Pembeli Memberikan Rating Buruk kepada Penjual, Padahal Masalahnya di Kurir

Awalnya pembeli ini membeli benang di toko kami di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20230405/MPL/3158044136. Namun oleh pihak SiCepat barang tersebut hilang dan tidak sampai ke pembeli. Pembeli melakukan dispute untuk investigasi pengiriman.

Setelah 2 hari kerja, tidak ada kelanjutan informasi dari pihak jasa kirim, sehingga saya sebagai pihak penjual membantu follow up dengan menelepon dan chat ke SiCepat untuk membuatkan laporan. Saya menunggu dan menunggu, tapi Tokopedia Care menyatakan barang sudah diterima pembeli di pusat resolusi dan meminta pembeli untuk mengeklik penerimaan barang.

Lewat dari waktu respons yang diberikan Tokopedia, pembeli tidak juga merespons, hingga solusi secara otomatis diterima dan dana pun dicairkan kepada seller. Lalu saya kaget karena pihak pembeli tiba-tiba me-rating kami dengan bintang 1 dengan alasan barang tidak lengkap.

Saya pun menghubungi pembeli untuk menanyakan perihal hal tersebut. Bilamana kurang lengkap, harusnya bisa dijelaskan dengan baik, karena pembeli sudah menyatakan terima barang di pusat resolusi dan bila tidak sesuai bisa ajukan bukti.

Namun apa yang saya dapati adalah pembeli komplain di chat, bahwa dia tidak menerima barang tersebut dan memarahi kami bahwa kami seller tidak kompeten di dalam memilih jasa kirim. Saya membalas bahwa pilihan jasa kirim yang kami sediakan tidak hanya SiCepat. Pembeli menggunakan “Bebas Ongkir“, yang secara otomatis sudah diatur oleh pihak Tokopedia.

Singkat cerita, pembeli tidak mau tahu dan melimpahkan segala kekesalan amarah kepada seller. Sebagai seller, saya menindaklanjuti hal tersebut dan meminta keadilan dari pihak Tokopedia, bahwa kami sebagai seller telah diperlakukan semena-mena.

Sering kali kesalahan jasa kirim mulai dari keterlambatan atau barang hilang di pihak jasa kirim, selalu dilimpahkan ke seller dengan hadiah bintang 1, setelah kami berusaha mati-matian untuk kirim cepat dan follow up ke SiCepat. Tidak terhitung berapa banyak pulsa yang dihabiskan untuk membantu para pembeli.

Tokopedia memberikan respons, ulasan tersebut tidak melanggar peraturan Tokopedia dan tidak dapat menghapus, kecuali meminta langsung kepada pembeli. Kami para seller betul-betul tidak habis pikir bahwa hal ini bisa terjadi. Kami terus diminta mengemis kepada pembeli yang ngeyel dan gak punya hati.

Wahai Tokopedia, bukankah dispute yang dilakukan pembeli sudah diterima solusinya? Kalau pembeli lalai untuk menjawab respons tapi barang tidak juga diterima, mengapa kami para seller harus menerima perlakuan tidak adil dari pembeli dan itu dikatakan tidak melanggar peraturan?

Selama beberapa hari saya tunggu solusi dari Anda, tapi pihak pembeli tidak juga mau merespons karena ketidakbecusan Anda meladeni keluhan penjual. Kami hanya diminta menunggu oleh Tokopedia, tanpa ada solusi yang jelas. Bagi Anda, rating pembeli adalah harga mati. Memang saya akui sebagai seller tidak dipungkiri, selalu saja bisa bertemu dengan pembeli ngeyel seperti ini.

Alangkah sebaiknya Anda pisahkan saja rating pihak jasa pengiriman dan rating seller? Karena saya sudah mengalami kejadian ini puluhan kali dan sudah bosan menjadi kambing hitam pelampiasan para pembeli atas keterlambatan pihak jasa kirim.

Saya mohon kepada pihak Tokopedia untuk memberikan solusi seadil-adilnya. Terima kasih.

Shierly Maria
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pembeli Memberikan Rating Buruk kepada Penjual, Padahal Masalahnya di …

oleh Shierly dibaca dalam: 2 menit
41