Shopee Hanya Bisa Menyalahkan Penjual dan Menaikkan Biaya

Saya penjual di Shopee dengan user  ID: padmaflora. Kronologinya, pada tanggal 21 Januari 2024 ada transaksi pembelian, dengan nomor pesanan: 240121EXJ0MUV3. Saat itu saya konfirmasi ke pembeli dan pembeli minta dibatalkan saja pesanan.

Namun karena tidak kunjung dibatalkan, tanggal 22 Januari 2024, saya kirimkan pesanan tersebut melalui kurir yang telah dipilihkan oleh Shopee (yaitu SicCpat Halu), dengan nomor resi: 004273430752.

Tanggal 30 Januari 2024, pembeli mengajukan pengembalian dana dengan alasan produk rusak dan pengiriman terlambat. Padahal yang memilih kurir secara logis adalah pembeli sendiri, bukan pihak penjual yang menentukan. Nomor pengajuan: 24013008BMGB6GR. Namun saat itu saya tidak bisa melakukan banding, karena di menu Shopee hanya ada pengembalian dana, tidak ada menu lain.

Saat itu saya chat CS Shopee, tetapi tidak membuahkan hasil, hanya disarankan menunggu. Otomatis tim Shopee me-review pengajuan pengembalian dana. Lalu pada tanggal 01 Februari 2024, secara sepihak Shopee menyetujui pengembalian dana tanpa konfirmasi penjual, dengan tanpa alasan.

Padahal tidak ada bukti video unboxing. Lantas kurirnya juga kenapa tidak disalahkan dan tidak ada tanggung jawab? Saya juga memiliki foto saat akan dikirim kondisinya tidak rusak. Saya rasa Shopee juga memihak penjual dan ekspedisi. Aneh, forum diskusi, tapi seller tidak bisa ikut diskusi. Kalau memang seperti itu, mendingan Shopee sendiri saja yang berjualan, tidak usah ada penjual dari masyarakat.

Kemudian ada case satu lagi tentang poin penalti, pada pesanan nomor: 24010410EWBHYU. Sulit sekali untuk banding. Pihak Shopee tutup mata, hanya bisa memotong hasil penjualan. Saat itu saya kesulitan menghubungi pembeli.

Pada tahun 2023, saya juga pernah mengajukan permintaan agar dibuka nomor telpon, agar saya lebih mudah menghubungi pembeli. Mengingat yang saya jual adalah tanaman hidup, jadi saat pengiriman perlu penanganan khusus. Seharusnya Shopee berfikir logis seperti itu. Namun saya nilai Shopee tutup mata juga.

Saya sebelumnya menghubungi CS Shopee via live chat. CS Shopee sendiri yang menginformasikan tidak perlu khawatir. Jika nanti batal, pesanan tersebut tidak akan langsung dikenakan penalti, karena penalti bersifat akumulasi. Namun nyatanya bagaimana satu pesanan tersebut langsung dipenalt1 1 poin.

Kasus seperti ini tidak hanya terjadi sekali pada saya, melainkan telah kesekian kalinya. Menurut saya, Shopee hanya bisa menyalahkan penjual dan menaikkan biaya, serta mengubah keputusan sepihak. Namun hal itu tidak sebanding dengan service untuk penjual. Peraturan Shopee diubah-ubah, tetapi penjual tidak mendapatkan notifikasi atau pun edukasi.

Manuli Aditama
Kediri, Jawa Timur


Update (9 Februari 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Shopee Hanya Bisa Menyalahkan Penjual dan Menaikkan Biaya

    • 4 Februari 2024 - (15:37 WIB)
      Permalink

      dipinalty otomatis kakak oleh shopee dan tdk bisa dihapus poin pinalty harus menunggu 3 bulan untuk reset poin pinalty

      2
      5
      • 4 Februari 2024 - (16:46 WIB)
        Permalink

        Daripada ribet dan byk rugi mending jualan ditempat lainlah, kan gak sekali dua pengalaman kayak gitu

        1
        7
      • 4 Februari 2024 - (22:50 WIB)
        Permalink

        Kalo emang pembeli udah minta batalin.. Ya jangan tetap dikirim pak.. Krn nanti kemungkinan besar pasti dibalikin lagi sama pembeli… Saya sebagai kurir sering sekali mendapatkan paket yg dibatalkan dengan alasan udah dibatalin lewat chat tapi penjual maksa kirim.

        Kan klo dibalikin sama pembeli jadi rugi nya dobel pak.. Rugi segalanya… Dan paket bapak juga bisa rusak loh, krn perjalanan yg panjang. Apalagi yg bapak jual itu tanaman hidup…

        4
        12
      • 5 Februari 2024 - (21:04 WIB)
        Permalink

        ya tinggal kirim paket kosongan aja lho, kalau dikomplain juga ga masalah kan tinggal acc aja, daripada kirim barang kayak gini malah ribet returnya, rugi barang juga

        2
        8
        • 6 Februari 2024 - (21:49 WIB)
          Permalink

          Ngaco anda ini, kalo gitu caranya penjual jadi nombok ongkir 2x bolak balik kalo diretur blm lagi dpt poin pinalti, kalo gk pernah jualan jangan asal ngomong

          1
          3
          • 7 Februari 2024 - (13:54 WIB)
            Permalink

            lah situ yang lontong, kan nanti ada pilihan kembalikan dana tanpa pengembalian barang tinggal acc aja, lu kali yang ga pernah jualan.. dasar lontong

          • 7 Februari 2024 - (14:56 WIB)
            Permalink

            Kebijakan shopee yg baru2 ini memang sepihak. Saya juga seller, dpt order masuk langsung proses tetapi kendala di kurir shopee yg tidak update tracking sehingga paket kembali lg ke seller, dan malah seller kena biaya premi pesanan yg gagal terkirim. Pdahal itu salah kurir shopee. Dan minusnya layanan ekspedisi shopee tidak bisa di off dan diasuransikan pengirimannya.

            1
            3
  • 5 Februari 2024 - (08:58 WIB)
    Permalink

    Kan yang salah penjual, stok kosong, jadi yang membatalkan ya mesti penjual. Itulah anehnya penjual selalu meminta pembeli yang membatalkan meski yang salah penjual.
    Kalau di tokopedia tidak masalah karena ada alasan pembatalan diminta oleh penjual.
    Kalau di shopee pilihannya dibiarkan sampai batal otomatis atau lapor ke cs kalau penjual memaksa pembeli untuk membatalkan. Kalaupun dikirim auto ditolak pembeli karena jelas kirim sembarang barang.

    Jika yang meminta batal pembeli wajar jika pembeli yang membatalkan.
    Sebagai penjual mesti fair lihat dulu kasusnya siapa yang mesti membatalkan.

    5
    12
  • 6 Februari 2024 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Yg saya baca salahnya sih sudah di penjual. Minta batal tapi masih dikirim. Harusny biarkan saja waktuny habis.

    Jualan ga usah takut kena pinalti.

    4
    10

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Shopee Hanya Bisa Menyalahkan Penjual dan Menaikkan Biaya

oleh adi manuli dibaca dalam: 2 menit
20