Tokopedia Lebih Mementingkan Refund ke Penjual Dulu daripada ke Pembeli

Dana refund Tokopedia tidak kunjung balik. Saya melakukan pembeli di Tokopedia pada tanggal 21 Desember 2023, barang berupa 1 set bed cover. Dengan nomor invoice: INV/20231221/MPL/3636695278.

Tanggal 25 Desember 2023, barang sampai. Pengiriman same day/besok sampai, tapi 4 hari baru sampai dan ternyata barang yang dikirim tidak sesuai. Saya langsung konfirmasi ke penjual, untuk pengembalian barang. Pengembalian barang diterima oleh penjual. Saya juga konfirmasi ke CS Tokopedia agar disetujui pengajuan pengembalian barang saya.

Tanggal 28 desember 2023, akhirnya pengembalian barang disetujui oleh pihak Tokopedia. Dengan syarat pengembalian manual, nanti ongkir diganti bareng dana refund.

Tanggal 30 Desember 2023, saya melakukan pengembalian barang menggunakan kurir J&T Express. Karena jaraknya dekat (Cikarang – Jakarta), tanggal 1 Januari 2024 paket sudah sampai di Jakarta.

Namun sampai tanggal 5 Januari 2024, barang tidak sampai-sampai. Akhirnya saya tanyakan ke CS J&T Express. “Paket berhenti pada tanggal 2024-01-07 10:55:22. Scan Delivery 【 CP_KALI_BARU 】delivery oleh【 Training 14 】Discan oleh【 Gilang Fa*** Rama*** 】”.

Akhirnya saya berkoordinasi dengan pihak CS Tokopedia lewat chat diskusi (antara saya, penjual dan Tokopedia). Menurut informasi dari CS Tokopedia pada tanggal 9 Januari 2024,  barang terindikasi hilang oleh J&T Express. Saya langsung diberikan waktu 2 hari oleh CS Tokopedia untuk mengisi formulir refund dana.

Tanggal 10 Januari 2024, saya isi formulir refund dana. CS Tokopedia menyatakan masih menunggu dari pihak J&T Express untuk isi formulir juga dan diteruskan ke pihak asuransi. Setiap hari saya dan penjual menanyakan di chat diskusi, sudah sampai mana perkembangannya? Katanya masih dalam penanganan pihak asuransi. Dari tanggal 10 Januari 2024 – 18 Januari 2024.

 

Namun anehnya, pada tanggal 19 chat diskusi otomatis tertutup. Pesan CS Tokopedia “Dikarenakan klaim sudah disetujui oleh pihak Asuransi. Oleh karena itu, kendala ini kami bantu tutup dengan solusi penerusan dana ke Penjual dan penggantian dana ke Saldo Refund Pembeli senilai Rp254,320 dengan estimasi 2 hari kerja sejak kendala ini tertutup”.

Tanggal 21 Januari 2024 (karena estimasi 2 hari cair), ternyata belum cair juga ke saldo Tokopedia saya. Saya tanyakan terus ke CS Tokopedia di aplikasi dan FB messenger, sampai sekarang tanggal 29 Januari 2024, dana belum juga cair ke saldo Tokopedia saya. Respons CS Tokopedia “Saat ini kami akan terus bantu follow up ke pihak Asuransi agar dioptimalkan proses penggantian dananya ya Kak. Mohon menunggu dahulu ya Kak“.

Dana masih nyangkut di asuransi, tapi anehnya lagi dana sudah cair duluan ke penjual. Iki piyeee tohhh?


Kenapa dana cair ke penjual duluan daripada ke pembeli? Berarti hak konsumen/pembeli diabaikan, dikesampingkan, tidak diutamakan oleh pihak Tokopedia. Aneehhh Tokopedia, katanya dana masih di pihak asuransi, kenapa dana sudah cair duluan ke penjual? Kenapa bukan dicairin ke pembeli dulu?

Anjas Pradesa
Cikarang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Tokopedia Lebih Mementingkan Refund ke Penjual Dulu daripada ke Pembeli

  • 1 Februari 2024 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Bukannya SOP nya begitu yah?

    Penjual –>> dari Tokopedia
    Pembeli –>> dari Asuransi

    Jadi ini kan ga ada yg aneh. Kl

    1
    1
    • 1 Februari 2024 - (21:43 WIB)
      Permalink

      Hadeh, ko bodoh yak… REFUND DANA PEMBELI BELUM BERES. ya seharusnya transaksi bukan di close…

      Itu org komplain refund belum d terima pembeli tapi transaksi selesai dana d cairkan ke penjual…

      1
      5
  • 1 Februari 2024 - (08:44 WIB)
    Permalink

    [Tokopedia, katanya dana masih di pihak asuransi, kenapa dana sudah cair duluan ke penjual? Kenapa bukan dicairin ke pembeli dulu?]

    Dana yang cair ke penjual itu memang hak penjual dari penjualan/transaksi. Sedangkan asuransi kamu yang bayar, terbit atas nama kamu di invoice, ya jelas kamu yang tunggu dana talangan asuransi.

    Kalau mau langsung cair ke kamu, cari toko yang bisa tanpa asuransi. Kamu lebih cocok belanja di sebelah, yang merajakan pembeli.

    4
    1
    • 1 Februari 2024 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Emangnya pembeli TIDAK PUNYA HAK YA??? REFUND PEMBELI BELUM CAIR SEHARUSNYA TRANSAKSI DI HOLD DONK.
      Bukannya di teruskan ke penjual…

      Bukan merajakan pembeli… Emang udah seharusnya pembeli d lindungin dari hal kaya gini.

      Ga ada tu lembaga perlindungan penjual adany lembaga perlindungan konsumen

      1
      3
  • 1 Februari 2024 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Kalau pemahaman saya sih yang bayar asuransi siapa ,ya dia yang nunggu uang asuransi cair.

    • 3 Februari 2024 - (02:42 WIB)
      Permalink

      Kurang sabarr katanyaa….
      Hadehh..

      Saya baca , Yah lagian kalo belum benar benar selesai. Dana cair kepada keduanya. yah jangan ditutup diskusinya..
      Ditambah info dana cair duluan ke penjual. Sedangkan pembeli ngemis ngemis mau sebulan… hihihi

      Mang sabarnya suruh yang bagaimana ? Nunggu 1 tahun .. Hihihi

  • 2 Februari 2024 - (13:00 WIB)
    Permalink

    GK heran saya pernah ngalamin serupa ini. Uang pembelian saya baru cair 6 bulan sejak orderan saya hilang.

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Lebih Mementingkan Refund ke Penjual Dulu daripada ke Pembel…

oleh Kopi dibaca dalam: 2 menit
10