Garansi 7 Hari Pengembalian Barang dari Official Store Shopee Tidak Berguna

Pada tanggal 9 September 2022, saya melihat promo cicilan 0% di Shopee, dengan menggunakan metode pembayaran SPayLater dan kupon voucher 10% cashback koin. Saya memutuskan untuk membeli TV Xiaomi A2 43″ dari toko resmi Official Store Xiaomi seharga Rp3.999.000, garansi 7 hari pengembalian barang, dengan metode SPaylater cicilan 0% 12 kali.

Setelah menunggu 10 hari, akhirnya paket datang dengan baik, memakai palet kayu kokoh. Kami unboxing dan direkam, fisik memang tidak ada masalah, masih segel tanpa penyok atau yang lainnya. Masalah muncul saat saya mencoba unit TV tersebut. Ternyata TV yang kami beli tidak berfungsi dengan baik seperti bukti berikut ini:

Tanpa menunggu lama, karena masih garansi 7 hari pengembalian barang, saya kemudian mengemas kembali TV tersebut dengan penuh tanggung jawab dan memilih opsi “PRODUK TIDAK BERFUNGSI DENGAN BAIK”. Kemudian saya kirimkan kembali melalui JNT terdekat, sekitar 10 – 15 Km dari rumah.

Foto di JNT

Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya sudah sampai dan diterima oleh resepsionis bernama Reza. Kemudian menunggu untuk divalidasi. Namun setelah beberapa hari menunggu, betapa kagetnya saya ternyata pesanan saya diselesaikan secara sepihak oleh Shopee, tanpa diskusi, alasan atau apa pun.

Ternyata pengembalian barang ditolak dan akan dikirim kembali ke alamat saya. Tagihan SPayLater juga sudah dimunculkan. Saya mencoba protes dengan menghubungi via email chat di aplikasi dan kembali mengirimkan bukti-bukti, mulai dari foto dan video, yang menyatakan bahwa benar produk yang kami terima dalam keadaan tidak berfungsi dengan baik dan bermaksud menanyakan alasan kenapa ditolak.

Seperti biasanya jawaban yang saya dapatkan hanya formalitas, disarankan untuk menunggu dan menunggu. Hingga akhirnya saya mendapatkan email yang menyatakan alasan penolakan, karena barang yang dikirimkan adalah barang segel.

Yang menjadi pertanyaan, apakah barang baru/segel tidak mungkin cacat produksi? Apa gunanya ada pilihan “BARANG TIDAK BERFUNGSI DENGAN BAIK” pada alasan pengembalian? Karena saya tidak mendapatkan jawaban yang baik, terkesan hanya template, saya mencoba untuk telepon. Namun beberapa kali tidak mendapatkan jawaban yang pasti.

Kemudian pada tanggal 5 Oktober 2022 pukul 10:55 WIB saya mendapat telepon dari customer service Shopee yang mengabarkan, bahwa pengembalian barang saya diterima, hanya saja masih proses dan setelah telepon ditutup akan langsung dilakukan penyesuaian limit SPaylater.

Janji tinggallah janji. Setelah menunggu beberapa hari, limit tidak kunjung berubah, malah saya mendapat telepon dari kurir TIKI, yang mengabarkan akan mengirim paket TV. Betapa kecewanya kami setelah melihat pengiriman kembali yang dilakukan oleh pihak Shopee, tanpa tanggung jawab, tanpa safety, hanya dibungkus kresek dan ditelentangkan di atas motor.

Tanpa pikir panjang, kami pun dengan tegas menolak menerima paket tersebut. Dengan kondisi seperti itu bisa dipastikan produk yang sudah rusak semakin rusak, mengingat jalan menuju ke desa kami begitu buruk.

Kami merasa terhina dengan cara pengiriman seperti itu, hanya dibungkus kresek. Padahal saat kami mengembalikan penuh dengan tanggung jawab. Hingga kini masalah ini belum diselesaikan dengan baik. Mereka menyarankan untuk diantarkan saja ke SC Xiaomi yang jarak dari rumah kurang lebih 70 Km, yang tentu membutuhkan waktu dan biaya ekstra lagi.

Jika seperti itu, apa gunanya garansi 7 hari pengembalian barang? Kami merasa tidak mau mengambil risiko dibohongi untuk yang kedua kalinya. Sampai dengan hari ini tagihan SPaylater sudah ditagihkan, yang harus saya bayarkan, walau belum menikmati produk yang kami beli.

Dengan menulis surat pembaca ini, saya berharap pada pihak Shopee untuk membatalkan tagihan saya,  dan jika sampai jatuh tempo belum juga terselesaikan, maka kami tidak bertanggung jawab dengan denda dan lain sebagainya. Kami hanya akan membayar sesuai dengan apa yang kami dapatkan.

Surat pembaca ini dibuat dengan sebenar benarnya tanpa bermaksud menyinggung pihak mana pun, Terima kasih.

Haris Prabowo Sugiarto
Jember, Jawa Timur


Update (8 November 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee dan Xiaomi Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja online di Shopee:
[Total:69    Rata-Rata: 1.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

51 komentar untuk “Garansi 7 Hari Pengembalian Barang dari Official Store Shopee Tidak Berguna

  • 29 Oktober 2022 - (14:14 WIB)
    Permalink

    RESIKO BELI ONLINE, ASURANSI CUMA GIMMICK BELAKA, LEBIH BAIK BELI DITOKO ELEKTRONIK, MAHAL GPP YANG PENTING TERJAMIN GARANSI

    17
    7
      • 30 Oktober 2022 - (20:20 WIB)
        Permalink

        Sy jg pernah ky gitu mas…3x walau pun bkn barang jutaan tp kecewa aja beli pembersih lantai 4botol + tisu dapur1 pembersih lantainya g dtg yg dtg cm tisu dapur doaank seharga 6rb d complain cm mencla mencle yg terbaru kmrn kosmetik banyak betul alesannya pas d complain👎

      • 8 November 2022 - (04:51 WIB)
        Permalink

        Jujur aja sih Pak,klo saya pribadi untuk urusan pembelian barang2 elektronik mending secara offline….lah gak usah barang elektronik mahal…..yang kartu perdana no.hp unik saya beli aja dengan harga lumayan murah di sebuah marketplace juga gak beres tuk pengirimannya smp hari ini….apalagi urusan barang elektronik

  • 29 Oktober 2022 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Tagihan jangan dibayar biar tau gimana rasanya di kerjain….
    Kalau di tagih serahkan semua bukti yg ada….

    13
    1
    • 29 Oktober 2022 - (18:06 WIB)
      Permalink

      Jaman sekarang apa seh… Costomer juga banyak yang cari keuntungan dari review barang. Bukan men judge buruk. Namanya barang segel sudah dibuka… kalo pun rusak jatuhnya ke Costomer service atau garansi. Kecuali masih segel belum dibuka bisa dibalikin. Kaya pakaian kamu coba ukuran tidak muat masih ada label merk blm digunting itu bisa dibalikin. Pelajari syarat dan ketentuan.

      1
      36
      • 29 Oktober 2022 - (22:47 WIB)
        Permalink

        Kalau seperti itu tolong jelaskan maksud dari pilihan pengembalian “BARANG TIDAK BERFUNGSI DENGAN BAIK” kalau tidak dibuka dan dicoba bagaimana tau kalau tidak berfungsi ?

        17
      • 31 Oktober 2022 - (08:39 WIB)
        Permalink

        Barang yang diterima oleh TS termasuk dalam kategori BNIB (Brand New In Box).
        Kategori ini paling umum untuk jenis barang Elektronik (Baru).

        Sudah pasti barang dikirim dalam box yang disegel asli dari pabrik (belum pernah dibuka bahkan oleh si penjual).
        Customer yang beli yaa… harus coba setelah terima barang.
        Supaya bisa dicoba yaa… harus dibuka segelnya oleh si pembeli.
        kalau ada kerusakan yaa… complain garansi.

        Pihak pabrik (produsen) sudah memproteksi perangkatnya untuk mengetahui apakah
        produknya sudah pernah dibongkar (mesinnya) oleh pembeli.
        Proteksinya dengan (biasanya) menempel sticker di baut atau posisi untuk membuka mesin.

        Jadi, validasi berlakunya jaminan garansi bukan ditentukan dari dibukanya segel kemasan (Box) tapi dari sticker pada baut (atau posisi lainnya).

        Untuk TS, perjuangkan terus garansi produknya karena memang hak konsumen.
        Salam 🙂

    • 29 Oktober 2022 - (18:06 WIB)
      Permalink

      Parah banget xiaomi, fix ga mau beli xiaomi, ketauan official store nya ga mau tanggung jawab, sy aga curiga sama kurir atw ekspedisi yg antar kerumah anda, kemungkinan selama dijalan, yg anda bilang jalan menuju rumah anda rusak parah. Seharusnya dihandle dengan lebih hati2.
      Pengalaman sy beli merk lain dan diantar dg cargo jne alhamdulillah sampai dengan aman, keluar pulau jawa. Jalan darat sekitar 300km dan tentu terdapat jalanan yg rusak juga.
      Tadinya sy ingin beli xiaomi untuk diruang keluarya, sy urungkan setelah baca tulisan anda. Berarti xiaomi tidak punya garansi. Horor sie.

      15
      2
    • 29 Oktober 2022 - (22:21 WIB)
      Permalink

      Ya bang saya udah bilang berkali – kali via chat tapi balasannya terkesan template diulang ulang terus

      4
      1
      • 30 Oktober 2022 - (03:16 WIB)
        Permalink

        PINTER !!! Klo ga dibuka dan dicoba dulu, emang gimana bisa tau barangnya berfungsi atau cacat produksi..emang dr pas masih disegel apa bisa ditrawang rusak apa kagaknya..ini elektronik bukan pakain..kudu buka box dl bru bs dicoba..kocak dah..ponsel temenku yg rusak baru 1 hari krn cacat pabrik bisa ditukar dengan yg baru..

  • 29 Oktober 2022 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Memang seperti itu kualitas layanan SOPE serba gimmick malah skarang pembeli suruh bayar 1k, hadeh..

    13
    1
  • 29 Oktober 2022 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Bapak TS kenapa gak berpikir 2x beli barang elektronik yg harganya mahal pake online, tentunya beresiko besar, Lbh aman beli ditoko terdekat dan terjamin garansinya

    2
    5
    • 29 Oktober 2022 - (22:23 WIB)
      Permalink

      Saya dan istri mikirnya karena ada cicilan 0% jadi uangnya bisa diputar lagi untuk tambahan modal usaha kami bang, gak taunya malah kyk gini rugi waktu rugi materi juga bang, gak terhitung sudah berapa ratus pulsa habis untuk telpon komplain

      2
      2
    • 29 Oktober 2022 - (17:42 WIB)
      Permalink

      Betul. Kalimat paling tepat utk olshop ini = Arogan.

      Kerja admin nya ga ada yg becus, tapi keputusan nya ga boleh di pertanyakan, pokok nya terima aja putusan nya.

      9
      1
  • 29 Oktober 2022 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Memang gitu Shopee. Lebih baik belanja di marketplace lainnya (tapi jangan Bukapalak, sama aja buruknya). Paling mantab sih cari yg online tapi ada toko offline, datangi, tapi transaksi via marketplace.

    5
    3
    • 29 Oktober 2022 - (22:25 WIB)
      Permalink

      Iya bang cukup kami saja korbannya udah gak.lagi lagi deh kapok sudah

  • 29 Oktober 2022 - (18:03 WIB)
    Permalink

    maaf pak boleh tau bagaimana ceritanya barang sudah bapak kirim kembali padahal status pengembalian barang ditolak? setau saya resi hanya akan diberikan setelah pembeli memenangkan klaim atau penjual menerima klaim tsb.
    respek utk bapak yg telah mengantar barang jauh2 dan dipacking kayu, bertanggung jawab, berbeda dengan cara pengembalian yg hanya pakai kresek hitam, sangat tdk etis utk barang elektronik.

    • 29 Oktober 2022 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Sy mau tau juga ini, ko dengan bukti2 yg ada bisa bisanya xiaomi nolak, dan pihak shoppee bisa bisanya menangin penjual. Aneh bin ajaib. Hati2 deh kalau mau beli xiaomi.

      4
      1
    • 29 Oktober 2022 - (22:27 WIB)
      Permalink

      Kalau kasus yang saya alami ini, klik pengembalian nanti diberi resi suruh kirim balik ke gudangnya, anehnya gak ada ruang diskusi atau komunikasi hanya muncul resi saja, syarat2 pengembalian juga gak ada ditulis, makanya saya asal kirim balik aja gak taunya ribetnya minta ampun terkesan angkat tangan, tau2 pesanan diselesaikan sepihak, saya rasa barangnya gak dicek kali ya, kalau dicek pasti tau tidak berfungsi dengan baiknya dimana

      • 31 Oktober 2022 - (09:20 WIB)
        Permalink

        kalau langsung dapat resi setelah ajukan klaim artinya penjual setuju utk pengembalian barang dan dana, karena resi tidak akan keluar jika penjual belum setuju, malah akan ada kolom diskusi untuk argumen apabila penjual menolak klaim.

        barang dikembalikan sesuai resi, seharusnya selanjutnya dana dikembalikan ke shopeepay pembeli setelah penjual menerima barang pengembalian.
        disini penjual menolak barang yg dikirim tsb dan shopee menerima klaim penjual. Barang dikirim kembali dengan pengemasan yg tidak baik, hanya kresek, padahal pembeli mengirim dengan packing kayu, dimana2 elektronik apalagi TV mana mungkin dikirim cuma pakai kresek😔

        apakah bapak sudah cek jika ada kolom diskusi? saat penjual menolak barang pengembalian, tentu ada argumen yg disampaikan ke shopee sehingga shopee menerima klaim penjual dan memenangkan penjual, akhirnya pesanan diselesaikan dengan dana diserahkan ke penjual.

        Maaf pak hanya ingin memastikan karena sebagai sama2 pengguna shopee saya jadi takut jika sop shopee sudah tidak sesuai. Kita beli barang di shopee tentu ada jaminan dari shopee sebagai pihak ketiga yg menahan dana sebelum diberikan ke penjual.
        Kasus bapak harus terus diperjuangkan, apakah dari shopee yg salah atau memang official store yg curang.

    • 6 November 2022 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Wah.. saya juga kapok… Beli hp Samsung di kirim paket berisi batu, entah yang salah kurir JNE atau toko official Samsung nya. di klaim ke shopee sudah 2 Minggu hanya di suruh tunggu.

      Seperti nya cs shopee hanya agen shopee ,yg hanya menjawab formalitas aja.

  • 29 Oktober 2022 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Bawa saja ke Unicom care belakang grandcell dijalan Jawa kampus, wong Jember pasti paham wes lokasi nya dr PD dah beli tp gak diklaim kan jika masih blm 14hari sama SC nya di ganti baru biasanya tp nunggu pengiriman dr pusat nya biasa nya hehehe …
    Salam iwj

    • 29 Oktober 2022 - (22:29 WIB)
      Permalink

      Saya gak tau bang, baru setahun dijember ikut istri, mana pelosok lebih dekat ke lumajang daripada ke kota

    • 31 Oktober 2022 - (18:52 WIB)
      Permalink

      Official store siapapun bisa jadi official asal bekerjasama dengan pihak terkait, jadi lebih bagus beli offline daripada online, kalau gak berfungsi garansi toko nya jelas dan bisa di komplain, itulah karena jebakan yg namanya paylater maka bnyk orang tergiur menggunakan nya, gajian tiap bulan habis buat bayar yg namanya paylater, kebebasan orang sudah ditangan paylater, duit nya habis buat bayar hutang paylater, setelah paylater kena spinjam, hidup anda akan dikelilingi tiba, dimana tidak berkah dan ingatlah ini ujian agar anda terhindar dari riba yg akan menyengsarakan manusia, sudah dikatakan didalam Islam, jauhin riba dimana itu akan mempersulit hidup dan jauh dari keberkahan

      3
      1
  • 29 Oktober 2022 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Aduh, salahnya kenapa harus di shopi, shopi itu bnyk masalah, ga beres. Dia lepas tangan begitu aja.

    6
    1
    • 29 Oktober 2022 - (22:30 WIB)
      Permalink

      Iya bang nyesel seumur hidup mudah2an kasus saya ini bisa buat pelajaran teman2 semua

      3
      3
  • 29 Oktober 2022 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Ngeri juga beĺanja di shopee, padahal kan udah jelas di tulis di uu pasal 4, bahwa hak konsumen untuk di dengar keluhan nya, atas barang dan jasa
    Ts sudah jelas dengan bukti yg kongkrit, jadi tidak ada alasan untuk shopee menolak keluhan konsumen,,
    Semoga masalahnya cepat selesai

    • 29 Oktober 2022 - (22:32 WIB)
      Permalink

      Amiin, saya juga heran masa alasan ditolak karena barang dikirim masih segel itupun dapet alasan karena terus aaya kejar tanya terus tiap hari, anehnya dipilihan pengembalian barang diberi opsi “barang tidak berfungsi dengan baik” seharusnya tim validasi juga faham barang segel juga ada kemungkinan cacat produksi, bukti foto dan video juga sangat jelas tapi pesanan diselesaikan sepihak dana dilepas ke seller dan tidak dapat diganggu gugat keputusan tersebut

      2
      1
    • 30 Oktober 2022 - (06:22 WIB)
      Permalink

      Maaf.. Itu kerusakan nya apa ya?
      Karena dr video yg terlampir kurang jelas..
      Seperti nya itu masalah antena yg menyebabkan beberapa channel kurang jelas.. Kalau memang itu masalah nya, bukan salah tv nya..
      Mohon dikoreksi kalau salah..

      • 30 Oktober 2022 - (07:24 WIB)
        Permalink

        Tidak bang antena gak ada masalah, sempet gak percaya seperti abang saya belain pinjam tv tetangga sama mertua ternyata gak ada masalah, kini saya beli tv baru lagi dan masih pake antena dan kabel yang sama juga gak ada kendala, kalau kata temen saya yang faham sepertinya kalau gak lcd ya tunner saya juga kurang faham

        4
        1
  • 29 Oktober 2022 - (22:23 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya beli tv LED di LAZADA Alhamdulillah AMAN! Kenapa saya beli di LAZADA??? Karena GRATIS ongkos kirimnya… Kalau di Shopee ada Ongkir nya Lumayan di atas 50k, meskipun sama-sama Official Store (alias Penjualnya sama, baik di LAZADA maupun di Shopee). Saya tiga kali beli TV LED di LAZADA, 1 merk COOCAA 40″ LED biasa, yg 2 TCL Android tv 50″. Yg COOCAA dikirim pake NINJA, itupun nyampe rumah hanya di antar pake motor, tapi Alhamdulillah aman, meskipun sempat was-was dan saya suruh tunggu kurirnya untuk proses video unboxing (kelihatannya kurirnya pun ikut deg-degan), belinya di bulan Agustus 2019 Ampe sekarang Alhamdulillah TVnya masih aman. Terus yg TCL di antar dg mobil box dg kurir SAP (saya baru tahu ada jasa kirim ini), beli di bulan September dan Oktober, Alhamdulillah sampai saat ini TVnya OK. Sebagai catatan Ketiga TV saya hanya dibungkus plastik (bukan bubble wrap). NB:Share pengalaman, Semoga bermanfaat!

    2
    3
    • 29 Oktober 2022 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Iya mas, buat pelajaran saya dan teman semoga tidak ada kasus2 lain yang ribet banget seperti kasus saya ini yang terkesan konsumen dipaksa untuk beli produk tidak berfungsi dengan baik, saya sudah sebulanan ini terus protes ngirim bukti2 kerusakan tapi sama aja kayak gak dianggap, capek rasanya tenaga dan fikiran bagi saya bayar segitu tapi gak memiliki barangnya itu sangat berat, entah ini nanti gimana selanjutnya semoga mendapatkan jalan terbaik.

      3
      1
  • 29 Oktober 2022 - (23:35 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah kmarin pesan yg 32 sampai dengan selamat

    Dan setelah saya membaca postingan ini, saya melihat bahwa kerusakan ada pada tv nya bukan kesalahan dari pengiriman. Yg saya tau, jika sampai dalam keadaan retak atau pecah, maka asuransi nya bisa claim dgn cara retur, tp kalo fungsi yg bermasalah. Sudah sepantasnya memang harus dibawa ke Service Centre, toh juga kalopun terbukti emang cacat pabrik, akan diganti dengan unit baru jika masih dibawab 7 hari yg saya tau

  • 30 Oktober 2022 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Dari tangkapan video, saya cuma lihat masalah distorsi gambar. Itupun bisa saja disebabkan sinyal analog TV yang kurang kuat. Sayangnya tidak ada contoh penayangan gambar dari DVD misalnya.

    Kalau TS yakin TV-nya tidak berfungsi semestinya, coba solusi lain dengan klaim langsung ke service center Xiaomi terdekat. Jangan sampai TV jadi mubazir sementara cicilan tagihan jalan terus.

    Percuma tuntutan diarahkan ke pihak Sopi karena posisi mereka cuma calo. Dari kronologi, nampaknya TV yang di retur cuma sampai di Sopi dan tidak diteruskan ke pihak Xiaomi. Tidak ada bukti Sopi berkomunikasi dengan Xiaomi sampai TV dikembalikan lagi ke buyer dengan tampilan “telanjang” begitu rupa.

    Semoga TV bisa ditukar (atau minimal diperbaiki) langsung di service center Xiaomi terdekat. Saya apresiasi TS mengepak dengan baik TV-nya sebelum dikembalikan.

    • 30 Oktober 2022 - (13:19 WIB)
      Permalink

      Saya bisa pastikan kalau antena kabel san sinyal baik2 saja, sempat tidak percaya masa tv baru dibuka udah begini gambarnya saya coba tes antena menggunakan tv mertua dan gak ada masalah, masih tidak yakin saya coba pinjam tv tetangga ternyata tidak ada masalah juga, dan sekarang saya sudah beli tv baru tapi beda merk aman tanpa kendala apa2 hingga hari ini, karena kondisi seperti itu makanya saya bela belain jauh2 nganter ke jnt paket segede gitu, beberapa hari lalu saya tanya ke tukang servis dan dilihat kemungkinan besar kalau tidak lcd nya ya tunnernya yang rusak. tapi saya sudah terlalu kecewa dengan pengiriman kembali dari shopee seperti penghinaan kepada kami.

  • 30 Oktober 2022 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Sopi emang busuk, somai juga sama aja ga bertanggung jawab. Saran saya abaikan tagihan yg masuk selama itu TV belum diganti baru bang. Biarin aja pura² budeg. Kalo ditagih via telpon ya diangkat diemin, kalo suruh bayar cuekin aja biar tau rasa

  • 31 Oktober 2022 - (02:19 WIB)
    Permalink

    Mungkin ada unsur kesengajaan untuk mengirimkan brng yg rusk.(cari kesempatan yg blnja online orang awam).
    Untung ini pembelinya jos.mantap.
    Kejar tanggung jawabnya.selamat berjuang semoga berhasil.
    Karena komplain saya ditoko online jg sllu berhasil .

  • 3 November 2022 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Saya pengalaman beberapa barang elektronik besar beli online. TV 43 Inch di JD.id, Kulkas dan Mesin Cuci di Tokopedia, AC di Blibli, dsb alhamdulillah ga pernah ada masalah begini. Kalau shopee paling elektronik kecil-kecil aja, ga berani saya transaksi barang diatas 1 Juta di shopee, masalah terus. Padahal saya ada 2 akun Shopee Platinum, tapi ya itu, penyelesaian masalahnya nggak pernah beres.
    FYI, setau saya hanya Shopee yang lebih pro ke seller saat problem solving, beda dengan tokped dia pro ke buyer. Coba deh baca-baca sudah banyak sekali yg mengatakan demikian., full of gimmick. Memang brand kalau sudah besar seringkali arogan.
    Teruslah perjuangkan hakmu dan jangan pernah bayar tagihan. Semoga cepat selesai, selamat berjuang !

  • 6 November 2022 - (00:22 WIB)
    Permalink

    Kalo baca2 di sini sudah kapok belanja di shopee untuk barang di atas 1 jt. Kalau di atas harga itu sebaiknya cari offline atau online shop sebelah

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

Garansi 7 Hari Pengembalian Barang dari Official Store Shopee Tidak Be…

oleh Haristse dibaca dalam: 2 menit
51