjadi tanggal 30 Juni 2023. Setelah tanggal 30 Juni 2023, paket dinyatakan hilang, kemudian seller dan customer mendapatkan pengembalian dana.

Pada tanggal 7 Juli 2023, tiba-tiba kurir mengantarkan paket yang telah dinyatakan hilang. Saya hubungi Lazada dan mendapatkan 2 solusi. Yaitu memilih barang (tetapi saya harus mentransfer dana ke rekening Lazada) atau memilih dana (saya harus mengembalikan barang tetapi saya yang harus membayar ongkir-nya).

Sebelumnya saya melakukan pembayaran menggunakan cicilan 3 bulan dari Kredivo. Jadi kalau untuk bayar cash, saya belum ada. Sedangkan untuk mengembalikan barangnya, kenapa harus saya yang menanggung ongkos kirim? Padahal saya tidak melakukan kesalahan.

Saya hanya mau jujur, kalau saya menerima dana dan barang, tetapi mengapa Lazada mengapresiasinya seperti ini?

Anita Nur Jannah
Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Lazada Tidak Mengapresiasi Pembeli yang Jujur?”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 10 Juli 2023 berjudul “Lazada Tidak Mengapresiasi Pembeli yang...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Lazada Tidak Mengapresiasi Pembeli yang Jujur?

  • 10 Juli 2023 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Seharusnya ketika kasus dinyatakan selesai tanpa ada yang dirugikan, kalau akhirnya terima barang ya tidak perlu lapor. Lain halnya kalau kasus belum selesai atau ada yang dirugikan.

    • 10 Juli 2023 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Saya lapor karena saya sadar kalau barang tersebut bukan hak saya. Makanya saya lapor. Tapi niat baik saya tersebut malah ditanggapi seperti itu. Setidaknya kan berterimakasih, tapi malah disuruh bayar ongkir.

      16
      • 11 Juli 2023 - (09:25 WIB)
        Permalink

        Itu dinyatakan hilang dan sudah ada pengembalian dana berarti sudah ditanggung asuransi.
        Aku pernah mengalami. Apesnya Sellernya seller penipu. Intinya aku beli barang A di toko B, tapi tidak dikirim, yang datang malah barang C dari toko D. Jadi jelas saya tidak pesan. Dikirim ke kantor dengan sistem COD, temanku yang patungan bayarin dulu, karena kebetulan aku nggak ngantor
        Aku klaim ke Lazada, dapat pengembalian dana + voucher permintaan maaf.
        Suruh kirim kembali, aku tidak mau, Repotlah, aku juga harus bayar ongkirnya. Ngocehlah aku. WAku nggak beli juga. “Kurir antar, jadi Kurir jemput balik”, itu prinsip ku. “atau seller peliharaan mu suruh ambil sendiri, kalau dia berani”.
        Akhirnya tiga bulan nggak dijemput, ku tanya lagi status nya. Jawabannya case closed.
        Ya sudah, barang tak bertuan tapi labelnya bertuliskan nama saya sebagai penerima. Hahahaha.
        So? (evil laugh)

        • 11 Juli 2023 - (14:35 WIB)
          Permalink

          Tahan aja barangnya paling datang sendiri ambil ..toh juga aku gitu dulu … gw bilang loe gak ambil sendiri 2 x 24 jam gw buang ditempat sampah …ehk 1 jam kemuadian kurirnya datang …

  • 10 Juli 2023 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Dikeep aja dulu gak usah balikin, ntar kalo Lazada merasa butuh barangnya dia bs ambil sendiri. Yg penting kakak udh punya niat jujur gak usah pusing.

    13
    • 10 Juli 2023 - (18:08 WIB)
      Permalink

      Iya betul, bilang aja. Kalau mau barang nya ambil sendiri ke rumah. Aneh banget ya di kasih tau malah suruh bayar ongkir. Harus nya mah malah di kasih voucer belanja krn berniat mengembalikan barang yg bukan hak nya.

    • 11 Juli 2023 - (00:27 WIB)
      Permalink

      Ini mah kaya kasus temen sy dilazada beli helm 700rb dinyatakan hilang dan duit sdh kembali tp selang 2hari stlh uang kembali datang kurir nganterin helmnya, tp pihak lazada gada yg menghubungi sampai skrg udah 2bln

  • 10 Juli 2023 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Anda jg beri saja solusi…kalau mau ambil sendiri barangnya,kalau gak mau ya jadi hak anda.gak usah dibuat pusing,sekarang posisi anda yg diatas angin.

  • 10 Juli 2023 - (19:15 WIB)
    Permalink

    Pertama-tama pastikan dulu dana dikembalikan kepada anda, atau dalam hal ini tidak ada cicilan yang ditagihkan kepada anda di awal bulan depan. Jika sudah yakin 100% tidak ada tanggungan di pihak anda, kontak toko penjual ponsel (seller) di Lazada dan tanyakan apakah mereka sudah mendapatkan ganti rugi, TANPA MENYEBUTKAN kronologi bahwa anda sudah menerima ponsel dan pengembalian dana. Jika ternyata seller hanya menerima ganti rugi 10x ongkir, maka baru anda jelaskan kronologi sesungguhnya dan berniat mengembalikan ponsel. Anda bisa coba gunakan J&T untuk mengirim kembali ponsel dimana ongkir ditanggung penerima atau gunakan ekspedisi yang bisa COD dimana jumlah yang dibayarkan sesuai dengan ongkir yang sudah anda tanggung. Kejujuran anda patut di apresiasi dan semoga memperlancar rejeki anda ke depannya.

    • 10 Juli 2023 - (19:23 WIB)
      Permalink

      Tambahan:
      Oh ya jika seller sudah menerima ganti rugi penuh, maka anda diskusikan dengan pihak Lazada mengenai mekanisme pengiriman seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jika mereka tetap menolak, jangan unboxing dulu ponselnya dalam rentang waktu 2 Minggu dan jika dalam rentang waktu tersebut pihak Lazada tidak ada niat untuk mengambil ponselnya ke alamat anda, maka anda berhak menggunakan ponsel untuk pekerjaan sehari-hari. Buat screenshot chat dengan Lazada sebagai bukti komitmen tersebut. Jika ponsel tidak juga diambil, itu rejeki anda karena sudah jujur dan berniat baik.

  • 11 Juli 2023 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Simpan bukti chat dan nyatakan dengan tegas klo kirim balik kita ga mau nanggung ongkir dan ga mau repot kirim klo lazada mau tinggalz suruh kurir ambil dengan catatan harus ada bukti oemgambilan klo lazada keberatan ya biarin aja mas,,ngapain kita harus repot kirim packing toh uang kita ud balik

  • 12 Juli 2023 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah sudah ada konfirmasi dari lazada. Katanya paket akan dijemput kurir dan saya tak perlu membayar ongkir. Sebagai apresiasi dari pihak lazada juga memberikan vocher diskon yang bisa digunakan untuk belanja lagi di lazada.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Lazada Tidak Mengapresiasi Pembeli yang Jujur?

oleh Anita dibaca dalam: 1 menit
14