Isi Paket Retur Shopee COD Senilai 4,1 Juta Rupiah Hilang

Pada tanggal 8 Januari 2024, saya mendapat pesanan COD Shopee dari akun Shopee: nismu123__ senilai Rp4.110.000, dengan nomor order: 240108BQSR2JCN. Paket seberat 1.8 Kg, tujuan ke Shopee Express Shopshopday.id Medan, dengan nomor SPX: SPXID045815750501.

Produk yang saya jual adalah sun stick dan sun screen. Sebelumnya saya track juga siapa pembelinya, sehingga saya percaya untuk mengirimkan produk senilai Rp4 juta tersebut. Karena saya cek penerima COD-nya adalah shopshopday.id (yang merupakan salah satu seller di Shopee), maka saya percaya untuk mengirimkan produk tersebut.

Alangkah terkejutnya saya, ketika pada tanggal 29 Januari 2024, saya mendapat returan paket tersebut dengan kondisi paket kosong (hanya kardus saja). Saya curiga ketika paket diterima dalam keadaan ringan dan kondisi lakban tidak menyambung (dilakban ulang). Setelah saya unboxing ternyata benar, isi paket telah dicuri dan hanya menyisakan bubble wrap-nya saja. Berikut video unboxing paket returan yang saya terima:

Toko saya sudah memiliki review lebih dari 68 ribu pelanggan Shopee dan sudah biasa menerima returan produk COD yang tidak dibayar pelanggan. Namun baru kali ini saya mendapatkan isi produk returan COD dari Shopee senilai Rp4,1 juta tidak ada dalam kemasan paketnya.

Saya sudah kirim email ke Shopee, tetapi tidak ada respons. Saya sudah lapor ke pihak kurir Shopee Express yang mengembalikan paket saya, tapi tidak ada kejelasan. Makanya saya bingung, ke mana saya harus mengadukan nasib paket saya?

Mohon agar pihak Shopee Express menginvestigasi dan menindaklanjuti oknum yang mengambil paket tersebut. Produk senilai 4 juta rupiah sangat besar buat toko saya. Mohon dibantu untuk permasalahan saya agar mendapat respons dari pihak Shopee. Terima kasih atas dimuatnya surat pembaca saya.

Ai Sartika
Bandung, Jawa Barat


Update (22 Februari 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

50 komentar untuk “Isi Paket Retur Shopee COD Senilai 4,1 Juta Rupiah Hilang

    • 1 Februari 2024 - (17:29 WIB)
      Permalink

      Kurang tau, kak. Alamat penerimanya disana dan paket saya cukup lama disimpan disana namun tidak dibayar konsumen ybs.

      4
      6
        • 1 Februari 2024 - (20:04 WIB)
          Permalink

          iya kak. Alamat pengirimannya disitu sesuai pesanan yang masuk. Saya berani kirim COD karena mengecek terlebih dahulu alamat pengirimannya apakah fiktif atau bukan. Setelah saya cek alamatnya memang sesuai ada, makanya saya berani kirim produk senilai 4 juta tersebut.

          2
          6
          • 1 Februari 2024 - (20:08 WIB)
            Permalink

            Wkwkkw lah itu mana alamat kak. Kalau ke Popbox bisalah kakak kirim. Kalau hanya buat alamat shopshopday.id saja banyak sindikat.

            Dari trackingnya pembeli tidak mengajukan pengembalikan barang karena tidak sampai. Memang pembeli sindikat itu. Sengaja membuat alamat kirim.

            Dan bisa jadi sindikat dengan kurir yang antar paket.

            7
            17
          • 2 Februari 2024 - (08:22 WIB)
            Permalink

            ini orang2 hanya diskusi, tapi kenapa dijempol bawah sampai 4 kali ya? ada yang salah dengan sistem mediakosumen ini

            6
            12
        • 2 Februari 2024 - (08:13 WIB)
          Permalink

          itu alamat agen spx/Shopee Xpress. coba cek sendiri di Google maps ada apa engga di lokasi kota ente

          3
          14
          • 22 Februari 2024 - (00:46 WIB)
            Permalink

            Ga semua alamat agen termuat di google maps.

        • 4 Februari 2024 - (13:55 WIB)
          Permalink

          Bantu jawab. Itu adalah pembeli dari luar negeri karena toko anda ikut program ekspor Dikelola shopee, makanya ditambahin (.id)
          Jadi toko shopshop.id itu adalah kloning toko anda yang dikelola shopee, yang bisa dilihat di situs shopee luar negeri. Pakai VPN kalau mau cek. Anda disuruh kirim ke alamat shopshop.id itu dikirim ke pusat shopee jakarta dulu. Barang disorting ulang dan dipacking ulang oleh shopee sebelum di ekpor. Kemungkinan bisa dibuka disana.
          Dan satu hal lagi program ekpor impor shope ini udah distop oleh kemetrian. Jadinkita sudah gag bisa kirim barang keluar negeri maupun beli barang dari luar negeri. Untuk kasus anda bisa disimpulkan sendiri.
          Semoga membantu,
          Salam!

          • 4 Februari 2024 - (15:49 WIB)
            Permalink

            Ngomong apa sih kamu. Analogimu terlalu terjun tidak berdasarkan. Kwkwkwkwkkwkw.

            1
            2
      • 2 Februari 2024 - (13:13 WIB)
        Permalink

        Isi formulir klaim baru bisa kak
        Kalau melalui email atau kurir tdk bisa kak, saya sudah sering klaim dengan formulir, formulir klaim bisa searh di pusat bantuan

        4
        9
          • 2 Februari 2024 - (18:55 WIB)
            Permalink

            Terima kasih infonya ya kak Pang

            2
            2
      • 3 Februari 2024 - (20:38 WIB)
        Permalink

        saran sy kk bisa pergi ketab pengiriman gagal lalu klik klaim barang rusak atau hilang saja,mumpung belum 1minggu,klo kelamaan cs shopee akan berdalih sudah tidak bs claim lg,setahu saya paket COD itu bila pengiriman gagal posisi paket tetap sama kurir shopee express belum pindah tangan kepihak penerima,coba cek dus paketnya apa sudah ada pengalihan kurir dr shopee express ke yg lainya.jika belum sudah dipastikan paket dicuri sama kurir shopee express

        4
        4
    • 2 Februari 2024 - (22:25 WIB)
      Permalink

      Berani banget kak, nilai segitu sistem cod,
      Lagian kalo dikira mahal mending pake assuransi pengiriman saja, lebih aman..
      Saya pribadi sudah tidak pake shopee buat jualan, lebih ke ijo atau merah, pengiriman pake jne/tiki only, sebab di 2 expedisi tersebut bisa pake asuransi,

      1
      5
  • 1 Februari 2024 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Kalau pembeĺi “biasa” pasti tidak bisa menerima paket kl belum dibayar . Alasan returnya apa ya ?? Apakah pembeĺi masih bisa dihubungi? Saat kurir mengantar paker returan tsb , apakah seĺler nggak langsung meñyaďari saat itu juga kl paket tsb kosong . Apapun , jasa pengirimañlah ygharus bertanggung jawab , karena mengantantarkan paket yg kosong , alias barang belum diretur .

    1
    7
    • 1 Februari 2024 - (19:56 WIB)
      Permalink

      @Renyta
      Saya setuju. Pengiriman COD biasanya bayar dulu baru barang bisa dibuka. Sopi punya layanan baru (yang amat merugikan seller) yaitu metode COD yang boleh periksa barang sebelum bayar. Semua ini tentu cuma boleh dan bisa dilakukan di depan kurir pengantar barang. TS bisa minta penjelasan ekspedisi mengenai kronologi yang terjadi sesungguhnya di lapangan. Adapun kasusnya sendiri bisa melibatkan polisi karena ada unsur penipuan dan pencurian.

      6
      15
      • 1 Februari 2024 - (20:33 WIB)
        Permalink

        Hai kak, terima kasih sarannya. Saya juga kaget kenapa saya menerima paket kosong? Saya baru pertama kali mengalami kejadian ini, makanya langsung shock mengingat produk tersebut bernilai 4 juta.

        1
        4
      • 2 Februari 2024 - (22:28 WIB)
        Permalink

        Paket cod biasa cuma bisa diretur kalo belum dibuka. Kalopun paket cod buka dulu, bukanya hrs di depan kurir. Kalo kasusnya begini mah, malingnya kurir SPX.

        Udah coba komunikasi sm pihak buyer, ga?

        1
        3
    • 1 Februari 2024 - (20:00 WIB)
      Permalink

      Hai kak, saya curiga jika paket kosong tidak seperti biasa karena berat seharusnya kan 1.8 Kg sedangkan saat paket diterima sangat ringan seperti hanya dus saja. Oleh karena itu, saya membuat video unboxing karena curiga lakbannya tidak menyatu (lakban pernah digunting dan ditempel kembali). Lakban di pinggiran paket tidak menyatu seperti kita pertama kali mengemas. Yang paling jelas terlihat sih dari lakban pinggiran paket yang tidak menyatu dan pernah ada yang membuka lalu menempelnya kembali.

      1
      3
  • 1 Februari 2024 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Ini jelas permainan kurir dan atau dengan pembeli. Jangan mau kak jika hanya diganti biaya asuransi yang tidak jelas itu. Silahkan lapor polisi biar nyahook.

    3
    7
  • 2 Februari 2024 - (07:35 WIB)
    Permalink

    Klo mnrt sy sih ini lbh condong ke org gudang nya ya.. krn di label jelas tercetak jmlh nominal yg dibayarkan dgn sistem cod cukup besar sekitar 4jtan, apalagi metode pengiriman nya sy lihat itu adalah pembeli yg harus pick up lgsg, bkn nya diantar ke rumah, jd ga bs diketahui itu alamat fake atau real.. jd kemungkinan besar ada org gudang yg bikin fake order utk dirancang sedemikian rupa alamatnya supaya bs paket nya stay di gudang org itu bbrp hr, stlh beehasil ganti isi paketnya lalu sesuai tengat wkt maka paket nya akan diretur ke seller dgn alasan tdk di pick up pembeli.. ini tuh uda hmpr profesional sih.. sebagai sesama seller cm mau ngingetin, klo bs minimalisir paket yg harga nya lumayan dgn sistem cod.. bahkan yg ga cod aja suka pada hilang klo tau itu mahal, sy aja suka coret nama barang di paket nya supaya ga ketauan isi nya apa dr pd resiko bikin pd khilaf hehe..

    2
    3
    • 2 Februari 2024 - (09:07 WIB)
      Permalink

      Oknum seperti ini harus disentil kak, nanti keenakan ngambil barang pengirim. Shopee express juga sebaiknya tegas dengan oknum tersebut untuk menghidari kejadian serupa nantinya. Oknum ini sudah masuk tindak kriminal karena melakukan ke pencurian dan merusak citra shopee express.

      3
      8
  • 2 Februari 2024 - (08:10 WIB)
    Permalink

    col itu kode khusus agen spx. aliasan layanan pengambilan sendiri dari buyer ke tempat drop off. jadi engga diantar kurir lagi.

    2
    10
  • 2 Februari 2024 - (22:00 WIB)
    Permalink

    dilihat dari resinya, ini paket tujuannya ke agen shopee SPX Express shopshopday.id, dan paketnya sudah sampai keagen tersebut.

    ada kemungkinan paket tersebut di buka agen, atau di HUB sebelum sampai agen.

    mengenai paket lama di SPX Express Shopshopday, memang kebijakan dari Shopee Express adalah mengizinkan paket tersebut di letakkan di agen selama 5 hari. dan jika 5 hari tidak dilakukan pengambilan maka status paket akan otomatis return..

    saya juga agen soalnya..

    laporin aja itu, ntah itu agen yang kena, atau gak oknum di HUB atau selama perjalanan. sebab itu paketnya pasti statusnya “BARHAL” atau Barang Mahal.

    1
    5
    • 3 Februari 2024 - (10:47 WIB)
      Permalink

      bener bang
      maaf kalo salah, seharusnya kalo cod segitu toko juga harus ilangin cod nya
      jadi kayak harus tf dlu gtu biar aman

      • 3 Februari 2024 - (20:02 WIB)
        Permalink

        Bukan masalah ada atau gak nilai cod ny sih menurutku, soalnya dari HUB tau itu nilai barangnya berapa, dan pasti di notice kurir yang nganter itu paket ke agen.

        Dari kasus TS ini, ada 4 kemungkinan.
        1. Agen yang Nakal
        2. Oknum HUB (ntah itu gudang yang mana)
        3. Kurir yang membawa dari Hub terakhir ke Agen
        4. Order Fiktif (yang dilakukan oknum kurir atau hub) jadi paket dibuka oleh oknum tersebut sebelum diantar ke agen.

        Jika memang benar di kemungkinan ke 4, itu paket sengaja gak diambil oleh buyer sampai status return otomatis.

        1
        5
  • 7 Februari 2024 - (16:40 WIB)
    Permalink

    Ini ada oknum yg bermain dijasa expedisi nya, gw pernah Jadi kurir , pernah jadi QC di expedisi dan perna Jadi WH di expedisi. Itu kaka nya minta bukti ke expedisi nya berupa cctv dari mulai paket sampe gudang tujuan dan cctv paket direktur balik ke gudang. Nanti pihak sana kalau bener2 jujur akan buka cctv nya. Tapi kalau banyak alasan ya tau lah tebak sendiri. Minta juga no telp kurir nya. Itu saran saya sih ka. Biar komplen kaka kuat.

  • 13 Februari 2024 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru saja mengalami paket dinyatakan hilang kak. Paket shopee cod ke Sorong Papua. Paket terlacak dalam pengantaran sejak tanggal 5 Feb 2024. sampai tanggal 12 Feb statusnya gagal diantar dan pembeli akan ambil sendiri ke gudang. Pembeli dichat responsiv membalas, kurir dichat tidak responsiv. Semalam tanggal 12 Feb paket dinyatakan hilang oleh Shopee 😅😅. Lumayan nilainya 1,2jt

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Shopee Xpress di Shopee?

Ada 50 komentar sampai saat ini..

Isi Paket Retur Shopee COD Senilai 4,1 Juta Rupiah Hilang

oleh Ai Sartika dibaca dalam: 1 menit
50