Pesanan Hilang dalam Pengiriman, Dana Diteruskan ke Penjual

Tanggal 15 November 2023, saya melakukan pembelian dari toko ByVedlyn di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20231116/MPL/3567939263. Tanggal 16 November 2023, barang dikirim dengan ekspedisi J&T. Namun sejak tanggal 21 November 2023, barang tidak bergerak dari kantor ekspedisi di Jakarta.

Saya mengajukan komplain pada tanggal 1 Desember 2023. Lalu diarahkan oleh Tokopedia agar pembeli mengisi dokumen hilang barang. Keesokan harinya saya membuat dokumen hilang barang untuk pengajuan klaim asuransi.

Namun tiba-tiba pihak Tokopedia langsung membuat keputusan bahwa uang transaksi (yang artinya uang pembeli) langsung masuk ke akun penjual. Padahal barang belum saya terima dan saya sebagai pembeli diminta menunggu proses pemeriksaan dokumen oleh asuransi, tanpa ada kejelasan apakah uang saya kembali. Padahal ini bukan kesalahan saya.

Seharusnya Tokopedia mengembalikan uang saya, bukannya malah menyerahkan kepada penjual. Pihak penjual lah yang seharusnya bertanggung jawab menunggu hasil klaim asuransi.

Yuniastin
Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

18 komentar untuk “Pesanan Hilang dalam Pengiriman, Dana Diteruskan ke Penjual

  • 18 Desember 2023 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Barang udah diserahkan ke logistik oleh pihak penjual, lalu hilang saat dalam pengiriman ke alamat pembeli, penjual yang diminta nunggu begitu?
    Disini resiko ditanggung pembeli, benar lah itu.
    Kan hilang saat proses perjalanan ke rumah anda. Bukan saat proses jemput dari pihak penjual.
    Yakali barang udah posisi di sortiran masih penjual yang nanggung resikonya. Anda ogah nanggung resiko gitu? Belanja offline aja deh.

    1
    7
    • 18 Desember 2023 - (19:34 WIB)
      Permalink

      bukan ogah nanggung resiko, dia juga ngeluarin duit boss.. ccuman gak sabaran aja.. ditunggu aja itu claimnya pasti dicairin kok

      • 19 Desember 2023 - (08:16 WIB)
        Permalink

        Kalo soal duit, penjual juga kena biaya layanan dan admin, sama juga keluarin duit. Jadi benar kalau yang harus nunggu itu pembeli, toh pembeli udah dapat benefit berupa gratis ongkir / cashback / diskon setiap transaksi belanja mereka dari hasil pemotongan biaya layanan dan admin penjual.

        • 19 Desember 2023 - (15:00 WIB)
          Permalink

          Apa? Pembeli suruh nunggu?
          Tahun 2021 gw beli di toped barang Redmi 8 sama Redmi Note 10 Pro, terus di Shopee Lakban 50rb an, Milo 180rb an setelah barang di nyatakan hilang dana pembeli langsung di kembalikan tuh, yg pusing penjual (sampe inget gw nama2 penjual yg hilang di kota pembeli)
          sebagai penjual juga sering, kehilangan sparepart (PCB) baik di JNT maupun JNE tapi yg nanggung penjual juga, kalo barang hilang mayoritas yg nanggung itu pasti penjual bukan pembeli maka nya ada bbrpa toko di marketplace yg mewajibkan asuransi ya karena penjualnya yg rugi, kalo pembeli yg rugi mah udah pasti seluruh penjual gak mewajibkan asuransi toh kalo hilang kan pembeli yg rugi, tapi nyatanya?? Mayoritas yg nanggung penjual

          • 19 Desember 2023 - (16:30 WIB)
            Permalink

            Balesan gue simpel bro.
            Sekarang 2023 mau ke 2024
            Kalo mau cerita pengalaman 2 tahun lalu itu namanya sejarah.
            Kalo di sosmed namanya kenangan. Ok.

        • 19 Desember 2023 - (16:43 WIB)
          Permalink

          Yg 2021 itu cuma pembelian HP doang, kalo yg lain mah event kemaren2 nyatanya sama aja duit tetep balik ke pembeli, gw beli barang hampir 200rb tgl 25 November 2023 aja tuh duit tetep balik ke pembeli

          • 19 Desember 2023 - (18:06 WIB)
            Permalink

            Ya emang tetep balik, ini duit penulis juga bakalan balik kok. Gak ada gue nulis duit pembeli gak balik, tapi sistemnya emang pembeli yang diminta nunggu, bukan penjual. Ok. Dan ini di tokopedia ya, bukan shopee. Kalo shopee beda lagi sistemnya. Makanya gue ogah jualan barang mahal di shopee. Karena sistem mereka penjual yang diminta nunggu. Itu pun asuransi yang bayar penjual. Jadi ogah ngeluarin biaya layanan dan admin mahal dan masih disuruh nunggu.

      • 19 Desember 2023 - (12:19 WIB)
        Permalink

        Tokopedia penjual expedisi satu klompok sindikat kejahatan,kalo ada masalah saling lempar tanggung jawab,dan expedisi J&tntidak ada penanggung jawabnya penuh kenapa masuih gunakan jasa expedisi J&t,hal semacam ini sudah sering terjadi dan pembeli atau penerima barang yang selalu di rugikan

    • 18 Desember 2023 - (19:58 WIB)
      Permalink

      Berkali-kali mencoba berusaha mengerti maksud komentarnya. Ga engga masuk2 yah ke otak saya? Mungkin @Lentera filsuf kah?

    • 19 Desember 2023 - (06:18 WIB)
      Permalink

      Tp toped ini aneh setiap barang hilang dlm pengiriman selalu buyer yg menanggung tdk ada tanggung jawabnya tdk seperti shopee,yg memihak ke buyer klau barang hilang dana otomatis balik ke dompet pembeli.

  • 18 Desember 2023 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Klaim telah disetujui. diTokopedia memang seperti itu, jika klaim dana langsung dikirim ke penjual dan pembeli menunggu untuk asuransi. Pertanyaan saya kan maks saldo masuk tanggal 13 Desember, apakah pembeli sudah menerima dana klaim?

  • 18 Desember 2023 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Seharusnya Tokopedia mengembalikan uang saya, bukannya malah menyerahkan kepada penjual. Pihak penjual lah yang seharusnya bertanggung jawab menunggu hasil klaim asuransi.

    sistem asuransi tokopedia memang seperti itu, penjual menerima dana dari penyelesaian komplain dan pembeli yang menunggu penggantian claim asuransi

    1
    2
  • 19 Desember 2023 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Hilang waktu pengiriman kok malah penjual yang suruh nunggu.
    Ya lu lah yang nunggu, itu kan hilang di kurir saat pengiriman ke tempat lu. Bukan di tempat yang jual kali. Enak aja.

  • 19 Desember 2023 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Ya wajar dana penjualan diteruskan ke seller/toko, karena asuransi kan terbitnya atas nama kamu selaku pembeli (premi asuransi kamu yg bayar di invoice tsb). Kamu bisa komen dan keberatan dgn tata cara seperti itu, mgkn karena ngga pernah di posisi seller.

  • 19 Desember 2023 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Masing2 e commerce ada kebijakan sendiri. Mungkin di toped yg nunggu asuransi yg sebagai pembeli. Kalo di shopee yg nunggu asuransi ya penjual. Kalian komentator yg ribut sendiri. Kocak!!

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Pesanan Hilang dalam Pengiriman, Dana Diteruskan ke Penjual

oleh Skynet - dibaca dalam: 1 menit
18