Layanan JNE Sangat Buruk

Kepada Yth. Pimpinan Ekspedisi JNE,

Toko kami mengalami kerugian akibat pihak ekspedisi JNE dan marketplace (Shopee), dikarenakan kebijakan apabila dalam waktu 3 hari tidak ada update dari pihak ekspedisi, barang akan dinyatakan hilang. Nomor pesanan: 2312122DEKCM25 dan nomor resi: JT69088700281.

Apakah Anda mengerti ini bukan soal klaim barang hilang saja? Namun ada beberapa hal yang tidak diperhatikan oleh pihak ekspedisi JNE:

  1. Toko kami telah sepenuh hati melakukan proses packing hingga barang di-pick up.
  2. Toko kami berusaha tepat waktu agar barang pesanan bisa sampai kepada pihak pembeli (customer) sesuai estimasi.
  3. Toko kami berusaha menjaga kepercayaan pembeli.

Sistem JNE semakin memburuk dan tidak ada perubahan. Sehingga dengan seenaknya tidak melakukan update tracking, lalu pesanan toko kami dinyatakan hilang dengan dana yang diganti tidak sesuai dengan harga barang.

Jika mengarah kepada 10x ongkos kirim, maka toko kami sebenarnya mendapat lebih dari harga barang yang hilang. Namun lagi-lagi, sistem JNE memberikan pilihan: Jika ongkos kirim (10x ongkos kirim) lebih besar daripada harga barang, maka akan diambil harga barang terendah dari yang dipesan oleh pihak pembeli (customer).
Jadi intinya JNE tidak mau rugi. Jika Anda tidak mau rugi, tolong agar barang sampai ke pihak pembeli atau dikembalikan ke toko kami.

Anehnya, pada status tracking pada tanggal 21 Desember 2023: Pesanan sedang diantar ke alamat tujuan, tetapi tanggal 22 Desember 2023: Pesanan dinyatakan hilang oleh jasa kirim. Ada apa ini dengan pihak ekspedisi JNE? Kenapa Anda menimbun barang yang kami jual? Barang yang dinyatakan hilang ini panjangnya 3 meter, yang dari jarak 2 meter mata melihat saja masih akan kelihatan.

Layanan JNE benar-benar buruk sangat buruk. Padahal toko kami berlangganan sudah sejak lama. Namun ini adalah yang terparah dan sangat mengecewakan. Harga barang yang Anda hilangkan dengan dana yang toko kami terima mengalami selisih sebesar Rp895.000. Jangan seenaknya menyatakan barang kami hilang dan jangan pikir bahwa kami senang dengan klaim barang yang tidak sesuai dengan harga barang kami!

Sebaiknya jika tidak sanggup mengganti dana penuh, maka cari barang kami yang Anda hilangkan tersebut! Pasti masih ada di gudang, hanya malas melakukan pengantaran dan pencarian saja.

Alvianto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Layanan JNE Sangat Buruk”

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 8 Januari 2024 berjudul “Layanan JNE Sangat Buruk”...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Layanan JNE Sangat Buruk

  • 8 Januari 2024 - (13:19 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami yang sama , paket JNT TRUCK seperangkat PC Gaming High End dinyatakan hilang ckckckc, ada ada aja barang segede dan seberat itu bisa hilang aneh ini JNE. Saya suruh aja nyari sampai ketemu …

    1
    4
    • 10 Januari 2024 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Cuma fyi aja, kasus JNE udah banyak di media konsumen. Saya juga ngalamin. Kirim kabel 3.6jt hilang di Madiun. Cuma dapet penggatian 1jt. Udah 5 tahun pake jne. Baru kali ini hilang langsung kapok. jawaban dari email cs JNE. Hanya prosedur kirim mengikuti sla dari marketplace. Pengiriman juga VIA JNE TRUCKING

      1
      1
  • 8 Januari 2024 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Banyak kali malingnya, barang sebesar gitu bisa dinyatakan ilang, giliran ongkirnya mahal gak mau ganti 10x lipat…buruk sekali layanan gitu…

    1
    4
  • 11 Januari 2024 - (06:01 WIB)
    Permalink

    Saya juga hampir mengalami gagal terima barang yang saya beli dari shopee menggunakan ekspedisi JNE Trucking, saya membeli showcase seharga 2 juta lebih, 4 hari sejak dilakukan pengiriman oleh penjual status pesanan menjadi pesanan sedang diantar kealamat tujuan lalu selang beberapa menit status menjadi gagal kirim dan pengiriman akan dilakukan esok hari tapi status tidak berubah sampai 2 hari kemudian setelah saya cek via JNE web keterangan berubah menjadi gagal kirim sebanyak dua kali, saat saya tracking melalui shopee keterangan menjadi gagal pengiriman dua kali sehingga pesanan akan dikembalikan ke penjual dan uang akan dikembalikan pada pembeli (padahal tidak pernah ada telepon dari pihak JNE ataupun hal lain yang JNE lalukan sehingga membuat pesanan menjadi gagal kirim) saya tidak mengerti gagal kirim disebabkan oleh apa? Biasanya gagal kirim disebabkan oleh alamat yang sulit ditemukan atau sudah terlalu larut atau penerima tidak ada ditempat dsb tapi ini tidak ada usaha JNE sampai kesana karena saya memang tidak menerima konfirmasi apapun, status pengiriman berubah menjadi akan diantar lalu beberapa menit kemudian menjadi gagal kirim, saya terus menerus tracking melalui berbagai cara ke JNE web, email cs JNE, telepon cs JNE, contact cs shopee melalui aplikasi, contact cs penjual dan saya memberikan ancaman akan saya post di media konsumen jika pesanan saya dibatalkan sepihak dan dana dikembalikan karena kebetulan saya membeli dengan harga terbaik dan daoat diskon cukup besar, apabila pesanan dibatalkan tentu saya tidak jadi mendapatkan harga terbaik itu, sampai akhirnya pesanan saya diantarkan setelah 6 hari padahal seharusnya 4 hari kerja dengan banyak usaha agar pesanan tidak dibatalkan, setelah melihat postingan ini saya baru tahu ternyata sudah banyak barang hilang dari JNE trucking, kenapa selalu JNE trucking? ada apa dengan mereka? Mungkin saran saya harus lebih gencar melakukan tracking ke cs JNE agar pesanan dikirim dengan semestinya. Terima kasih

    1
    1
  • 12 Januari 2024 - (02:32 WIB)
    Permalink

    Jne trucking sepertinya sedang bermasalah, seperti kelebihan beban. Jne truck untuk barang2 besar harus dikirim pakai mobil, nah disini mungkin masalahnya, bisa kekurangan karyawan, bisa kekurangan fasilitas. Banyaknya paket yg harus dikirim tidak sebanding dengan jumlah karyawan dan fasilitas. Itu yg saya amati akhir2 ini dan itu terjadi hanya di beberapa daerah saja. Ditempat saya masih normal.

  • 12 Januari 2024 - (07:33 WIB)
    Permalink

    Saya kapok pake JNE. Pernah saya pesan barang di toko bukan lewat ecommerce. Kurirnya seenak udel. “Bu. Maaf saya lupa rumah ibu, ibu ambil sendiri ya di agen ini (sebut nama agen). Kalau nggak saya retur lagi saya bilang penerima tidak mau menerima”. Wah karena itu kado buat guru anak2, saya bela2in ke agen yang dimaksud. Agen pun kaget, “dia gak pesan apa2 bu, cuma bilang titip pak besok saya anter, saya capek”. Lha? Biarin biar tau tu JNE perbaiki sistemnya biar kurir itu gak seenak udel lagi

    1
    1
    • 13 Januari 2024 - (23:08 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya yg ganti kerugian itu bukan shopee, tapi JNE, asuransi membebankannya ke JNE, lalu JNE membebankannya ke karyawannya. Ini pengakuan dari kurir JNE Trucking yang tiba2 mengantarkan paket saya yang telah dinyatakan hilang dan sdh diganti kerugian yg ada via shopee. Saya ditawarkan tuk membeli barang yg sdh dinyatakan hilang itu ke rek kurir, cuma sy menolak, karna sdh ga butuh. Itu juga direspon setelah masuk MK walo lamban.

      Mereka pengakuan mereka kekurangann SDM tuk bongkar muat dan mengantar, padahal ada deadline otomatis di sistem shopee, cuma di bebrepa kasus, sy perhatikan kebijakan penggantian berbeda2, klo punya saya diganti penuh otomatis pas pembtalan sistem sama shopee, banyak sekali kasus JNE trucking kehilangan paket padahal yakin paket itu ada disana, cuma males nyarinya, wong berantakan sekali gudangnya, orangnya sedikit.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Layanan JNE Sangat Buruk

oleh Alvianto dibaca dalam: 1 menit
13