Isi Paket Berupa HP Hilang, Klaim Asuransi di Tokopedia Tidak Kunjung Selesai

Saya ingin menyampaikan keluhan saya terhadap layanan e-commerce Tokopedia, terkait klaim asuransi yang terkesan mengulur-ulur waktu tidak sesuai dengan estimasi. Ekspedisi Anteraja juga terlalu lama dalam memberikan surat BAP terkait kehilangan paket ini.

  • Nomor invoice: INV/20230717/MPL/3349575542
  • Nomor resi pengiriman: 10007517744171

Kronologi peristiwa :

Pada tanggal 17 Juli 2023, ada orderan masuk di Tokopedia Onestop Ponsel, yaitu Handphone Realme C53 6/128GB Black, dengan menggunakan pengiriman Anteraja service reguler tujuan Pasuruan Jawa Timur.

Tanggal 17 Juli 2023, selaku penjual kami langsung menjadwalkan pick up order untuk transaksi tersebut dengan nomor resi Anteraja: 10007517744171. Tanggal 20 Juli 2023, kami mendapatkan laporan dari customer kalau paket yang datang hanya kardus kosong, dan customer menolak menerima paket tersebut.

Tanggal 20 Juli 2023, kami menyarankan customer untuk membuka komplain di Tokopedia atas kendala tersebut. Tanggal 24 Juli 2023, paket diretur kembali ke kami, tapi hanya kardus kosong bukan packing dari kami.

Tanggal 8 Agustus kami diminta untuk melengkapi dokumen terkait klaim asuransi.

Tanggal 9 Agustus 2023, dokumen yang diminta oleh Tokopedia untuk proses klaim asuransi dan Tokopedia memberikan estimasi klaim akan selesai tanggal 10 Agustus 2023.

Kami terus menanyakan ke admin pusat resolusi terkait klaim asuransi yang belum kunjung selesai. Menurut keterangan dari admin Tokopedia prosesnya masih menunggu BAP dari Tim Anteraja. Namun setelah kami menunggu dengan sabar, tidak ada kejelasan atau estimasi terkait klaim asuransi tersebut.

Sampai tanggal 3 Oktober 2023, kasus ini tidak menunjukkan progres apa pun, karena Tokopedia tidak memberikan estimasi kepada pihak ekspedisi Anteraja. Tindakan ini terkesan tidak profesional dari pihak Anteraja dan juga pihak Tokopedia.

Sampai saat ini kami sudah menghubungi Tokopedia dan Anteraja melalui media sosial dan melalui jalur internal Tokopedia dan Anteraja. Namun jawabannya sama saja hanya template dan tidak dapat memberikan estimasi dana klaim asuransi.

Bayu Adjie Rossena
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Isi Paket Berupa HP Hilang, Klaim Asuransi di Tokopedia Tidak Kunjung Selesai

  • 5 Oktober 2023 - (15:47 WIB)
    Permalink

    NAH KAN INI JUGA ADA CASE LAGI ANTERAJA & TOKOPEDIA, YG KERJA ISINYA ROBOT SEMUA YA?

    • 6 Oktober 2023 - (02:40 WIB)
      Permalink

      tokpet sama anteraja lagi lagi mereka. banyak bnget kasus kayak gini.. dan akupun ngalamin sendiri. bener2 menguji kesabaran urusan sama mereka

  • 5 Oktober 2023 - (16:56 WIB)
    Permalink

    kog banyak yg hilang hp dari anter aja ya, saya dah baca artikel sdh ada 3 kasus yg hilang.

  • 5 Oktober 2023 - (20:36 WIB)
    Permalink

    Ipad saya jg ilang, kasus sampai skr belum kelar.
    saya rencana kasih waktu bbrp hari lagi sebelum lapor kemari

  • 6 Oktober 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Tokped lagi x anteraja ,
    Itu pihak pembeli nya sudah ada video unboxing nya blm? Ntr yg nakal bisa kurir atau buyer nya Krn pernah ngalamin saya sbg seller tokped jualan hp buyer nya nakal komplain brg tp buyer gak ngeh kalau packing nya saya sama yg dia terima buat video unboxing dan foto yg diberikan kurir pas nyerahin paket ke buyer sama bentuk packing dan lakban nya tp setelah beberapa jam buyer komplain pas dipusat resolusi terlihat jelas beda packing dr saya dan video dia unboxing,

    Tp jika packing dan video unboxing buyer seperti dikasur ts sama berarti kemungkinan besar ya di curi tikus nya kurir nya…. Krn setiap packing kalau saya bisa kasih saran dikasih watermark penanda dg tulisan tangan seller klu sobek tulisan tangan di lakban tsb bisa jd ada oknum yg sudah ngambil isi nya entah oknum kurir atau buyer nakal Krn seblm saya krm pasti saya buat video dan foto kirim ke buyer jika diterima paket gak seperti foto2 dan video yg saya kirim jgn mau Nerima biar saya pihak seller yg ribut dg kurir nya Krn saya kenal semua manajer kurir anteraja dikota saya biar saya komplain ke mereka kalau saya gitu sich cr nya cmn tip share jg kiriman agar aman….

    • 6 Oktober 2023 - (17:59 WIB)
      Permalink

      ini paketnya di tolak sama penerima kak karena paket yang sampai hanya kardus kosong jadi ini sudah pasti permainan dari “oknum” ekspedisi kak

  • 8 Oktober 2023 - (08:59 WIB)
    Permalink

    hari ini saya berniat untuk menulis di MEDIA KONSUMEN,
    saya pembeli di tokopedia, beli HP HILANG di expedisi antaraja, SUDAH 1 BULAN LEBIH tidak ada kejelasan dari Pihak tokopedia dan kurir expedisi antaraja, pusat resolusi tidak ada perkembangan BAP, tidak adanya batas waktu penyerahan BAP dari kurir , kita sebagai pembeli yg dirugikan , entah sampai kapan DANA saya bisa di claim .

  • 9 Oktober 2023 - (05:56 WIB)
    Permalink

    Saya tidak pernah pakai aplikasi hijau itu, sudah banyak maslaah kenapa orang2 pada suka pake itu ya??

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Isi Paket Berupa HP Hilang, Klaim Asuransi di Tokopedia Tidak Kunjung …

oleh Bayu dibaca dalam: 1 menit
10