Refund Belum Diterima, tapi Masalah Dinyatakan Selesai

Saya adalah sebagai pembeli di Tokopedia, dengan transaksi yang saya lakukan pada 21 September 2023. Nomor invoice: INV/20230921/MPL/3468092347, dan nomor resi pengiriman Anteraja: 10007800998678. Permasalahannya, barang tidak terkirim dan telah dinyatakan hilang. Proses dinyatakan selesai dan ditutup oleh Tokopedia, dengan persetujuan klaim asuransi untuk dana refund kepada penjual dan dana refund kepada pembeli.

Masalahnya, dana refund belum saya terima sampai saat ini. Saya dihimbau untuk terus menunggu, sementara permasalahan sudah dinyatakan selesai dan ditutup.

Berikut ini kronologinya berdasarkan waktu:

  1. 27 September 2023: Pengajuan komplain  oleh saya sebagai pembeli.
  2. 4 Oktober 2023: Pengajuan klaim asuransi atas barang yang dinyatakan hilang.
  3. 31 Oktober 2023 :Tokopedia akhirnya memutuskan bahwa klaim telah selesai, dengan pernyataan bahwa pihak asuransi telah menyetujui klaim, maka kendala ditutup oleh Tokopedia dengan penerusan dana ke Saldo Penghasilan Penjual dan penggantian dana klaim pembeli ke Saldo Refund Tokopedia Pembeli.
  4. Pada saat masalah dinyatakan selesai 31 Oktober 2023 oleh Tokopedia berikut kondisi yang ada:
    ▪︎ Pusat Resolusi ditutup pada permasalahan tersebut.
    ▪︎ Saya sebagai pembeli yang mengajukan komplain belum menerima dana refund di saldo refund Tokopedia saya seperti yang diinformasikan (tertera info tambahan membutuhkan 2×24 jam untuk proses tersebut bagi pembeli? why?).
    ▪︎ Per tanggal 2 November 2023 pukul 10.44 am, saya juga belum menerima dana refund.

Yang menjadi concern saya:

  1.  Ketika permasalahan dinyatakan “Selesai” dengan keputusan disetujui dam penutupan kendala, seharusnya semua pihak yang dirugikan telah mendapatkan kompensasi. Baik yang mengajukan komplain/pembeli dan pelaku bisnis/penjual, karena kesalahan adalah pada pihak ekspedisi (reasons: common sense, reliability: insurance filling has been approved and done).
  2. Ketika ada salah satu pihak saja yang dirugikan (contoh pembeli) belum mendapatkan dana refund, permasalahan belum bisa dinyatakan selesai. Permasalahan tetap masih harus terbuka, karena dana belum benar-benar disalurkan ke semua pihak (reasons: objectivity, fairness, impartiality).
  3. Perjalanan komplain juga melewati proses cukup lama, back and forth dengan respons yang tidak transparan.
  4. Terdapat opsi “Ulasan” dari saya untuk review pembelian pada transaksi tersebut setelah masalah ditutup. Seolah-olah saya telah menerima produk yang saya pesan dengan selamat dan polis kerusakan 1 item juga berjalan. Sementara pada kenyataannya barang tersebut hilang di pengiriman, uang saya hilang dan refund masih di-“keep” oleh Tokopedia. So what is the point of reviewing?

Semua pihak yang membaca kendala ini saya harap bisa memberikan input yang bijaksana. Semoga kendala ini juga tidak dialami oleh semua konsumen. Apalagi bila kita sebagai konsumen sudah berperan proactive, honest dan turut membantu pelaku usaha (termasuk membantu marketplace, insurance companies, sellers).

Bilamana kita mencoba mencari justifikasi permasalahan ini, kita akan paham bahwa tetap saja tidak benar. Masalah dinyatakan selesai dan ditutup, karena insurance filling telah selesai. Namun saya sebagai pembeli sampai saat ini belum mendapatkan refund dana pada saldo refund Tokopedia saya.

Stay safe.

Rulli Cahya
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Refund Belum Diterima, tapi Masalah Dinyatakan Selesai

  • 4 November 2023 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Tokopedia memang seperti itu alurnya kalau pakai asuransi. Kalau tidak pakai asuransi uang pembeli dikembalikan dulu, yang penjual tunggu klaim ke ekspedisi, karena itu saya selalu tidak pakai asuransi.

    • 6 November 2023 - (14:06 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah beli HP S23 Ultra dikirim sabun . Karena toped takut ancaman tokonya maka duit tokonya dikembalikan dan saya dirugikan dgn pengembalian uang saya yg berjalan srkitar 4.5 bln. Pada akhirnya diganti oleh toped ya setelah 4.5 an

  • 4 November 2023 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Poin 4, mmg g logika ,g di ijo g di orange, masalah kita blm selesai…kita di suruh riview… kan konyol…

  • 4 November 2023 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga belum dapat uang pengganti sudah selesai sejak tanggal 24 oktober 2023…….saya baru berencana memuat di MK……tapi sudah dimuat disini saya mau lihat respon tokopedia….

      • 8 November 2023 - (06:22 WIB)
        Permalink

        Terimakasih untuk semua pihak yang telah memberikan saran dan opini, saya sangat menghargai semuanya. Sangat disayangkan per 8November 2023 pukul 6:00 am, belum ada perubahan tentang pengembalian refund. Informasi yang saya terima dari tokopedia tanggal 6 November; mereka belum menerima dana refund dari pihak asuransi [berbeda dengan informasi penutupan masalah sebelumnya yang mereka sampaikan bahwa pengembalian dana refund dapat saya terima maksimal 2 November 2023]. Sepertinya saya harus siap siap menerima end result kalau uang saya hilang [inspirasi untuk masyarakat kita agar lebih menghormati hak konsumen karena bukankah kita memiliki UU yang baik?]. >stay safe.

  • 4 November 2023 - (18:21 WIB)
    Permalink

    asuuu_ransi toped emang sampah dah bnyk aduan diMK gak pernah digubris karna sdh dimonopoly pembeli tdk punya hak kalo tdk suka beli diMP lain cuma itu opsinya

  • 4 November 2023 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Kadang memang seperti itu.
    Yang bertugas mencet tombol cair kelihatannya baru scroll sosmed lupa waktu.
    Yang sabar, hbs ini cair

  • 8 November 2023 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Sy dari tanggal 1 Oktober sampai sekarang belum di kembalikan dana perihal saya beli hp di Tokopedia melalui sicepat ternyata hp sy ditukar sama madu oleh kurir sicepat dan di suruh nunggu terus sampai tanggal 7 November dana belum ada kabar dikembalikan

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Refund Belum Diterima, tapi Masalah Dinyatakan Selesai

oleh Q D dibaca dalam: 2 menit
11