Proses Komplain Pembeli di Shopee “Auto Approve”

Dear Media Konsumen,

Perkenalkan, saya adalah pemilik salah satu toko online yang berjualan di Shopee. Di sini saya ingin cerita sedikit pengalaman saya berjualan di aplikasi online.

Pembeli saya membeli sebuah lampu sepeda, dan salah satu lampunya ada yang mati/tidak menyala. Kemudian dia mengajukan komplain dengan nomor pengajuan: 24040807JWW5WVP.

Kronologi selanjutnya:

  • 08/04/2024 14:34: Pembeli mengajukan pengembalian baru.
  • 08/04/2024 19:09: Permintaan diterima oleh Tim Mediasi Shopee dan dana dikembalikan ke pembeli, sementara produk kami tidak dikembalikan.
  • 08/04/2024 19:16: Saya mengajukan banding, agar produk yang bermasalah dapat dikembalikan

Lalu saya coba bertanya ke CS Shopee pada menu chat dan diberikan ketentuan banding, berikut isinya:

Penjual terpilih yang telah menggunakan alur pengembalian barang/dana yang baru dapat mengajukan banding untuk mendapatkan kompensasi setelah Shopee mengembalikan dana ke Pembeli. Sementara, Penjual lain tidak dapat mengajukan banding setelah pengembalian dana diproses.

Alur pengembalian barang/dana untuk Penjual terpilih

Untuk pengembalian dana saja, keputusan ditentukan oleh Shopee langsung. Anda dapat mengajukan banding dalam waktu 3×24 jam setelah dana dikembalikan ke Pembeli.

️⚠️ Catatan

Jika Pembeli mengajukan pengembalian dana untuk pesanan yang tidak diterima, maka Anda tidak dapat mengajukan banding.

Shopee akan menyelidiki kasus pesanan tidak terima untuk pengiriman yang menggunakan jasa kirim yang didukung Shopee. Tidak ada tindakan yang diperlukan dari Anda.

Jika pengiriman menggunakan jasa kirim yang tidak didukung Shopee, Anda akan diminta untuk memberikan bukti yang menunjukkan bahwa paket telah dikirim.

Untuk pengembalian barang/dana, ketika Pembeli telah menerima pengembalian dana, Anda masih dapat mengajukan banding dalam waktu 2×24 jam setelah status pengiriman pengembalian barang terkirim. Jika pengajuan banding Anda berhasil, Anda akan menerima kompensasi.

Dikarenakan saya bisa mengajukan banding, berarti saya ada penjual terpilih. Nah bagaimana nasib penjual yang tidak terpilih? Hal seperti ini dapat dimanfaatkan oleh pembeli untuk pembelian fiktif. Yang mana apabila pembeli komplain dengan alasan produk bermasalah, maka dana akan di-refund ke pembeli, sementara produk tidak diretur ke penjual. Jadi di sini pembeli dapat produk gratis, aplikator dapat biaya admin, penjual dapat kerugian produk, materi dan tenaga.

Terus apa guna team mediasi Shopee di sini apabila hanya tahu main approve pengembalian dana kepada pembeli? Tolong netral dong, jangan sampai merugikan salah satu pihak! Kami penjual juga tidak mau apabila produk yang kami kirim itu bermasalah sampai di tangan pembeli.

Buchanan Marbun
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Proses Komplain Pembeli di Shopee “Auto Approve”

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Proses Komplain Pembeli di Shopee “Auto Approve”

oleh Silverbonan dibaca dalam: 1 menit
3