Sudah 2 Bulan Menunggu Proses Klaim Pesanan yang Hilang dalam Pengiriman

Saya adalah pelanggan/pembeli di Tokopedia dan ini adalah pengalaman terburuk saya dalam belanja online.

Pada tanggal 20 Agustus 2023, saya membeli HP di toko Xiaomi Official, pengiriman dengan kurir Anteraja. Nomor  invoice: INV/20230820/MPL/3412260513, nomor resi Anteraja: 10007672781185.

Namun sampai dengan batas estimasi pengiriman. paket tidak kunjung sampai. Akhirnya saya komplain ke Tokopedia pada tanggal  29 Agustus 2023 dan diminta menunggu investigasi 7 hari kalender.

Sampai dengan batas waktu investigasi habis, akhirnya pengajuan klaim diterima tanggal 5 September 2023. Namun sampai sekarang prosesnya stuck di verifikasi dokumen, tidak ada kelanjutan proses lagi.

Saya mencoba untuk menghubungi Tokopedia Care, jawaban mereka: “Masih dalam koordinasi pengisian BAP. Mohon menunggu”. Sampai kapan saya harus menunggu, jika Tokopedia tidak memberi batas waktu kurir untuk penyerahan BAP?!

2 bulan berlalu, jawaban Tokopedia masih sama, mereka hanya membalas chat tidak ada tindakan sama sekali.
Saya sebagai pembeli sangat dirugikan, proses klaim tidak selesai, dana tidak kunjung di kembalikan. Usaha saya sudah menghubungi semua akun sosial media Tokopedia dan Anteraja, tidak ada jawaban yang pasti kapan kasus ini bisa diselesaikan dan dana saya bisa dikembalikan.

Semoga dengan adanya tulisan saya ini di Media Konsumen masalah ini dapat terselesaikan, dan pihak-pihak terkait membaca dan mengerti keluhan permasalahan  saya ini. Terima kasih.

Gede Dwi
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Sudah 2 Bulan Menunggu Proses Klaim Pesanan yang Hilang dalam Pengiriman

  • 24 Oktober 2023 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Aku do’akan semoga permasalahan kak Gede Dwi dari Dps Bali, segera terselesaikan dengan baik ya kak. Sekarang marak terjadi kehilangan HP yang harganya lumayan fantastis di e-commerce entah dari pihak pembeli atau pihak penjual. Sistem e-commerce Indonesia perlu ditingkatkan keamanan nya. Dari segi seller, kurir, CCTV konter pengiriman, dan sistem e-commerce itu sendiri. Karena bagaimanapun juga pembeli adalah yang harus dinomor satu kan jika menilik permasalahan kak Gede ini.

    • 24 Oktober 2023 - (14:00 WIB)
      Permalink

      Maaf mau tny, biasa nya klu pelunasan kartu kredit DBS diskon nya sampe brp persen, dan bagaimana proses nya, karna pny sdh sdh masuk depcolektor agency(penagih pihak ke tiga)

    • 25 Oktober 2023 - (11:02 WIB)
      Permalink

      Kurirnya gak mau lah ngisi BAP ntr dia kena masalah potong gaji atau dipecat wkwkwk ****** kau kurir

  • 24 Oktober 2023 - (22:02 WIB)
    Permalink

    saran saya,kendala kita sama produk yang hilang pun sama kategorinya, coba push ke pihak ekspedisi nya karena kemaren saya juga mengalami hal yang sama hampir masuk 2 bulan , kontak cs tokped jawaban nya ya sama kaya yang di thread ini berulang” Jawaban nya pasti begitu, koordinasi,diprioritaskan,dimaksimalkan, tapi nyata nya kendala seperti di gantung, kalo gak ada inisiatif kita sendiri buat nanyain kendala kita ke ekspedisi yakin saya bakal lama kelar nya
    Saya push terus ke CS ekspedisi nya dan langsung di konfirmasi ke pihak PIC ekspedisi nya hari itu juga langsung dilampirkan lah Bap/surat kehilangan ke tokopedia dan hari itu selesai drama bap, tinggal nunggu asuransi max 3 hari kerja,
    Kalau di fikir” Lagi kendala ini sebenarnya bisa langsung selesai setelah proses investigasi ga harus berlarut”, tapi ya itu kendala digantung dari ekspedisi nya capek konfirmasi ke tokped nya aja gak ada kejelasan

  • 25 Oktober 2023 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Kelihatannya yang namanya e-commerece itu tidak bertanggung jawab..kita sebagai konsumen mana perlindungannya…sedangkan jasa pengiriman seolah olah lepas tangan…mau nilai barangnya kecil sampe besar…emang asuransi kehilangan bisa menjamin ?..memang belanja via online resikonya tinggi…terutama kalo barang yang kita beli nilainya sudah besar…harusnya jasa pengiriman harus bertanggung jawab…dan pihak e-commerace bertanggung jawab juga…nuhun..

  • 25 Oktober 2023 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Kok gini amat sekarang proses klaim asuransi di toped? Dulu sktr 1 thn yg lalu, proses klaim sangat cepet, ga sampe 7hari udah cair asuransi, skrg kenapa sampe berbulan² gini ?
    Ah jadi takut jualan barang mahal di toped kalau gini caranya!

    • 25 Oktober 2023 - (11:54 WIB)
      Permalink

      Saya aja sejak kehilangan barang sudah mengurungkan niat belanja di ijo,walaupun sudah clear sih masalahnya, malas nya ya itu kalo kehilangan menunggu nya sampe ber bulan” Itupun inisiatif kita sendiri buat nanyain kendala ke ekspedisi nya lngsung

  • 25 Oktober 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Saya jg mengalami hal yg sama nih
    Paket saya nyasar gak tahu diapain sama sikurir
    Sudah komplain tp jawabanya hanya bot
    Mana dikolom kurir tidak dicantumkan nomor hp
    Sy belanja di e-comerce jg
    Cuma bisa kesel dan kecewa

  • 26 Oktober 2023 - (10:04 WIB)
    Permalink

    dah dibilang asuransi biar dipegang masing2 kurir biar dia yg tanggung jwb msh aja dimonopoly toped terus hilang gak mau ganti pula ampass !!

  • 26 Oktober 2023 - (16:42 WIB)
    Permalink

    Sebelum tau mk beli hp 3biji ga pake asuransi alhamdulillahnya aman skrg pas udh tau agak2 ngeri wkwk. Mending toko oren gk sih kalo komplain jelas ada batas waktunya gk kaya toko ijo banyak bgt kasus di mk berlarut2

  • 27 Oktober 2023 - (21:42 WIB)
    Permalink

    anteraja emang ngeri” sedap,estimasi 4 hari bsa sampe 15 hari.
    dan di tokped banyakan free ongkir pke anteraja.

  • 28 Oktober 2023 - (06:54 WIB)
    Permalink

    Kurir anteraja udah gak kaget sih saya kalau barang hilang, kejadian terlalu sering. Dan yang paling gokil tokopedia ngurus kayak gitu sampai 2 bulan, hanya jawaban robot saat di hubungi. Kapan ecommerce indo maju hadeh.

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Sudah 2 Bulan Menunggu Proses Klaim Pesanan yang Hilang dalam Pengirim…

oleh gede dibaca dalam: 1 menit
17