Isi Paket iPhone 14 Pro Max Diganti Powerbank, Tokopedia Refund Dana Pembeli Tanpa Ganti Rugi ke Penjual

Sebelumnya saya berkenalan dengan calon pembeli di forum jual beli Facebook. Karena pembeli jauh, akhirnya kami sepakat untuk transaksi jual beli melalui Tokopedia. Pada tanggal 24 Juli 2023, saya melakukan transaksi penjualan produk iPhone 14 Pro Max 128 GB warna deep purple di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20230724/MPL/3362399025 dan diterima oleh pembeli pada tanggal 27 Juli 2023. Nomor resi J&T Express: JT8379927609.

Pada hari yang sama, pembeli komplain karena isinya sudah diganti menjadi powerbank. Saya sempat kaget dengan video unboxing yang di-upload oleh pembeli. Karena saya pun memiliki video packing lengkap dan saya upload ke Youtube:

Kemudian admin Pusat Resolusi Tokopedia menyampaikan untuk menindaklanjuti masalah ini dan meminta untuk menunggu. Setelah hampir satu bulan menunggu proses analisanya, akhirnya admin meminta 2 belah pihak untuk melampirkan video CCTV saat penyerahan paket. Namun ketika saya datang ke J&T untuk meminta lampiran video CCTV, di sana saya ditolak oleh konter J&T, dikarenakan CCTV dipegang oleh teknisi yang sudah resign.

Saat meminta video CCTV tersebut, saya rekam dengan video agar pihak admin Tokopedia tidak subjektif dalam menanggapi apa yang saya sampaikan. Akhirnya pihak admin Pusat Resolusi Tokopedia menyarankan saya untuk datang langsung ke kantor pusat J&T untuk meminta CCTV saat penyerahan paket.

Waktu itu saya coba menghubungi customer care J&T melalui telepon, untuk menjelaskan permasalahan saya. Disampaikan oleh CS J&T, agar saya dapat menunggu terlebih dahulu dan nantinya mereka akan menginformasikan kendalanya ke saya melalui telepon.

Karena hampir sampai batas waktu yang ditentukan pihak J&T belum juga menyampaikan keterangan lebih lanjut ke saya, saya pun kembali menghubungi pihak J&T melalui sambungan telepon. Pihak J&T menyampaikan bahwa paket saya bisa diklaim penggantiannya melalui marketplace, dalam hal ini Tokopedia.

Namun setelah saya sampaikan hal tersebut kepada pihak Tokopedia, lagi-lagi saya dipersulit dengan disampaikan bahwa saya harus menyertakan surat pernyataan resmi dari J&T terkait klaim penggantiannya.

Jelas saya yang awam dalam permasalahan seperti ini merasa kebingungan dengan permintaan J&T. Hingga batas waktu yang ditentukan habis, pihak J&T yang saya mintai surat itu belum memberikan suratnya. Akhirnya resolusi ditutup dengan pengembalian dana pembeli, tanpa kesepakatan dan tidak mengindahkan bukti dan juga usaha koordinasi saya secara langsung kepada pihak J&T.

Yang saya sayangkan adalah kenapa Tokopedia berani melakukan refund dana tanpa adanya retur barang terlebih dahulu? Apakah memang SOP-nya seperti itu?

Atas kejadian itu saya berusaha terus follow up ke pihak J&T melalui telepon. Namun tetap jawabannya disuruh klaim ke pihak marketplace (Tokopedia), sementara pihak Tokopedia selalu menolak untuk itu. Saat ini saya meminta pertanggung jawaban pihak Tokopedia untuk mengganti seluruh kerugian saya, atau saya siap menempuh permasalahan ini ke jalur hukum yang berlaku.

Saya sudah berusaha kooperatif dan mengikuti semua arahan CS Tokopedia melalui live chat. Namun nyatanya tetap hingga hari ini saya hanya dijanjikan dan diarahkan untuk menunggu dan menunggu. Bahasa yang disampaikan hanya “Akan kami upayakan, akan kami maksimalkan”, yang menurut saya itu jawaban ambigu yang tidak berujung.

Saya juga terus mencoba koordinasi kepada pihak J&T agar hak saya diberikan. Namun itu semua tidak menjawab semua keluhan, karena Tokopedia dengan egonya menahan hak saya.

Kepada seluruh masyarakat Indonesia, mohon berhati-hati di Tokopedia, karena adminnya berat sebelah dalam memutuskan suatu permasalahan. Sekali lagi, melalui surat terbuka ini, mohon untuk Tokopedia bisa memberikan klarifikasi terbuka atas klaim saya, yang hingga saat ini tidak terselesaikan. Bahkan kalian sudah berani melakukan refund dana tanpa retur barang. Artinya kalian sudah menyepelekan hak seseorang.

Saya berharap besar untuk penyelesaian masalah ini. Karena tidak ada tempat lagi untuk membantu penyelesaian, selain saya memberikan surat terbuka ke publik, agar bisa diketahui bersama bahwa hak saya dizalimi. Perlakuan Tokopedia melakukan refund tanpa retur, saya anggap sebuah tindakan kesewenang-wenangan, tanpa mengindahkan pernyataan, bukti dan juga proses yang sebagai mana mestinya.

Untuk itu, sekali lagi saya menyampaikan saya siap atas segala konsekuensi atas apa yang saya sampaikan. Karena semua yang sudah saya paparkan, baik bukti maupun kronologinya adalah benar.

Riyan Rosadi
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

127 komentar untuk “Isi Paket iPhone 14 Pro Max Diganti Powerbank, Tokopedia Refund Dana Pembeli Tanpa Ganti Rugi ke Penjual

  • 17 Oktober 2023 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Itu tidak menggunakan asuransi ya pak,, tapi emang sudah sering kejadian ngirim paket berbau handphone apalagi iPhone banyak maling dikurir manapun,, Tokopedia sekarang responnya lambat dan cenderung tidak mau bertanggung jawab,,, laporka saja pak ke penegak hukum untuk j & t tempat mengirim paket

    Soalnya sudah banyak paket hilang saat pengiriman dan lempar tanggung jawab padahal sudah membayar biaya jasanya

    Semoga cepet selesai masalahnya dan dapat perhatian dari Tokopedia

    37
    1
    • 17 Oktober 2023 - (14:32 WIB)
      Permalink

      terimakasih atas dukungannya, saya sudah menggunakan asuransi kak, semoga kendalanya terselesaikan

      10
      2
      • 18 Oktober 2023 - (16:14 WIB)
        Permalink

        Kalau sudah asuransi kenapa asmin tokped nya tidak mengarahkan claim asuranzi, malah dibikin ribet harus nyariin surat pernyataan j&t dll?

        Ini sih asuransi tokped udah mulai bodong.

        • 19 Oktober 2023 - (07:30 WIB)
          Permalink

          kalo udah gini apa ngg sebaiknya dilaporkan ke pihak berwajib, biar para maling tau rasa. ada bukti video packing penjual dan ada bukti video unboxing pembeli nah tinggal pembuktian jika clear langsung ciduk oknum kurir

      • 19 Oktober 2023 - (15:59 WIB)
        Permalink

        SARAN SAYA SEBAR KE MEDIA INSTAGRAM ATAU TIKTOK PERIHAL ANDA TENTANG KEJADIAN ANDA DI TOKPED DAN J&T .DAN SARAN SAYA LAPORKAN KEPOLISI..MAU POLISI USUT ATAU ENGGAK .LAPORKAN AJA.DAN DI PANTAU LAPORANNYA.KLO BELUM DI USUT TANYA KE POLISI ATAU BUAT VIDIO BIAR POLISI NYA NGUSUT. PERKARA ANDA…UDH BANYAK KEJADIAN BELI BARANG ELTROKNIK ATAU APA DI HARGA DI ATAS 1JUTA PASTI ILANG…BANYAK MALING NYA ..SAYA YAKIN SEMUA KURIR TERLIBAT.KENAPA SAYA BILANG TERLIBAT..MEREKA TAU REKANNYA NGAMBIL BARANG TPI MEREKA PURA2 DIAM..JIKA ITU PELAKU DARI KURIR YA.KLO PELAKU DARI PEMBELI BILANG AJA KE PEMBELI SAYA AKAN PROSES KE HUKUM DAN ANDA SEBAGAI PEMBELI NANTI SIAP2 DI PANGGIL KEPOLISIAN..KARENA ADA 2 KEMUNGKINAN DARI KURIR ILANG DAN DARI PEMBELI JUGA..JADI SARAN SAYA YG DI ATAS LAPORKAN KEPOLISIAN…JANGAN DAMAI DLU.KLO ANDA DAMAI..BUKAN 1 ATAU 2 AJA YG KENA BARANG ILANG BAHKAN BANYAK DI MK YG MENGATAKAN BARANG HILANG PAS DI KURIR TAPI DI GANTI MEREKA SENANG.YA JELAS SENENG DI GANTI TPI MEREKA YG MELAPOR KE MEDIA TIDAK MEMIKIRKAN MASYARAKAT YG LAIN AKAN ADA KORBAN LAGI..BUKAN ANDA AJA YG PERKARA BEGINI BUANYAK DI MK YG SEPERTI ANDA.TPI TIDAK PERNAH MELAPORKAN KE POLISI…SAYA YAKI POLISI PASTI MEMBANTU ANDA..

    • 18 Oktober 2023 - (05:00 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai pembeli dah kapok belanja di toko online.
      Waktu itu saya beli di lazada kurirnya tukar dengan HP samsung j2 prime yg rusak pula.
      Untung uang saya bisa di kembalikan.
      Bayangkan dus HP saya kebuka segelnya di lepas.
      Dari masalah yg kk hadapi saya rasa tu ulah kurirnya.
      Biasa pencuri di jasa kirim banyak.
      Makanya saya sdh kapok belanja online untuk barang elektronik.

      12
      • 21 Oktober 2023 - (00:34 WIB)
        Permalink

        Percaya aja bang..kali ini mgkin memang sedang apes .. semua orang pasti sudah mengalaminya.. saya hanya bisa berdoa ..semoga rezeki yang hilang ..diganti dengan yang lebih baik ..

  • 17 Oktober 2023 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat selesai masalahnya pak, uang atau barang diganti pihak yg bersangkutan (xpedisi ataupun tokped), Aamiin.

    7
    1
  • 17 Oktober 2023 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Wahh yg enak si pembeli donk ya ehehe, klo misalnya dia nipu bagaimana? Kali aja paketnya si pembeli yg ganti sndri dg power bank dan HP nya di simpen di suatu tmpat. Wahh double untung 2x, udh dpt iphone dan di refund pula duitnya sama Tokped 😆😂

    10
    1
    • 17 Oktober 2023 - (15:12 WIB)
      Permalink

      betul, padahal waktu di resolusi pembeli cm memberikan bukti” yang menurut saya tidak detail. bahkan beberapa kali pembeli minta banding karena 2x Tokopedia sudah membenarkan saya. tp endingnya menyakitkan perkara saya tidak memiliki surat pernyataan dari jnt yang menyatakan klaim saya ada di marketplace. dana diteruskan ke pembeli tanpa melihat lg koordinasi saya ke jnt. sy sudah mati”an kesana kesini bahkan habis pulsa banyak demi ikut berperan.

    • 18 Oktober 2023 - (00:41 WIB)
      Permalink

      Untuk kirim2 barang elektronik saya selalu gunakan jne,biasanya pihak jne tidak membolehkan kita packing sampai finish mrk buka paket barang yg akan dikirim hp atau laptop di tes fungsi dulu,no seri,imei dll di catat jadi tidak akan terjadi saling curiga,kalau hilang ya hanya 2 kemungkinan pembeli atau kurirnya

  • 17 Oktober 2023 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Banyak di malingin sama kurir klo kirim paket seperti HP dan Elektronik, tapi jasa ekspedisinya lepas tangan bgtu saja yaa.. Hrus segera bertindak Bang, usut smpai tuntas. Bila perlu lapor pihak jasa ekspedisi nya kep pihak berwajib cari kurirnya smpe ktemu, bila sudah ketemu perkarakan dan penjara Bang agar jera. Klo tidak akan terulang lagi dan lagi.

    • 17 Oktober 2023 - (15:08 WIB)
      Permalink

      saat ini disampaikan oleh Tokopedia bahwa klaim penggantian ditolak oleh JNT dikarenakan tidak ada indikasi perubahan bentuk paket. dan saya diarahkan untuk koordinasi lansung dg jnt untuk klaimny serta menghubungi penjual untuk pengembalian barang. saya sudah menyampaikan terkait koordinasi dengan jnt. tp apa yg saya sampaikan tidak digubris oleh Tokopedia bahkan semua percakapan melalui telepon pun saya rekam dan saya berikan rekaman percakapan itu ke Tokopedia. namun lagi” usaha keterbukaan saya di tolak.

      lalu dimana peran Tokopedia selaku penyedia layanan. kalau semua koordinasi saya yg harus lakuin, dan menghubungi pembeli jg harus sy yg lakukan. lantas apa kegunaan admin Tokopedia kalau tidak ada peran serta dalam menyelesaikan suatu permasalahan seperti ini. bahkan yang menjawab chat semua hanya template.

      saya berharap Tokopedia bertanggung jawab karena kalian yang memutuskan perkara artinya kalian yang tau kuncinya bukan malah menyerahkan ke saya.

      9
      0
        • 17 Oktober 2023 - (19:27 WIB)
          Permalink

          belum ada dihubungi, justru saya diarahkan untuk koordinasi sendiri meminta klaim ke kurir. dan juga chat sm pembeli buat balikin barang yang dikirim

          • 17 Oktober 2023 - (20:59 WIB)
            Permalink

            Tunggu aja dulu sampai dihubungi Tokopedia. Biasanya dihubungi Tokopedia. Jika tidak ditanggapi, terbitkan lagi di mediakonsumen sampai Hot Threat media konsumen sudah diganti, dimana Surat kamu ini tidak Hot Threat sampul paling atas.

          • 18 Oktober 2023 - (19:48 WIB)
            Permalink

            Saya mantan leader sebuah ekspedisi di Indonesia. Saya banyak belajar.
            Pertama, sebelum menggunakan e commerce kita harus baca kebijakan dan ketentuannya dulu entah sebagai penjual dan pembeli. Disana banyak sekali hal yang bisa dikatakan janggal yang mau tidak mau harus kita terima konsekuensinya sebagai pengguna. Misal retur, refund dan asuransi. Setiap e commerce berbeda cara atasi masalah dan syarat pengajuannya. Jadi bijak sebelum menyetujui sesuatu harus dibaca dulu semuanya. Kalau malas baca cari di YouTube banyak kok yang banyak bahas ketentuan dan kebijakan pengguna e commerce. Sama halnya kita buat rekening bank. Saldo berkurang atau apa kita gak bisa komplain karena sudah tertuang di ketentuan kalau itu bukan tanggung jawab bank. Seperti itu contohnya.

    • 18 Oktober 2023 - (08:24 WIB)
      Permalink

      Memang dasar mental maling kurir nya sih 😂😂😂. Memang orang orang di negeri ini memang suka maling gak yang tukang kurir gak yang pejabat. Enak tinggal di Jepang itulah

    • 17 Oktober 2023 - (15:18 WIB)
      Permalink

      Tokopedia menyampaikan tidak bisa di klaim penggantian. karena ditolak oleh j&t. apakah emg bgtu prosedur nya bang., sekarang sy diarahkan untuk koordinasi sendiri secara langsung ke jnt. dan ke pembeli untuk meminta agar barang dikembalikan. menurutku ini aneh, jelas Tokopedia sudah lepas tanggung jawabnya

      • 17 Oktober 2023 - (17:08 WIB)
        Permalink

        Mas, saran saya mas nya ke Polrestabes laporan atau minta ke pihak Polres untuk menemani ke konter J&T buat menanyakan perihal CCTV
        Di jamin pasti di berikan video CCTV nya. Kalo gak di berikan, pasti pihak Polisi mendesak & bs indikasi menghilangkan barbuk.
        Kalo masih ngeyel, br deh bikin laporan & minta ke Polres buat di prioritas kan laporan mas nya, biar cepat proses nya nanti.
        Memang agak ribet & mungkin agak keluar uang lumayan, tp yg jelas kasus anda bs jd atensi pihak Tokopedia & J&T agar tidak seenak nya melempar tanggung jawab & problem anda di gantung tanpa kejelasan.

        NB : saya saran begini karena pengalaman pernah di beginikan jg. Bahkan kasus saya sdh sampe pengadilan hahaha.
        Mereka memilih jalur mediasi.
        Jarak 2 hari setelah dr pengadilan, konter nya tutup ( tukang parkir sekitar situ bilang nya pindah ).

      • 17 Oktober 2023 - (21:15 WIB)
        Permalink

        @Riyan
        Kang, itu kan pasti mencentang opsi asuransi kan?
        Kalau tdk salah, asuransinya si tokped terpisah, perusahaan asuransi apa gitu namanya (dulu Tokiyomarine).

        Seharusnya diganti cepat baik di sisi penjual maupun pembeli.

        Nah kalau untuk penjual itu teknisnya duluan diganti, untuk pembeli nunggu dia kirim ke si perusahaan asuransi tokped.

        Kok jadi aneh bgini tokped ya?

  • 17 Oktober 2023 - (16:26 WIB)
    Permalink

    wahh bahaya banget ya jaman skrg jual barang2 yg agak mahal
    banyak celah yg bs dimanfaatkan semua pihak
    bs dari pembeli, bs dari kurir, bs juga dari penjual sendiri

    btw waktu pembeli kasih video unboxing gmn paket nya apa udh berubah bentuk dan pakingan nya pak?? pasti kan ada ciri2 tertentu dari paket yg dikirim klo udh dibuka dan dipaking ulang

    sy support pak, kejar terus klo bs sampai clear masalah nya
    klo bs data2 pembeli jg di simpan, klo memang harus masuk ke jalur hukum biar pembeli bs di proses jg, minimal jd saksi kan nnti kena interogasi jg

    pesan moralnya, buat para penjual saat ini (khususnya barang2 mahal) gak hanya harus punya video saat paking lengkap ya (wajib klo ini sih), tp ternyata harus jg punya video saat penyerahan paket ke ekspedisi…klo bs paket kita dikasih ciri2 tertentu yg pasti bakalan rusak/berubah klo paket dibuka dan ciri2 itu harus kita shoot dengan detail saat video paking dan penyerahan ke ekspedisi biar kita punya dasar yg kuat klo ada kasus seperti ini

    semoga bisa cepet clear pak masalahnya…dan bs kena proses itu pelakunya aamiin

  • 17 Oktober 2023 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Saya juga mau ikut beropini sebagai penjual (peringkat toko 4 silver) yg sudah sering DIRUGIKAN sama Admin pusat resolusi Tokopedia yg selalu lebih berat ke pembeli walau kita punya bukti kuat, sepertinya SOP admin toped hanya seperti ini:

    1. Pembeli selalu benar
    2. Kembali ke aturan pertama

    Selalu ngeri2 sedap kalau jualan barang agak mahal di tokopedia

  • 17 Oktober 2023 - (17:23 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat terselesaikan dan dana balik ke penjual, jujur gw ngerasain hal seperti ini tapi cmn beda kendala aja, di saya selaku pembeli barang hilang aja capek bgt liat chat cs cuman berupa template mana kendala saya digantung hampir 2 bulan, sudah bbrp kali konfirmasi ke ekspedisi untuk melampirkan bap ke tokped gagal cmn disuruh menunggu, dan untung saya ketemu sama cs ekspedisi yang paham sistem marketplace nya dan langsung hari itu selesai kendala saya, kayaknya kalau kita ga inisiatif sendirii mungkin kendala nya bakal di gantung terus

      • 18 Oktober 2023 - (15:05 WIB)
        Permalink

        Sudah tinggal tunggu refund dana, kurang 5 hari kendala sudah berjalan di pusat resolusi 55hari, dan itupun saya inisiatif sendiri untuk mendesak pihak ekspedisi segera melampirkan surat kehilangan ke marketplace

  • 17 Oktober 2023 - (17:31 WIB)
    Permalink

    Alih2 penjual dan pembeli menyudutkan tokopedia. Padahal tokopedia disini hanya memberikan solusi dari permasalahan yng mana masalah hilang barang dan rusak barang oleh jasa kurir adalah pihak tokopedia menerus masalah anda ke pihak jasa ekspedisi terkait dan apabila menggunakan asuransi adalah diteruskan oleh pihak tokopedia ke pihak asuransi. Jadi, seperti kejadian ini, pihak tokopedia menunggu investigasi dari pihak ekpedisi. Jika sudah lengkap pihak analisis admin akan meminta bukti sebagai bukti tambahan dr pembeli dan penjual untuk verifikasi kembali. Sampai disini adalah bertanggung jawab pihak ekpedisi. Karena itu, mungkin pihak tokopedia sudah minta bukti dr pihak J&T untuk penyerahan paket dr pihak J&T agan mengirimkan paket. Dan tokopedia minta verifikasi kembali. Apakah sama dgn yg dipegang tokopedia. Semoga dapat dipahami. Karena sangat gampang hanya mengatakan dgn kata2 tanpa bukti.

    • 17 Oktober 2023 - (18:27 WIB)
      Permalink

      Seharusnya tugas Tokopedia yang menelusuri kurir J&T. Memang lagi ambruadul dalam penanganan seperti ini. Dimana harusnya Tokopedia sudah lama membentuk tim Anti Pencurian yang dapat melaporkan pelaku kepada pihak yang ditugaskan dalam kenegaraan.

      4
      1
      • 17 Oktober 2023 - (18:58 WIB)
        Permalink

        Perlu di ingat, jika mau di prioristaskan tergantung dr transaksi seller sudah bronze, gold, diamond dan jika pembeli apakah pembeli sudah member gold, platinum dan diamond? Saya pembeli tokopedia sudah member diamond dan penjual tokopedia sudah gold 5 cukup cepat pengembalian nya. Kalau pengalaman saya sebagai member diamond sebagai pembeli, 2×24 jam dana saya jika ada masalah sudah kembali. Jika sebagai penjual barang rusak dan hilang sebagai penjual bintang gold 4-5 7 hari proses pengembalian. Semua tergantung reputasi masing2

    • 17 Oktober 2023 - (19:24 WIB)
      Permalink

      sampai hari ini tidak ada respon apapun terkait klaim saya bang. jnt hanya bilang ” klaim bs lansung ke marketplace” marketplace bilang klaim ditolak kurir.

      bahkan saat ini saya diarahkan untuk koordinasi secara pribadi ke jnt serta koordinasi jg kepada eks pembeli untuk meminta pengembalian barang.

      itu sangat aneh, kenapa Tokopedia lepas tangan, kenapa tidak mau tanggung jawab, dan kenapa saya yang di arahkan bergerak sendiri.

      sedangkan masalah ini ada karena putusan tokped, berarti mereka berani mempertanggungjawabkan ketika ini bermasalah.
      sayangnya yang membalas diskusi hanya robot.

      • 17 Oktober 2023 - (19:29 WIB)
        Permalink

        Kalau gak pake asuransi gak bisa di ganti oleh Pihak tokopedia. Itu sudah syukur dibantu solusi menghubungi pihak J&T. Saran, kejar ke J&T aja, bilang aja pihak tokopedia suruh klaim ke J&T dengan memberikan bukti chat dr tokopedia, pengalaman saya pernah klaim barang rusak di shopee di J&T COD karena sudah transaksi dinyatakan selesai oleh pihak shopee disuruh langsung klaim ke J&T dan saya hubungi call center pusat J&T dan mereka akan memberikan alamat E-mail untuk kirim bukti2 dr agan. Semoga dapat membantu.

    • 18 Oktober 2023 - (00:27 WIB)
      Permalink

      Bang waktu video anboxing dr pembeli ada indikasi mencurigakan tdk… Q ko lebih curiga sm pembeli loh,dan barang sampe pembeli langusng konfirmasi Terima barang / bgaimna ya ko duit dah masuk kesaldo penjualan ente aja, trus ditarik lgi sm Toped dn refun kepembeli. ,Toped jelas2 lagi bermasalah main dibalikin aja tuh duit.

      • 18 Oktober 2023 - (05:56 WIB)
        Permalink

        di video unboxing emg ada yg janggal dari pandangan saya. cm ketika saya sampaikan itu seolah saya ttp salah

        • 19 Oktober 2023 - (05:31 WIB)
          Permalink

          Setahu saya tim tokopedia itu hebat2. Orang IT nya hebat. Gak mungkin asal balikin duit pembeli/penjual aja. Mereka punya Hacker secara hukum dan sah menyelidiki kasus2 penipuan. SDM tokopedia aja mantap2. Karena aku pernah sekali beli hape murah di luar harga nalar. Dalam hitungan detik mereka langsung log out semua akun saya dan tim tokopedia menghubungi saya melalui telpon. Jadi, sah2 saja jika hasil investasi tokopedia yang terindikasi penipuan baik seperti ini yang barang kali bisa kerja sama antar teman nya antar pulau pura2 beli hape berkedok antara seller dan pembeli.

    • 19 Oktober 2023 - (22:13 WIB)
      Permalink

      Harusnya Tokopedia segera memberikan solusi yang tidak merugikan seller, banyak sekali kasus admin yang hanya sepihak dalam menyelesaikan solusinya

      • 20 Oktober 2023 - (05:51 WIB)
        Permalink

        betul bang. hanya saja di Tokopedia lebih di dominasi robot dalam menjawab pertanyaan. adminnya tidak berfungsi dengan baik

    • 17 Oktober 2023 - (19:20 WIB)
      Permalink

      aku gk mau bilang bgtu bang, cuma minta tanggung jawab atas tindakan sewenang-wenang yang merefund tanpa return barang dlu. artinya ada hak yang diabaikan sm tokped

      • 17 Oktober 2023 - (19:31 WIB)
        Permalink

        Tokped kan gak pernah pegang barang penjual dan pembeli. Yang pegang itu ekpedisi. Jelas ada syarat ketentuan hukumnya sebelum mendaftar akun dan menjadi anggota tokopedia. .

  • 17 Oktober 2023 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Keknya kl mau kirim barang bernilai jutaan itu harus divideokan mulai dr packing sampai dengan serah terima barang dan rilis resinya tanpa terpotong videonya agar bukti kita kirim barangnya kuat. Kl perlu pas di ekspedisinya kita packing dan buat videonya 😅. Repot sih emank tp ya mau gmn lagi

      • 18 Oktober 2023 - (09:13 WIB)
        Permalink

        Iya, saya mau saran kan ke polisi juga.
        Kasih ultimatum ke toped dan kurir nya dulu.
        Sampai tgl tertentu, akan di laporkan ke polisi.
        Saya tidak mendukung siapa pun.
        Semua pihak bisa saja NAKAL.
        Contoh:
        Seller nakal, video packing di buat 2x aja.
        Buyer nakal, paket di buka, ganti isinya, di re packing untuk di video kan.
        Kurir nakal, di jalan/rumah mereka ganti isi nya, dan di antar ke pembeli, setelah re packing.
        Kalau sering jual beli , sebaiknya packing di saksikan ekspedisi, gunakan asuransi senilai barang.

  • 17 Oktober 2023 - (20:09 WIB)
    Permalink

    “Cctv dipegang karyawan yg resign” kalau saya dengar alasan seperti, udah langsng saya ancam bawa polisi minimal saya ajak debat dulu, perusahaan macam apa yg ngasih data penting cctv itu kepada karyawan yg resign, minimal kalau iya sebelum resign harus kembalikan semua aset perusahaan. Kemungkinan besar permainan antara pembeli atau kurir. Semoga cepat selesai bang, kalau saya udah langsng bawa polisi ga ada kata damai.

  • 17 Oktober 2023 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Klo menurut saya ya ini ada di pihak kurir yg tanggung jawab, mana ada penggantian dana di marketplace klo kurir tidak mengeluarkan pernyataan barang hilang?
    Ini dengan anggapan pembeli memang tidak menukar isi barangnya. Barang hilang saya diganti tokopedia (saya sebagai seller), karena pihak kurir (Anteraja) mengakui memang barangnya hilang. Dokumen kemudian dikirim ke pihak asuransi buat diproses.

  • 18 Oktober 2023 - (04:52 WIB)
    Permalink

    kalo hp second ipun keknya kalau ada transaksi. di lock password atau masih ada fitur find my iphone. jadi penjual baru kasih pass setelah bener dipegang pembeli. keknya pernah baca di mk juga gitu. ada yang transaksinya dibilang barang belum diterima. tapi ternyata si penjual bisa kasih bukti hasil lacak udah sampai di pembeli. via tokopedia juga kalo ga salah

    3
    1
      • 18 Oktober 2023 - (16:53 WIB)
        Permalink

        kl second bisa dilacak gan asal konek ke inet dan belum dihapus dari id-buah agan bisa josh ketemu dimana. ga pake inet jg bisa kl ada emergency signal.
        tapi kl tanya dari pihak buahnya ga bakal mau ngasih tau agan.

        Tinggal di find my iphone aja. saya pernah ipad ketinggalan di mixue ga ada yg brani maling.

      • 18 Oktober 2023 - (22:21 WIB)
        Permalink

        Maaf TS saya jg sering melakukan transaksi di Tokopedia mulai ratusan ribu sampai jutaan, Saya 100% yakin anda tidak memakai Asuransi dari Tokopedia, di Invoice pasti ada tertera sejumlah nominal Asuransi nya , itu fotonya cmn ada ongkir tidak ada biaya asuransi. Saya tidak membela siapapun, saya cmn melihat fakta nya saja, kalau memang ada asuransi selalu di invoice ada kolom tambahan dibawah nya ongkir dan selalu dijabarkan. Jd kemungkinan anda dicurigai sebagai seller nakal maupun buyer nya jg nakal, dan otomatis Tokopedia pasti pro dengan Buyer

    • 19 Oktober 2023 - (08:26 WIB)
      Permalink

      Investigasi secara baik hanya dapat dilakukan jika ada video dari penjual, ekspedisi, dan pembeli. Tetapi karena video dari pihak ekspedisi tidak ada sampai batas yang telah diberikan maka dana dikembalikan ke pihak pembeli.
      Sebaiknya kakak harus mendapatkan video tersebut (saya tidak tau bagaimana caranya). Selama video tersebut tidak didapat, sulit untuk melakukan klaim.
      Semoga diberikan kemudahan untuk kakak dalam persoalan ini.

  • 18 Oktober 2023 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Dari Foto Agan sepertinya tidak pakai asuransi, kenapa agan tidak wajibkan asuransi, tokopedia setau saya sangat ketat kalau barang non asuransi mereka cuman bisa bantu koordinasikan dengan ekspedisi, kemudian ekspedisi pun kalau semisal barang anda tidak ada asuransi = 10x max ongkir, kalah dilihat ongkirnya 9rb berarti 90rb maks, absurd / konyol ? Sudah memang ada ketentuannya setau saya, bahkan J&T agen tertentu tidak mau kalau nilai barang tinggi sekali dan di asuransikan (transaksi sendiri ya diluar tokopedia) saya kejadian retur VGA dari tokopedia, saya asuransikan tetap meskipun retur, J&T menolak paket saya. Alhasil saya pakai JNE karena mereka mau menerima dan ada persentase asuransi berdasarkan nilai barangnya.

  • 18 Oktober 2023 - (14:00 WIB)
    Permalink

    Klo boleh jujur lbh baik, kirim invoice nya aja, paket di kirim secara manual

    Soalnya bnyk kiriman HP mahal sekarang pake Invoice aja, isi ny di kirim secara manual pake asuransi + paking kayu

    Soalnya kadang seller nakal juga bnyk, kirim hp isi ny gk sesuai dan pihak Expedi juga gk mw ambil resiko,

    Klo ada seller nakal atau kadang buyer tp sebatas OKNUM

    Baik ny saran di ubah ke manual, keluar biaya sedikit lagi tp lbh aman

  • 18 Oktober 2023 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Ga mungkin lah tong tokopedia ganti rugi ke pembeli dan penjual dengan nominal belasan juta. Kalau ekspetasi kamu seperti itu ya penjual dan pembeli menipu semua.
    Dari komplain ini tidak ada bukti jelas pihak mana yang paling benar. Saya sebagai penjual juga ya tidak mau jual barang mahal ke tokopedia. Masih banyak pembeli lain.
    Sekali lagi tidak jelas mana yang benar. Asuransi tokopedia hanya untuk klaim ongkir. Sudah benar tokopedia pro ke pembeli. Kalau penjual merasa dirugikan ya jangan ada penjual lagi di tokopedia. jangan jualan di tokopedia.

    • 18 Oktober 2023 - (16:48 WIB)
      Permalink

      ya ga gitu dong, asuransi perlindungan pengiriman tokopedia sd 100jt loh.. kl ga diganti ya buat apa konsumen harus beli asuransi tiap beli barang mahal… ga murah jg loh

      kalau ga beli asuransi cuma diganti 10x dari ongkir. itu udah SOP di expedisi mana aja.
      Oh ya belum pernah liat orang jual hp merk buah yang profesional dan maksimum 40jt di toped ya gan? ada jg loh yg beli.

      • 18 Oktober 2023 - (17:55 WIB)
        Permalink

        Ya kenyataannya seperti itu. Asuransi di tokopedia hanya bisa sampai klaim ongkir pada real case-nya. Pembeli beli barang mahal asuransi cuma 5rb, cuma kelitik aja ga ada mahal2 nya bro. Memang staff tokopedia diarahkan untuk cepat menyelesaikan masalah dengan cara konyol. JADI kalau pembeli atau penjual lengah sedikit didalam proses komplain maka bersiap jadi tumbal staff tokopedia yg cuma lulusan SMA.

        Balik lagi ke konteks ini. Tidak ada bukti jelas pembeli punya salah dimana dan penjual sudah selengkap apa punya rekaman. Kalau penjual merasa dirugikan tempuh langsung laporan polisi ambil jalur hukum jangan ditanya orang lain mana video pembeli banyak alasannya.

        • 18 Oktober 2023 - (18:18 WIB)
          Permalink

          Berikut poin2 asuransi pengiriman tokopedia

          Asuransi Pengiriman yang melindungi barang bukan lagi berasal dari masing-masing Partner Logistik pilihan pembeli, melainkan tanggung jawab sepenuhnya dari Partner Asuransi. Klaim terkait pesanan yang berkendala hilang/rusak/pesanan tidak sesuai dapat diajukan maksimal 2×24 jam sejak status Pesanan Tiba/Delivered, namun Klaim tidak dapat diajukan apabila status pesanan telah berpindah ke Pesanan Selesai sebagaimana diatur pada Ketentuan Situs huruf C Pembelian Poin 23.

          Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Pembeli dapat memilih menggunakan Asuransi Pengiriman saat melakukan transaksi, dengan premi yang harus ditanggung dan dibayarkan oleh Pembeli sebesar 0,60% (nol koma enam puluh persen) dari harga barang + ongkos kirim dengan pembulatan ke atas nominal ratusan terdekat.

          kl mau lebih jelas bisa baca sendiri : https://www.tokopedia.com/help/article/bagaimana-layanan-asuransi-pengiriman-di-tokopedia

          0.6% woi preminya hampir 100rb itu kl dihitung dari harga barangnya.
          saya ga mau ke kasusnya yg saya tanggapi cuma kesalah-pahaman anda mengenai asuransi pengiriman tokopedia.
          dan dari gambar nota yg diberikan oleh penjual dapat dipastikan PEMBELI TIDAK MEMBELI ASURANSI PENGIRIMAN
          contoh nota/faktur yg membeli asuransi pengiriman dari tokopedia :
          seperti ini :

          TOTAL HARGA (1 BARANG) Rp260.000
          Total Ongkos Kirim (250 gr) Rp21.000
          Total Diskon Barang -Rp5.200
          Biaya Asuransi Pengiriman Rp1.700

          Ada biaya asuransi pengiriman 0.6% dari harga barang.
          Kalau diperhatikan dari screenshot yg dikasih TS kan ga ada itu biaya asuransi pengiriman. jadi otomatis segala kebijakan ada di kurir. kurir jelas ga mau tau isi diganti atau kaga yg penting barang sampai. kl ada asuransi pihak toped dan mitra asuransi mau ga mau ikut turun tangan. itu aja sih -.-a

    • 18 Oktober 2023 - (22:29 WIB)
      Permalink

      Setuju dengan agan saya jg kritis lihat begini2, invoicenya sudah mencurigakan kok memang tidak ada asuransi, TS masih ngeyel pakai Asuransi ? Buktinya mana?
      kalau tidak ada asuransi sudah mikir terjeleknya 3 3 nya berpotensi curang, Buyer / Selller / Ekspedisi…

      • 19 Oktober 2023 - (05:52 WIB)
        Permalink

        Iya bisa2 aja itu pembeli temannya TS (Penjual) untuk memanfaatkan tokopedia ganti rugi sebagai barang yg hilang. Bisa aja kan mereka kerjasama,. Hahaa. Aku curiganya begini.

      • 19 Oktober 2023 - (06:50 WIB)
        Permalink

        Sependapat. Pembeli cm ada 1 produk dgn harga barang mpd puluhan juta. Ngakunya ktmu pembeli di forum jual beli produk yg notabenenya indikasi penipuan banyak terjadi. Kemudian si pembeli ngaku paket sdh di tukar dgn pengakuan ada video unboxing (ntah mencurigakan atau ga videonya). Bisa jadi kedua org ini tersangka yg kalo klaimnya bisa mendapatkan “untung” seharga barang. “Nyari” duit skrg mudah loh asal tau cara dan celahnya. Ada beberapa kasus di MK yg awalnya jd korban, tp atas kejelian pembaca, malah jadi tersangka.

  • 18 Oktober 2023 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Ketiganya bisa jadi pelaku ini mah.
    Penjual saya lihat akunnya masih fresh, belum ada ulasan, produk juga ga ada, tapi bisa langsung kirim produk puluhan juta, nah gimana toped bisa percaya?
    Pembeli bisa aja menukar isi barangnya, lalu direpack sedemikian mirip.
    Kurir gausah ditanya lagi, banyak malingnya.

    Jadi ya ketiga pihak ini sama sama mencurigakan kalo dari sudut pandang saya.

  • 18 Oktober 2023 - (16:46 WIB)
    Permalink

    Astaga gila bener ini kurir2 pengiriman… ada2 aja kasusnya.
    Semoga terselesaikan gan, saya jg kena baru aja selesai 3 hari setelah saya naikkan ke MK

    • 19 Oktober 2023 - (06:54 WIB)
      Permalink

      Jgn asal nuduh dulu sebelum ada kejelasan kasusnya. Satu kejadian belum tentu sama dgn kejadian lainnya. Minta linknya dong ttg kasus anda dsni.

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 127 komentar sampai saat ini..

Isi Paket iPhone 14 Pro Max Diganti Powerbank, Tokopedia Refund Dana P…

oleh Riyan dibaca dalam: 3 menit
127