Tagihan IndiHome Tiba-tiba Naik Akibat Penggunaan Telepon Fiktif

Tanggal 19 November 2023, saya bermaksud untuk melunasi tagihan IndiHome, saya dengan nomor pelanggan: 131185157833. Namun tiba-tiba ada kenaikan yang lumayan besar pada jumlah tagihan yang harus dibayar.

Setelah mengetahui ada kenaikan yang cukup besar, saya cek lewat aplikasi MyIndiHome, ternyata benar, tagihan naik secara signifikan dikarenakan ada penggunaan telepon rumah. Padahal sejak IndiHome ini dipasang, tidak pernah sama sekali dipasang pesawat telepon dan perangkat untuk televisi di rumah saya.

Saya langsung hubungi CS lewat call center 188 dan saya menceritakan perihal masalah tersebut. Namun CS IndiHome malah membenarkan adanya penggunaan perangkat telepon di rumah saya. Padahal perangkat tersebut tidak pernah ada. Saya pun mengajukan protes atas jawaban CS tersebut dan saya menolak membayar tagihan IndiHome, karena saya tidak merasa menggunakan perangkat telepon rumah.

Tanggal 20 November 2023, saya dihubungi kembali oleh CS IndiHome dan saya disuruh mendatangi gerai IndiHome untuk penjelasannya. Namun saya langsung menjelaskan semenjak berlangganan IndiHome baru sekarang ada tagihan telepon rumah. Saya menolak saran CS IndiHome untul mendatangi gerai IndiHome, karena saya merasa petugas IndiHome lah yang harus mendatangi saya untuk memeriksa perangkat saya.

Bagaimana tagihan ini bisa muncul padahal tidak ada perangkat telepon yang terpasang? Apakah ini kelalaian petugas sehingga konsumen sangat dirugikan?

Roni Ramdan
Sumedang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel IndiHome:
[Total:3    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan perihal “Tagihan IndiHome Tiba-tiba Naik Akibat Penggunaan Telepon Fiktif”

Merujuk pada surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 22 November 2023 oleh Bapak Roni Ramdan mengenai Tagihan IndiHome yang...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Tagihan IndiHome Tiba-tiba Naik Akibat Penggunaan Telepon Fiktif

  • 22 November 2023 - (11:26 WIB)
    Permalink

    saya baru tau telpon indihome bisa juga pakai 188 (merger dng telkomsel) yang biasanya 147, kalau begitu sebaiknya dari seluler telkomsel kita tidak perlu bayar pulsa

  • 22 November 2023 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Nah kl memang tidak.menggunakan telepon, ya ganti saja paketnya. Ganti ke 1P hanya internet saja atau 2P sama indihome tv. Kl tv juga tidak digunakan ya ganti ke 1P saja cukup. Jauh lebih murah.

  • 22 November 2023 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Disuruh datang ke plasa telkom/grapari berarti beneran ada yang pakai sepertinya. Itu kalau datang ntar dikasih printout detail semua telpon keluar/masuk. Memang harus datang langsung kalau mau printout

    • 22 November 2023 - (16:41 WIB)
      Permalink

      saya mau kekantor kalo disini nya sudah di cek oleh teknisi, baru tadi siang disini diambil gambar sama pengontrolan cuma belum ada panggilan lagi dari indihome

  • 22 November 2023 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Dikutip:
    “Padahal sejak IndiHome ini dipasang, tidak pernah sama sekali dipasang pesawat telepon dan perangkat untuk televisi di rumah saya.”

    Saya asumsikan TS hanya mengambil paket 1P yang hanya internet saja. Anehnya pada rincian tagihan selain telepon kenapa ada biaya layanan tambahan yang biasanya ditagihkan untuk add-on program televisi?

    Saya tidak tahu apakah TS menggunakan router bawaan Indihome atau router lain, tapi biasanya di router Indihome (kalau saya tidak salah ingat) port LAN3 dipakai untuk IPTV (kanal TV Indihome) dan port LAN1 dipakai untuk VoIP (telepon). Jika TS menggunakan salah satu atau dua port ini, bisa terjadi “kebocoran” yang tidak dikehendaki.

    Saran saya, gunakan fasilitas aduan gangguan di aplikasi Indihome agar teknisi datang ke rumah, dan minta mereka untuk lakukan setting ulang di router agar IPTV dan VoIP di nonaktifkan dan semua port LAN dipakai untuk internet. TS tidak bisa lakukan itu sendiri karena pengaturan untuk hal tersebut biasanya terkunci di router Indihome.

    1
    1
    • 22 November 2023 - (16:42 WIB)
      Permalink

      ini katanya 2p, tadi dikontrol teknisi memang tidak ada pesawat telepon, tapi penggunaan pesawat telepon nya ada, teknisi nya juga bingung kenapa bisa begini..

  • 22 November 2023 - (17:54 WIB)
    Permalink

    permasalahan sudah terselesaikan dan saya dapat restitusi pembayaran dan tagihan indihome pun sudah saya bayarkan…

    • 23 November 2023 - (07:30 WIB)
      Permalink

      Sama seperti kasus saya sebelumnya ada penawaran paket video by phone kemudian jadi nambah tagihan padahal paketnya belum aktif, endingnya restitusi. Sekarang tiap ada penawaran by phone langsung tak blokir 😅

    • 23 November 2023 - (15:55 WIB)
      Permalink

      kayanya tagihan telpon indihome lagi bermasalah sebelumnya ada yang komplain tagihan telponnya sampe 6000an jam kalo g salah suatu hal yang g masuk akal..

    • 30 November 2023 - (14:41 WIB)
      Permalink

      waah syukur kalo begitu. indihome ini sering banget kasus tagihan yang tiba2 naik begini, tapi masih aja ada hingga sekarang, masalah seperti ini seperti dianggap sepele oleh orang2 atasnya, yang kena justru orang2 bawah, apalagi sampai masuk mediakonsumen seperti ini, biasanya CS yang menangani laporannya akan kena sanksi seperti SP jika sampai masuk media konsumen. kasian CS nya

  • 23 November 2023 - (19:34 WIB)
    Permalink

    saya sudah 2.5tahun berlangganan indihome dengan paket 1p 20Mbps Promo 205.350 sebulan sudah termasuk PPN 11% tagihan tersebut plat tiap bulan namun tidak pernah menunggak ataupun telat bayar tersebut.

    namun pada bulan oktober 2023 tagihan indihome saya malah naik jadi 277.500 itu termasuk PPN 11% dan sampai november pun tetap sama 277.500 tiap bulan

    namun saya masih bingung padahal indihome saya hanya paket internetnya saja

    namun tidak pernah merubah paket apapun maupun upgrade speed internet itu tidak pernah

    kenapa pihak telkomsel tlah melakukan merubah tarif harga tanpa persetujuaan ke pelangganan indihome.

  • 23 November 2023 - (19:36 WIB)
    Permalink

    saya sudah 2.5tahun berlangganan indihome dengan paket 1p 20Mbps Promo 205.350 sebulan tagihan tersebut plat tiap bulan namun tidak pernah menunggak ataupun telat bayar tersebut.
    namun pada bulan oktober 2023 tagihan indihome saya malah naik jadi 277.500
    dan bulan november pun tetap sama tagihan tersebut.
    namun saya masih bingung padahal indihome saya hanya paket internetnya saja.
    namun tidak pernah merubah paket apapun maupun upgrade speed internet itu tidak pernah.
    kenapa pihak telkomsel tlah melakukan merubah tarif harga tanpa persetujuaan ke pelangganan indihome.

  • 25 November 2023 - (03:47 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk indihome kaga jelas… Tau gak? Kemarin mengucapkan hari PEDULI INFRATRUKTUR tapi kami minta pengadaaan infratruktur tidak di tindak lanjuti dan tanggani. Wkwkk sekarang kenaikan tarif.. bobroknya busuk semuaaaaaa

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel IndiHome?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Tagihan IndiHome Tiba-tiba Naik Akibat Penggunaan Telepon Fiktif

oleh fathur dibaca dalam: 1 menit
17