Isi Paket iPhone 14 Pro Max Diganti Powerbank, Tokopedia Refund Dana Pembeli Tanpa Ganti Rugi ke Penjual

Sebelumnya saya berkenalan dengan calon pembeli di forum jual beli Facebook. Karena pembeli jauh, akhirnya kami sepakat untuk transaksi jual beli melalui Tokopedia. Pada tanggal 24 Juli 2023, saya melakukan transaksi penjualan produk iPhone 14 Pro Max 128 GB warna deep purple di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20230724/MPL/3362399025 dan diterima oleh pembeli pada tanggal 27 Juli 2023. Nomor resi J&T Express: JT8379927609.

Pada hari yang sama, pembeli komplain karena isinya sudah diganti menjadi powerbank. Saya sempat kaget dengan video unboxing yang di-upload oleh pembeli. Karena saya pun memiliki video packing lengkap dan saya upload ke Youtube:

Kemudian admin Pusat Resolusi Tokopedia menyampaikan untuk menindaklanjuti masalah ini dan meminta untuk menunggu. Setelah hampir satu bulan menunggu proses analisanya, akhirnya admin meminta 2 belah pihak untuk melampirkan video CCTV saat penyerahan paket. Namun ketika saya datang ke J&T untuk meminta lampiran video CCTV, di sana saya ditolak oleh konter J&T, dikarenakan CCTV dipegang oleh teknisi yang sudah resign.

Saat meminta video CCTV tersebut, saya rekam dengan video agar pihak admin Tokopedia tidak subjektif dalam menanggapi apa yang saya sampaikan. Akhirnya pihak admin Pusat Resolusi Tokopedia menyarankan saya untuk datang langsung ke kantor pusat J&T untuk meminta CCTV saat penyerahan paket.

Waktu itu saya coba menghubungi customer care J&T melalui telepon, untuk menjelaskan permasalahan saya. Disampaikan oleh CS J&T, agar saya dapat menunggu terlebih dahulu dan nantinya mereka akan menginformasikan kendalanya ke saya melalui telepon.

Karena hampir sampai batas waktu yang ditentukan pihak J&T belum juga menyampaikan keterangan lebih lanjut ke saya, saya pun kembali menghubungi pihak J&T melalui sambungan telepon. Pihak J&T menyampaikan bahwa paket saya bisa diklaim penggantiannya melalui marketplace, dalam hal ini Tokopedia.

Namun setelah saya sampaikan hal tersebut kepada pihak Tokopedia, lagi-lagi saya dipersulit dengan disampaikan bahwa saya harus menyertakan surat pernyataan resmi dari J&T terkait klaim penggantiannya.

Jelas saya yang awam dalam permasalahan seperti ini merasa kebingungan dengan permintaan J&T. Hingga batas waktu yang ditentukan habis, pihak J&T yang saya mintai surat itu belum memberikan suratnya. Akhirnya resolusi ditutup dengan pengembalian dana pembeli, tanpa kesepakatan dan tidak mengindahkan bukti dan juga usaha koordinasi saya secara langsung kepada pihak J&T.

Yang saya sayangkan adalah kenapa Tokopedia berani melakukan refund dana tanpa adanya retur barang terlebih dahulu? Apakah memang SOP-nya seperti itu?

Atas kejadian itu saya berusaha terus follow up ke pihak J&T melalui telepon. Namun tetap jawabannya disuruh klaim ke pihak marketplace (Tokopedia), sementara pihak Tokopedia selalu menolak untuk itu. Saat ini saya meminta pertanggung jawaban pihak Tokopedia untuk mengganti seluruh kerugian saya, atau saya siap menempuh permasalahan ini ke jalur hukum yang berlaku.

Saya sudah berusaha kooperatif dan mengikuti semua arahan CS Tokopedia melalui live chat. Namun nyatanya tetap hingga hari ini saya hanya dijanjikan dan diarahkan untuk menunggu dan menunggu. Bahasa yang disampaikan hanya “Akan kami upayakan, akan kami maksimalkan”, yang menurut saya itu jawaban ambigu yang tidak berujung.

Saya juga terus mencoba koordinasi kepada pihak J&T agar hak saya diberikan. Namun itu semua tidak menjawab semua keluhan, karena Tokopedia dengan egonya menahan hak saya.

Kepada seluruh masyarakat Indonesia, mohon berhati-hati di Tokopedia, karena adminnya berat sebelah dalam memutuskan suatu permasalahan. Sekali lagi, melalui surat terbuka ini, mohon untuk Tokopedia bisa memberikan klarifikasi terbuka atas klaim saya, yang hingga saat ini tidak terselesaikan. Bahkan kalian sudah berani melakukan refund dana tanpa retur barang. Artinya kalian sudah menyepelekan hak seseorang.

Saya berharap besar untuk penyelesaian masalah ini. Karena tidak ada tempat lagi untuk membantu penyelesaian, selain saya memberikan surat terbuka ke publik, agar bisa diketahui bersama bahwa hak saya dizalimi. Perlakuan Tokopedia melakukan refund tanpa retur, saya anggap sebuah tindakan kesewenang-wenangan, tanpa mengindahkan pernyataan, bukti dan juga proses yang sebagai mana mestinya.

Untuk itu, sekali lagi saya menyampaikan saya siap atas segala konsekuensi atas apa yang saya sampaikan. Karena semua yang sudah saya paparkan, baik bukti maupun kronologinya adalah benar.

Riyan Rosadi
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia:
[Total:159    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

127 komentar untuk “Isi Paket iPhone 14 Pro Max Diganti Powerbank, Tokopedia Refund Dana Pembeli Tanpa Ganti Rugi ke Penjual

  • 18 Oktober 2023 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Sepertinya Tokopedia disini cari2 alasan saja buat lepas tanggung jawab.. harusnya sudah ada video sebagai bukti tambah asuransi itu sudah cukup buat klaim masalah..

    • 21 Oktober 2023 - (08:37 WIB)
      Permalink

      betul sampai sekarang mereka masih beralasan. dan tidak ada itikad untuk klarifikasi secara publik.

  • 18 Oktober 2023 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Komentator disini mayoritas pakai perasaan daripada data. Kalian masih anak sekolah kalau melihat case harus dari data tong. Kalian biarkan saja penjual lapor polisi karena bukti video tidak lengkap semua hanya “katanya-katanya”.

  • 18 Oktober 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Ini fix langsung ke polisi saja karena hanya akan buang waktu dan uang jika urus ini itu melihat jawaban toped dan j&t tidak mau tanggung jawab lempar sana sini tidak jelas.

  • 18 Oktober 2023 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Wah ribet juga ya, saya pernah bang kejadian items nya harga 1 jutaan lebih sih lumayan lah tapi saya selaku pembeli, untuk pusat resolusi tokped sangat membantu bagi seller seperti saya dan permasalahannya juga refund full seperti kasus diatas, karena seller ga mengirim unit baru gantinya.
    Dan untuk kasus ginian memang tokped lebih pro ke pembeli gan, untuk agan yg penjual saya bukan bermaksud menyalahkan, di tokped ada namanya official store atau toko yg berbayar sama tokped jadi ada privelege lebih dan sudah pasti reputasi mereka bagus maupun unit yg dikirim, bukan maksudnya saya menjelekan agan juga dalam hal ini.
    Lalu apalagi kalau buyer udh centang asuransi pengiriman, dan coba agan liat lagi video unboxing apakah ada yg beda.
    Saya hanya bilang bisa jadi di pihak kurir atau asuransi pengirimannya yg nakal, dan kalau bisa pilih kurir sicepat, JNE itu udh paling bagus kalo ngirim paket, mohon maaf kalo jnt emang biasanya pembeli yg ambil ke gudang atau kantor.
    Kan ada waktu untuk proses apalagi udh sampe bulanan dan harga items sampe belasan juga, karena ngga ada titik temu jadi mereka memilih buyer gan, sepertinya mereka ga peduli permainannya di seller atau jasa pengiriman, karena pihak pengiriman ngga begitu koperatif kan pas diminta cctv nya, agan juga bisa minta paketkan di kantornya sih sama mereka dan dibuatkan resinya langsung nanti kalau ada apa apa itu tanggung jawab mereka dan saksinya agan juga supaya meminimalisir permainan, dan juga agan seller temporary jadi mungkin itu juga sebabnya mereka tidak begitu memperdulikan, kejadian seperti ini yg buat saya selalu belanja di official store karena kalau ada apa apa enak buat klaim dan saya pribadi sangat puas kok di tokped, maaf kalau berbeda pendapat gan semoga dananya cepat kembali setelah investasi lanjut

  • 18 Oktober 2023 - (23:47 WIB)
    Permalink

    paket diterima masih bisa di akali oleh pihak pembeli, solusinya klo paket mahal harus punya lakban custom baik warna ataupun tulisan dilapisan lakban

  • 19 Oktober 2023 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Klw saya ngalamin jual barang cod dicancel tiba² sama pmbeli.dan barang tidak balik sampe 1 bulan .setalah saya dioper dari agen j&t kegudang.dari gudang suruh tanya j&t akhirnya saya somasi j&t, dan akan ditindak lanjuti dgn polsek setempat.akhirnya ganti kerugian yg uang sesuai hrg barang. Gertak dulu smoga selesai.gk selesai lanjutkan penyidikan polisi

  • 19 Oktober 2023 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Senasib gan, turut sedih lihat kinerja tokopedicare skr. Saya jual iphone BNOB yang open box aja di complain pembeli dibilang seken karena udah di pake pembeli trus dibilang barang seken jual harga baru. Pdhal harga juga lebih murah dr pasaran. Namanya BNOB ya tidak ada segel. Di menangkan oleh pembeli.

  • 19 Oktober 2023 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut saya ini murni kesalahan Tokopedia main refund dana ke pembeli, karna sepengalam saya harus ada video unboxing paket, ke 2 belah pihak videonya di adu mana yg berbohong bakal ketahuan video packaging vs unboxing…kalau gak nyediain video unboxing kenapa main refund.???

    • 21 Oktober 2023 - (08:39 WIB)
      Permalink

      itulah bang, sy pun sudah melengkapi semua yang diminta. tp ttp yang kerja itu robot

  • 19 Oktober 2023 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Sebagai seller dan buyer di berbagai marketplace saya lebih curiga sama pembeli yg ga jujur kalo di kasus ini, walopun admin tokopedia jg ga kalah menyebalkannya.
    Sedikit sharing aja sewaktu jadi buyer, pernah beli barang dengan deskripsi ori tp yg dikirim jelas2 fake. sudah berbagai macam bukti yg disampaikan ke admin tokopedianya tapi ya gitu, mudah sekali tergiring opini dari seller ga jujur tsb.
    Sebenernya intinya selamatkan diri aja sendiri dulu daripada orang lain karena anda juga dirugikan. kejar dulu terus pengembalian barang sebelum admin lakukan yg lain. karena ada 3 pihak disini selain penyedia layanan (tokopedia)

  • 19 Oktober 2023 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Tokopedia shopee semua itu makelar yang cuma menyedot penghasilan seller. Giliran ada masalah pasti puter balik badan…

    Udha empet banget Ama marketplace

    Potongannya ga kira kira dan suka suka mereka dalam menentukan segala sesuatu..

  • 20 Oktober 2023 - (05:55 WIB)
    Permalink

    per hari ini tanggal 20 Oktober 2023

    masih belum ada tindak lanjut dari maslah ini.

  • 20 Oktober 2023 - (07:58 WIB)
    Permalink

    haha j&t dari dulu ky gt suka nilep brg org. dulu di bekasi pernah paket internet ilang. di karawang paket pernah ilang gara² cuma lempar dpn pintu kost, ya ilanglah diambil org & kebanyakan kurirnya minim attitude. jne udh paling bener expedisi skrg. shopeexpress jg tergantung daerah ada yg nakal jg

  • 20 Oktober 2023 - (08:05 WIB)
    Permalink

    soalnya baru² ini gw komplain brg yg diterima rusak pake jne di cover asuransi 100% dr hrg brg 135rb

  • 20 Oktober 2023 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Fix sih, ini kurir J&T nya…
    Itu alasan CCTV di pegang sm org yg udh resign itu alasan klasik.
    Itu klo mereka emang merasa bertanggung jawab, mereka akan mencari dan meminta ke mantan karyawan. Lagian juga buat apa dia bawa bawaaaaakkk…

    Saya juga pernah beli HP second di Tokopedia dan barangnya hilang di ekspedisi. Baik saya dan penjual kebingungan, untungnya penjual ada rekaman kamera dashboard mobil yg merekam dia menuju counter J&T.

    Tapi memang sih disini kondisinya paket tidak sampai kepada konsumen alias saya.

    Alhasil saya menerima pengembalian dana dari tokped dan penjual menerima dari pihak ekspedisi.

    Pembelajaran sih, jangan dikasih keterangan isi paketnya apa dan cukup tempel sebatas barcode aja karena yg terpenting J&T bisa scan barcode pengiriman.

    Jika saya membeli atau menjual barang mahal dan elektronik dlm bentuk kecil saya memilih untuk tidak membubuhkan keterangan produk, karena bahaya.

    • 21 Oktober 2023 - (08:41 WIB)
      Permalink

      terimakasih atas saran dan pendapat nya kak, sampai saat ini saya masih berusaha mendapatkan hak saya. mohon di bantu share postingan MK ini.

    • 21 Oktober 2023 - (10:23 WIB)
      Permalink

      Saya baca kembali dan mengamati screenshoot yang Anda berikan bahwa komplain telah diselesaikan namun Anda tidak puas dengan hasil peradilannya. Strategi Saya. Minta buyer untuk mengirimkan invoice dari tokopedia yang dikirim ke email bersangkutan.

      Tapi Saya tidak mengetahui apakah selaku seller dapat membuka kembali komplain yang sudah diselesaikan. Tapi selaku buyer masih bisa membuka kembali komplain yang telah diselesaikan dengan status resolusi menerima barang pengganti dan dana diteruskan ke penjual.

      Selanjutnya buat laporan kepolisian sembari tetap meminta surat pernyataan ke J&T yang dimaksud. Setelah surat pernyataan berada ditangan Anda. Tempelkan materai 10k dan minta pemberi surat untuk menandatanganinya diatas materai.

      Semoga 2alat bukti tersebut bisa menjadi pegangan dalam peradilan.

      Kalau boleh Saya mengetahui. Apa yang sudah dan sedang Anda tempuh atas ketidakpuasan terhadap hasil pusat resolusi tokopedia?

  • 21 Oktober 2023 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Saya menyarankan untuk TS membuat laporan kekopilisian. Tapi sebelum melangkah kesana. TS selaku seller minta kepada buyer untuk mengirimkan invoice (file download berupa .pdf) yang diterbitkan dan dikirimkan pihak Tokopedia ke email buyer melalui fitur chat. Perlu diketahui bersama bahwa tampilan invoice selaku buyer dan seller berbeda. Dari situ Anda bisa mengetahui apakah buyer membeli tidaknya asuransi. Tapi Saya meyakini bahwa Anda sebagai seller mewajibkan (bukan optional) asuransi pengiriman. Jika wajib dan buyer tidak menambahkan asuransi kehilangan / kerusakan maka buyer hanya mendapat penggantian 10x ongkir. Jika buyer membeli asuransi kehilangan / kerusakan maka hak nya buyer untuk mengurusnya ke pihak asuransi. Anda selaku seller wajib membantu buyer bilamana buyer membutuhkan salah satunya video pengemasan saat buyer claim ke asuransi. Itu jalur yang Saya tempuh selaku pembeli dan penjual jadi Saya pasti kooperatif dan informatif. Memang Saya belum menjual barang berharga belasan juta tapi jika Saya mengindikasi buyer nakal, Saya selaku seller meminta buyer untuk mengirim file invoice .pdf via chat pusat resolusi dan pribadi (chat seller) dan bukti chat penyerahan file invoice, Saya screenshoot dan Saya kirim ke chat pusat Resolusi. Semoga masalahnya cepat selesai.

    • 21 Oktober 2023 - (08:41 WIB)
      Permalink

      terimakasih atas saran dan pendapat nya kak, sampai saat ini saya masih berusaha mendapatkan hak saya. mohon di bantu share postingan MK ini.

  • 22 Oktober 2023 - (19:58 WIB)
    Permalink

    sampai hari ini belum ada tindak lanjut penyelesaian dari Tokopedia/jnt. mungkin sudah siap pasang badan adminnya

  • 23 Oktober 2023 - (00:37 WIB)
    Permalink

    TOKOPEDIA HARUS MEMECAT PARA ADMIN YANG BERAT SEBELAH DAN TERBUKTI MERUGIKAN SELLER, SANKSI HARUS BERAT ! BANYAK ADMIN YANG HANYA MERUGIKAN SELLER, SEANDAINYA TIDAK ADA RESOLUSI YANG ADIL, LEBIH BAIK DITUNDA SAMPAI DIDAPATKAN KESEPAKATAN. BUKAN BERDASARKAN TIMELINE / BATAS WAKTU !!!

  • 24 Oktober 2023 - (07:50 WIB)
    Permalink

    diresolusi itu disampaikan bahwa hasil investigasi tidak bs klaim, krn tidak ada perubahan bentuk paket. walaupun segudang bukti yg sy sampaikan hingga akhirnya putusan resolusi ditutup. dan skrg knp masih disebut sedang investigasi lg? ini jelas ketimpangan informasi menurut ku

  • 26 Oktober 2023 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Dulu sekitar tahun 2020 saya ada beli busur panahan di Tokopedia seharga sekitar 2,7 juta terus barang nya bermasalah, kemudian admin tokopedia memutuskan pergantian barang, saya sudah video call dengan penjual dan di janjikan akan dikasih busur panah yang bagus dan dinampakkan juga dalam video call itu busr panah yang akan dikasih, tetapi penjual mengirim busur panah tidak sesuai dengan yang dijanjikan, kemudian saya komplain ke Tokopedia hasilnya admin tokopedia langsung mengembalikan uang saya ke saldo akun Tokopedia hari itu juga padahal busur panah masih ada sama saya. Dan menyuruh penjual berkoordinasi dengan saya untuk mengirim busur panah nya ke penjual. Admin tokopedia sudah lepas tangan dan menutup resolusi komplain. Menurut saya kenapa Tokopedia bersikap seperti itu karena Tokopedia menganggap ada indikasi penipuan dari penjual makanya langsung mengembalikan uang saya sebagai pembeli. Dalam kasus hp iPhone ini mungkin toko pedia menganggap ada indikasi penipuan yang dilakukan oleh penjual

  • 30 Oktober 2023 - (02:13 WIB)
    Permalink

    to Tokopedia : sampai hari ini Tokopedia blm menyelesaikan masalah ini, kendala saat ini sedang stuck di asuransi yang katanya masih investigasi. sudah sejak tanggal 24 Oktober 2023 saya mengisi form asuransi namun sampai hari ini belum ada kejelasan lagi. masih template jawaban yang berperan. jika memang ini merupakan cara mengulur waktu dari Tokopedia untuk tidak memberikan tanggung jawab saya rasa jelas masalah ini akan membuat dampak sangat besar untuk Tokopedia kedepannya. bagi saya tidak ada kata mundur atas hak saya. sy siap bertarung di hadapan pengadilan jika memang tidak ada niat baik untuk segera menyelesaikan.

    investigasi dan investigasi terus tanpa berani memberikan deadline waktu yang objektif adalah salah satu jawaban populer di mesin template Tokopedia. tidak ada satupun jawaban yang berani memberikan pernyataan jelas dan objektif.

  • 9 November 2023 - (12:18 WIB)
    Permalink

    sampai hari ini tanggal 09 November 2023 belum ada tindak lanjut dari pelaporan ini. ditanggal 24 Oktober Tokopedia menyampaikan sudah diserahkan ke asuransi dan pada tanggal 27 disampaikan kembali oleh Tokopedia bahwa ada kekurangan data sehingga dilakukan investigasi ulang oleh asuransi, namun hingga hari ini tidak ada tindak lanjut oleh Tokopedia ataupun asuransi untuk menyelesaikan, saya berharap kedua belah pihak bisa memberikan pernyataan disini sebelum saya laporkan masalah ini ke pihak berwajib bahwa saya adalah korban dari ketidak jelasan

  • 4 Desember 2023 - (09:03 WIB)
    Permalink

    HANYA ORG YG NGAK PAKE OTAK HANYA MENYALAHKAN KURIR.
    Kurir tidak tau isi suatu paket, sebab tidak ada keterangannya sekarang.
    Saya lebih curiga ke Penjual maupun Pembeli.

    Harusnya Marketplace membuat aturan baru utk penjualan barang2 mahal yaitu Penjual mesti packing di Agen kurir dan Pembeli inboxing dihadapan kurir pengantar, dg demikian akan meminimalisir kecurangan2an yg dilakukan baik itu Penjual maupun Pembelu.

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 127 komentar sampai saat ini..

Isi Paket iPhone 14 Pro Max Diganti Powerbank, Tokopedia Refund Dana P…

oleh Riyan dibaca dalam: 3 menit
127