Paket Diretur dengan Alasan Criss-Cross, Padahal Sudah Sampai di Destinasi dan Tinggal Diantar

Pada tanggal 29 Juli 2023, saya melakukan pengiriman pesanan Shopee dengan nomor transaksi: 2307287D7W5YHU, nomor resi SiCepat: 004227963624, destinasi ke Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Pada tanggal 1 Agustus 2023, paket sudah sampai di Palembang, Betung. Namun pada hari dan tanggal itu juga, dinyatakan paket gagal kirim alasan criss-cross. Lalu tiba-tiba paket dikembalikan ke penjual pada tanggal 4 Agustus 2023. Hingga saat ini pesanan sudah dibatalkan otomatis oleh Shopee dan uang sudah dikembalikan ke pembeli. Padahal paket belum saya terima sama sekali. Dilacak juga entah ada di mana. Lah kok gini jadinya?

Pertama yang saya heran, paket sudah di Betung kok dibilang criss-cross? Kalau ekspedisi yang sehat waras, harusnya bertanggungjawab dong! Walau katanya salah masuk gerai, tapi kalau sudah di destinasi tinggal antarkan ke alamat pembeli. Ini paket sudah dibayar loh alias Non COD, bukan paket COD, kok malah dikembalikan ke penjual yang di Jakarta? Bukannya malah diteruskan ke alamat pembeli.

Di mana tanggung jawabmu wahai ekspedisi SiCepat? Kok enak banget main retur saja, padahal produk jika dikirim bolak-balik berisiko bonyok di dalam dan mengurangi kualitas. Siapa yang akan bertanggung jawab jika isinya mengalami kerusakan?

Kedua, anehnya di Shopee barang retur juga belum diterima oleh penjual, tapi dana pembeli sudah dilepaskan. Shopee melepas tanggung jawab menyuruh seller yang mengejar mencari paket sendiri ke pihak ekspedisi. Di mana keamanan berjualan di marketplace ini?

Akhir kata saya sangat menyayangkan hal ini terjadi, sangat mengecewakan terjadi di paket yang Non COD.

Evi Herawati Wibowo
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Paket Diretur dengan Alasan Criss-Cross, Padahal Sudah Sampai di Destinasi dan Tinggal Diantar”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Evi Herawati Wibowo dengan judul “Paket Diretur dengan Alasan Criss-Cross, Padahal Sudah Sampai di...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Paket Diretur dengan Alasan Criss-Cross, Padahal Sudah Sampai di Destinasi dan Tinggal Diantar

  • 9 Agustus 2023 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Cb aj minta foto barang yg cris cros tsbt. Kalo bkn barang anda berarti benar kalo itu cris cros

    • 16 Agustus 2023 - (07:05 WIB)
      Permalink

      Bukan salah tempel resi. Cris cros itu salah masuk gerai / destinasi tujuan. Brg udah di saya, resi sesuai resi awal. Padahal udah di palembang, betung. Tujuan juga di banyuasin dah dekat paling 2-3 hari kalo niat antar. Masa malah kembali ke penjual total 12 hari baru kembali. Antara emg ga da kurir kesana atau malas antarnya itu jd dipake alasan cris cros. Kecuali kalo nyasarnya ke kalimantan, sedangkan alamatnya ini di sumsel jauh kan tu, criscros ya udah kembali ke seller gpp. Ini udah dekat pdhl. Aneh

      • 16 Agustus 2023 - (07:41 WIB)
        Permalink

        Cris cros itu salah tempel resi. Resi punya anda di tempel di barang org dan sebaliknya. Tinggal nunggu barang anda yg entah ada dmna. Biasanya ga ke seller, balik ke ekspedisi dl nunggu yg satunya

  • 9 Agustus 2023 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Sicepat mungkin tinggal tunggu waktu untuk tutup. Benerapa cabang ditempat saya sdh tutup, karyawan jg tinggal sisa2, sedikit sekali. Mungkin sicepat akan saya coret dr daftar jasa kirim.

    2
    2
  • 9 Agustus 2023 - (08:21 WIB)
    Permalink

    kurir semua sama aja, nantinya pake sistem COD aja, jika pengiriman tidak tepat waktu atau kurirnya nyeleneh, batalin dan tolak aja.

    • 16 Agustus 2023 - (07:06 WIB)
      Permalink

      Kalo COD berkali lipat rawan retur bang… Sebagai seller tdk disarankan buka cod kalo brg mahal dan rawan rusak

  • 10 Agustus 2023 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Criss cross itu emang sering terjadi gan biasanya itu karena ada kesalahan dibagian penyortiran digudang sebelum gudang tujuannya. Saya jg sdh beberapa kali mengalami kejadian criss cross bgini tp salah penyortirannya terjadi kesalahan yg seharusnya dikirimkan ke gudang reguler tp malah dikirimkan ke gudang kargo tp biasanya sih hanya diretur ke gudang penyortiran sebelumnya lalu dikirimkan lg ke gudang yg seharusnya lalu akan dikirimkan ke penerima setelah bener2 sampai di gudang tujuan yg sebenarnya.

    • 16 Agustus 2023 - (07:08 WIB)
      Permalink

      Ya itu dia ga ada tanggung jawabnya meneruskan ke alamat pembeli padahal udah dekat dari palembang itu.. malah dikembalikan ke penjual. Kecuali yah kalo nyasarnya ke kalimantan, papua yah its ok lah kembali ke penjual krn jauh.. heran saya juga

  • 10 Agustus 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Itu sih dah gk aneh bang di ekspedisi barang di lempar2 klo dah nyampe gudang .. masukin ke kargo di bejek2 biar masuk ke kontainer nyampe tempat cust barang brantakan .. ekspedisi mah bukan cari kualitas tapi cari kuantitas paket biar dapet bonus tambahan .. soalnya dia ada bonus2 per paketnya .. yg rugi ttp seller dan pembeli. Hmpir smua marketplace kurang aman dalam hal retur .. taip hari returan saya juga pada ilang .. klo gk saya menej pake xl barang masuk dan kluar dah enak aja itu expedisi .. solusinya datang ke kantor exspedisi dan hardkomplain biar duit balik.

  • 10 Agustus 2023 - (23:08 WIB)
    Permalink

    Ak tinggal di daerah tangerang kta ade ak,ade ak prnh beli barang di gudang lazada atau shopee gtu tp ga tau lupa ekspedisi apa,,jdi barang yg return/ ga di ambil itu di jual dgn harga murah,,kta ny bnyak bgt barang nya ak si blm nyoba mantau ksna pngen ksna agak jauh dr rumah nnti klo ak udh coba ke gudang ny ak update lgi deh ak fotoin bner apa ga siapa tau penjual dsini ada barang return yg hilang ga di ambil trs di jual ke org

  • 11 Agustus 2023 - (03:21 WIB)
    Permalink

    Pada sok tahu yg komentar negatif, jadi kurir itu banyak resiko, mereka bekerja tanpa jaminan dan asuransi, bila ada kejadian atau musibah, resiko ditanggung jawab sendiri sama seperti ojek online.
    Bila cs ada permasalahan lebih baik limpahkan ke pihak expedisinya langsung.

  • 16 Agustus 2023 - (07:13 WIB)
    Permalink

    Tidak ada kompensasi apapun dari pihak sicepat. Tp bertanggung jawab mengawal barang sampai kembali di saya dengan selamat. Dibutuhkan waktu 12 hari hingga sampai di saya. Semoga menjadi pembelajaran ke depannya lebih bertanggungjawab dan amanah supaya bisa jadi expedisi yg besar dan maju.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Paket Diretur dengan Alasan Criss-Cross, Padahal Sudah Sampai di Desti…

oleh Eve dibaca dalam: 1 menit
14