CS Shopee Tidak Kompeten, JNE Lepas Tangan

Halo Tim Shopee dan JNE,

Sebelumnya saya mengirimkan pesanan di Shopee, yaitu produk Turtle Wax atau pengkilap mobil sebanyak 12 pcs. Namun dalam perjalanan barang tersebut rusak 5 pcs. Pihak pembeli tidak mau menerimanya, karena pihak pembeli menyatakan bahwa produk tersebut untuk dijual kembali. Kemudian pihak pembeli melakukan komplain dan ingin retur. Saya menolak, karena pada saat saya mengirimkan barang tersebut, barang tersebut normal, tetapi rusak pada saat pengiriman menggunakan JNE, dengan nomor resi: JT44812703508.

Setelah melakukan komplain, CS Shopee dengan mudahnya menyatakan barang tersebut cacat dan solusinya adalah mengembalikan barang tersebut kepada kami. Padahal kami sudah mengikuti semua ketentuan packaging yang ditetapkan oleh pihak Shopee, antara lain menggunakan bubble wrap dan stiker fragile. Kami juga sudah menggunakan fitur asuransi dari pihak Shopee, tetapi sepertinya hal tersebut tidak ada pengaruhnya sama sekali.

Kemudian pihak pembeli melakukan retur dan mengirimkan barang tersebut kembali kepada kami, tetapi tidak disertai dengan bubble wrap dan stiker fragile, menggunakan J&T Express dengan resi: JP3635864116. Hasilnya setelah barang sampai, barang tersebut semakin hancur parah dan tidak layak digunakan kembali. Dengan ini saya meminta pihak – pihak yang terlibat untuk bertanggung jawab atas kerugian yang bukan atas kelalaian saya. Berikut ini adalah barang yang diretur ke saya:

Tjhi Agus Kakim
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “CS Shopee Tidak Kompeten, JNE Lepas Tangan

    • 28 Agustus 2023 - (14:46 WIB)
      Permalink

      Saya ud pernah ngalami..untung gak seberapa malahan rugi gede.Citra shopee semakin buruk !!!

  • 22 Agustus 2023 - (14:00 WIB)
    Permalink

    Resiko jualan online ya ini salah satunya kerusakan oleh orang ke 3 dan lepas tanggung jawab.enaknya jadi aplikator barang rusak resiko penjual

    1
    2
    • 22 Agustus 2023 - (14:43 WIB)
      Permalink

      Sistem retur di aplikasi shopee sngat buruk menurt saya. Krn sya pnglaman blnja online dn hasilnya sngt tidak sesui keinginan saya. Krn itu kslhan pihak toko, maka saya retur, eh nyatanya pihak shopee mlah menolak returnan tsb krn kslhan saya. Pdhl itu murni kslhan dr toko tsb.

    • 22 Agustus 2023 - (18:04 WIB)
      Permalink

      Next time coba tiap produk dikasih plastik satu2 terus diikat, jadi kalau ada yang rembes atau pecah gak beleberan ke yang lain.

      5
      1
      • 22 Agustus 2023 - (18:06 WIB)
        Permalink

        Mau kata diplastik dan ga bleber tetap ada yg dirugikan kk, pembeli ga mau terima dan saya sebagai penjual ga mau terima karena dikirim dalam keadaan tidak bocor atau rusak

        2
        1
        • 22 Agustus 2023 - (18:12 WIB)
          Permalink

          Iya mengerti, tapi setidaknya jadi gak kotor semuanya. Kalau rugi gak semuanya. Bukannya ekspedisi ya yang harus ganti. Kalau saya dulu beli gelas mug pecah tapi di ganti sama shopee xpres. Kurang tau juga kalau kurir lain. Semoga dapat solusi yang terbaik ya 🙏

  • 22 Agustus 2023 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Klo pembeli sangat wajar minta di retur.karena produk yg di terima sudah rusak, untuk pengembalian barang yg tidak menggunakan bubble wrap dan stiker fragile ya wajarlah,mana punya pihak pembeli barang seperti itu.
    Klo udh di asuransikan tinggal urusannya sama pihak ekspedisi pertama.

    • 22 Agustus 2023 - (18:10 WIB)
      Permalink

      Ya memang wajar pembeli meminta retur karena kesalahan ya pada pihak ekspedisi. Saya pun sudah mengikuti semua aturan dari shopee dan saya juga menggunakan asuransi yang dimana asuransi di shopee dibayar oleh penjual bukan pembeli.

      Hal ini juga pernah terjadi namun di marketplace sebelah dimana pihak asuransi mengganti sesuai dengan jumlah barang yang rusak dimana pembeli harus mengirimkan video penghancuran barang ke pihak marketplace atau asuransi agar bisa diproses lebih lanjut

  • 22 Agustus 2023 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Sepertinya itu rembes, barang cair emang rawan rembes kalau kebolak balik. Saya juga pernah beli sabun cair bayi padahal sama penjual sudah di solasi tutupnya tapi tetep rembes.

    • 22 Agustus 2023 - (18:13 WIB)
      Permalink

      Awalnya bukan rembes mbak, tapi tutup putih yg diatas hancur atau pecah diakibatkan oleh tertimpa barang yg sangat berat. Oleh karena itu beberapa cairan jadi keluar. Mau disolasi pun pembeli akan menolak karena dia beralasan produk untuk dijual kembali jadi ingin barang dalam keadaan sempurna

  • 22 Agustus 2023 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Saya kalo ngirim pesanan barang cair mendingan di bubble wrap per 1 botol + dikasih kardus dan kertas di sela botolnya. Riskan banget rusak kebanting di ekspedisi jadi harus extra packing ya.

    • 23 Agustus 2023 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Ketika terjadi kerusakan seperti kasus ini, itu asuransi guna nya apa ? Apakah shopee lepas tanggung jawab ? Sangat memalukan sekali shopee, pihak shopee ga pernah beri tanggapan di media konsumen, padahal banyak bener kasus terkait shopee.

      • 28 Agustus 2023 - (14:49 WIB)
        Permalink

        Betul kk..sy jg ud bbrp x kena masalah begini..tlp k call center blgnya d proses ujung”nya penantiaaan aja wkwkkw

  • 22 Agustus 2023 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Sebagai buyer, wajar minta retur karena barang yg diterima tidak dalam keadaan baik.
    di ekspedisinya, emang karena barang yg dibawa banyak, suka main tumpuk, main lempar, ga peduli apa isi paket.
    so.. sebagai seller, mending lebih hati2 lagi.

  • 22 Agustus 2023 - (23:05 WIB)
    Permalink

    tips aja, emang semua kurir pengiriman tuh barbar kecuali pengiriman ojol instan

    jadi di offset di packagingnya yg harus supertebal
    tiap botol harus dilapisin bubblewrap tebal

    boxnya double layer, bagusnya ada streofoam jg buat jd pondasi boxnya

    cairannya tuh berat kan dan mana satu botol gede, 1 lusin pula

    bikin packaging yg anti banting dan anti penyok, maksudnya isi paket gk boleh ada yg goyang2, terus boxnya punya rangka biar ditekan dri 3 sisi xyz nya gk bakal remuk

    atau paling gampang packing kayu tuh

    • 23 Agustus 2023 - (18:31 WIB)
      Permalink

      Mau di packing model apapun tdi klo brg cairan akan sulit utk mendapatkan asuransinya. Aplgi klo di JNE brg cairan resiko rusaknya di balikin ke penjual, mau di kirim resiko tanggung sendiri, klo ya g akan di terima.

    • 28 Agustus 2023 - (14:52 WIB)
      Permalink

      Toko berharap begitu kadang extra bubble.3000 perak aj msh byk yg gk mao beli giliran rusak toko yg d salahin😁😁

  • 23 Agustus 2023 - (00:24 WIB)
    Permalink

    Baiknya sebelum dikirim,kasih tanda dulu di tiap produk.Tandanya penjual saja yang tau.
    Pengalaman saya berkali kali ada kasus barang rusak.Ternyata ulah pembeli.
    Modal botol kosong bisa dapet barang baru.

    Video unboxing bisa di manipulasi dan itu sangat mudah.

  • 23 Agustus 2023 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Barang cair atau cairan klo di kirim resiko nya sangat besar. Ada SOPnya di pihak expedisi utk menerima dan mengirim barang anda tersebut. Biasanya SCO di JNE akan nanya ini barang cair atau TDK ? Klo anda mengatakan barang cairan maka pihak SCO JNE akan memberikan pilihan barang di kirim resiko tanggung sendiri atau tdk jdi di kirim. Barang cairan tdk bisa di asuransikan sebab resiko pecahnya besar. Anda jgn menuduh pihak expedisi JNE yg bertanggung jawab, itu salah Krn dr JNE TDK akan menerima brg cairan klo TDK ada perjanjiannya. Saya paham Krn saya juga penjual brg cairan di market place..

    • 23 Agustus 2023 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mengirimkan barang cairan juga kok melalui JNE dan emang bisa, pada waktu itu pernah rusak juga namun memang diganti oleh pihak ekspedisinya. Namun kali ini karena CS Shopee langsung menembak suruh retur ke pembeli, ya otomatis tidak ada kelanjutan ke pihak ekspedisi

  • 23 Agustus 2023 - (23:17 WIB)
    Permalink

    lagi lagi percuma bayar asuransi dishope 0,5% ditanggung penjual,tapi kl ada kerusakan tidak bisa klaim parah betul sistemnya shope,ternyata bukan sy aja yg jadi korban rugi pake asuransi.

    • 24 Agustus 2023 - (16:34 WIB)
      Permalink

      Bener mas, udah saya ngikutin semua ketentuan dari shopee untuk pakai bubble wrap dan fragile, bayar asuransi tapi begitu ada kendala langsung seolah” lepas tangan.

      Saya sudah dihubungi oleh pihak shopee untuk sementara waktu, semoga hal ini dapat diselesaikan dengan baik

  • 26 Agustus 2023 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Ada yg kurang tepat. Silakan pelajari S&K bhw pihak marketplace punya otoritas untuk menentukan kebijakan terkait misal retur atau pengembalian dana. Sedangkan, seller dan consumer hanya punya posisi untuk ajukan bukti yg menguatkan klaim atau menolak klaim.

    Dalam kasus ini, anda sudah tunjukkan bukti. Namun, apakah telah komunikasi dgn pihak ekspedisi untuk meminta pertanggungjawaban? Karna, soal pengiriman itu interaksi langsung antara seller dan ekspedisi, bukan marketplace.

    • 26 Agustus 2023 - (11:02 WIB)
      Permalink

      Perlu yang kk ketahui juga di marketplace sebelah jika ada sesuatu berkaitan dengan barang rusak dll baik menggunakan asuransi maupun tidak maka akan tetap dibantu oleh pihak marketplace untuk menjebataninya, bukan begitu aja lepas tangan. Barang yang menggunakan asuransi akan dicover sepenuhnya sesuai nominal dan barang yang tidak menggunakan asuransi akan diganti 10x dari harga ongkir.

  • 29 Agustus 2023 - (09:35 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada mediakonsumen yang telah menjebatani dan pihak shopee. Saat ini kerugian dan kerusakan yang saya terima sudah dicover oleh pihak shopee. Case Closed, sekali lagi terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

CS Shopee Tidak Kompeten, JNE Lepas Tangan

oleh agus dibaca dalam: 1 menit
28